PENGALAMAN MENARCHE PADA REMAJA PUTRI USIA AWAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28349Keywords:
menarche, early adolescence, experiencesAbstract
Menarche merupakan fase penting dalam kehidupan seorang remaja putri sebagai tanda kematangan fungsi reproduksi yang diiringi dengan pertumbuhan dan perkembangan remaja yang ditandai dengan pubertas dan perilaku seksual, sehingga remaja perlu mendapat dukungan dari semua pihak terkait yang dirasakan remaja pada saat mengalami Menarche terutama pada remaja putri usia awal 10-13 tahun. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi pengalaman Menarche pada remaja putri usia 10-13 tahun. Rancangan penelitian melalui pendekatan kualitatif dengan sampel penelitian berjumlah 7 orang. Hasil penelitian ini mendapatkan gambaran demografi berusia 12 tahun (71%) dan 2 orang responden berusia 13 tahun (28%), pendidikan ibu sebagian besar tamat SMA, pekerjaan orangtua sebagian besar wiraswasta, sebagian besar responden mendapatkan informasi tentang menstruasi dari ibu dan teman sebaya. Aspek Pengetahuan dan pengalaman menstruasi masih mendapatkan remaja yang belum dapat mendefinisikan istilah menstruasi, saat Menarche ada yang takut, panik bahkan ngeri.Aspek dukungan keluarga dan teman menunjukkan bahwa responden mendapatkan dukungan yang baik, serta dari aspek social budaya dan agama masih mendapatkan responden yang mempercayai mitos tentang mesntruasi.Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara umum remaja usia 10-13 tahun masih ada yang mengalami rasa takut dan panik bahkan ngeri saat melihat keluarnya darah menstruasi, namun dukungan keluarga dan teman sangat membantu mengurangi kecemasan mereka.References
Adam, F. I., Kadir, S., & Abudi, R. (2022). Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan Usia Menarche pada Remaja Putri du MTs Negeri 3 Kabupaten Gorontalo. Journal Health & Science: Gorontalo Journal Health and Science Community, 6(3), 272–283.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak Publisher.
Anggraini, T., & Edwina, T. N. (2015). Hubungan Antara Dukungan Ibu Dengan Kecemasan Menghadapi Menarche (Menstruasi Pertama) Pada Anak Masa Prapubertas. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 17(2), 91–108.
Anwar, C., & Febrianty, R. (2017). Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Peran Ibu dengan Kesiapan Remaja Putri Menghadapi Menarche pada Siswi Kelas 4-6 di SD 3 Peuniti Kota Banda Aceh. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 3(2), 154–165.
Diaris, N. M., & Pramita, I. (2019). Studi Kualitatif Pengalaman, Persepsi, dan Kesiapan Anak dalam Menghadapi Menarche Dini. Jurnal Kesehatan Terpadu, 3(1).
Fitarina, F. (2014). Pengalaman menarche bagi remaja putri di SMP Kalibalangan dan SMP Negeri 7 Kotabumi. Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai, 7(1), 85–92.
Hasibuani, Y. W. (2023). PENDIDIKAN HAID MENURUT FIKIH DAN MITOS TABU. Jurnal Insan Cendekia, 4(2), 85–95.
Hidayah, N., & Palila, S. (2018). Kesiapan Menghadapi Menarche pada Remaja Putri Prapubertas Ditinjau dari Kelekatan Aman Anak dan Ibu. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 107–114.
Narsih, U., & Rohmatin, H. (2021). Dukungan Sosial dan Ketersediaan Informasi Mempengaruhi Kesiapan Remaja Putri dalam Menghadapi Menarche. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 7(2), 359–371.
Nonon, M. (2016). Haid Dan Kesehatan Menurut Ajaran Islam. Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional Majelis Ulama Indonesia.
Pratiwi, Andriandini., & Denissa. (2018). Gambaran Pengetahuan Remaja Putri Tentang Menarche di SDN 1Bubulak Kota Bogor. Karya Tulis Ilmiah. Poltekkes Bandung.
Ramraj, B., Subramanian, V. M., & Vijayakrishnan, G. (2021). Study on age of menarche between generations and the factors associated with it. Clinical Epidemiology and Global Health, 11, 100758.
Romana, A. B. Y. H., Tat, F., Subani, N. D., & Rindu, Y. (2021). Peran Orangtua Terhadap Persepsi dan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Menarche di Desa Kuanheun. Flobamora Nursing Journal, 1(1).
Trisnadewi, E., & Irlah, R. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Menarche Dini Pada Remaja Putri Di SMP Negeri 15 Padang. Jurnal Kesehatan Saintika Meditory, 2(4657), 62–72.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nadirahilah Nadirahilah, Lia Fitriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).