ANALISIS RESPONSE TIME TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA INSTALASI GAWAT DARURAT : LITERATURE REVIEW

Authors

  • Andi Maulana Parahita Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28321

Keywords:

Waktu Tanggap, Kepuasan Pasien, IGD

Abstract

Setiap fasilitas kesehatan harus memiliki unit gawat darurat serta penanganan kegawatdaruratan, termasuk rumah sakit. Dalam penanganan pasien di IGD, penanganan harus dilakukan secara cepat dan tepat karena apabila penanganan di IGD terlambat, maka dapat menyebabkan kecacatan hingga kematian. Response time menjadi salah satu indikator mutu pelayanan di IGD. Dengan pelayanan yang bermutu maka akan menimbulkan kepuasan pada pasien. Data kunjungan pasien instalasi gawat darurat terus menerus bertambah di setiap tahunnya hingga 30% di seluruh IGD, tetapi response time pada penanganan pasien gawat darurat di IGD masih belum konsisten. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah literature review melalui dua sumber database yaitu GoogleScholar dan Pubmed. Artikel yang digunakan adalah artikel yang dipublikasikan pada rentang tahun 2019 hingga 2023 dengan Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa rata-rata waktu tanggap atau waktu tunggu di Instalasi Gawat Darurat sudah cukup cepat. Kepuasan pasien sendiri secara garis besar sudah cukup tinggi meskipun masih terdapat kepuasan pasien yang rendah dalam salah satu penelitian. Berdasarkan hasil tinjauan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pada waktu tanggap terhadap kepuasan pasien. Hal tersebut menandakan bahwa semakin cepat waktu tanggap pelayanan yang diberikan maka semakin tinggi tingkat kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat. Waktu tanggap menjadi salah satu indikator mutu pelayanan yang harus selalu diberikan perhatian khusus karena memiliki urgensi yang besar.

References

Hania, U. P., Budiharto, I., dan Yulanda, N. A. (2020). Literature Review: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Response Time Perawat pada Penanganan IGD. ProNers. Vol. 5. No.2.

Musthofa, Bintang et.al. (2021). Hubungan Response Time Perawat dengan Tingkat Keberhasilan Penanganan Pasien Emergency di IGD RS X. Jurnal Mutiara NERS. Vol. 4. No.1. 5-13.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Peraturan Menteri Kesehatan RI tentang Pelayanan Kegawatdaruratan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Plasay, M., Islam, A. A., dan Gaus, S. (2016). Hubungan Antara Waktu Penatalaksanaan Kegawatdaruratan Medis dengan Kematian Lanjut pada Penderita Trauma Mayor. JST Kesehatan. Vol.6. No.2. 193-200.

Kambuaya, R. P. et.al. (2016). Hubungan Beban Kerja Perawat dengan Waktu Tanggap Keperawatan Gawat Darurat Menurut Persepsi Pasien di IGD RSUD Kabupaten Sorong. e-Jurnal Keperawatan (e-Kp). Vol. 4. No.1.

Limantara, R. et.al. 2015. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingginya Angka Kematian dI IGD Rumah Sakit” dalam Jurnal Kedokteran Brawijaya. Vol. 28. No. 2.

Kemenkes RI. 2008. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 129/Menkes/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.

Kemenkes RI. 2017. Manajemen keselamatan Pasien Kementerian Kesehatan Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Edisi Tahun 2017.

Blanchard, J. E. et.al. 2012. “Emergency Medical Services Response Time and Mortality in An Urban Setting” dalam Prehospital Emergency Care. Vol. 16. No. 1.

Tumurang, M. et.al. 2023. “Pengaruh Respon Time Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat: Literature Review” dalam Bima Nursing Journal. Vol. 4. No. 2. 112-118.

Prahmawati, P. et.al. 2021. “Hubungan Response Time Perawat Dengan Pelayanan Gawat Darurat Di Instalasi Gawat Darurat RSUD Demang Sepulau Raya Lampung Tengah” dalam Jurnal Wacana Kesehatan. Vol. 6. No.2. 69-79.

Donabedian, A. 2001. Evaluación de la calidad de la atención médica. Rev Calidad Asistencial. Vol.16. 11-27

Parasuraman, Valarie A., Zeithaml, Leonard L Berry. 1990. Delivering Quality Service, Balancing Customer Perception and Expectations. New York: Free Press.

Hart, C. 2018. Doing a literature review: releasing the research imagination. London. SAGE.

Newman, M. dan Gough, D. 2020. Systematic Reviews in Educational Research: Methodology, Perspectives and Application. dalam Systematic Reviews in Educational Research; Zawacki-Richter, O., Kerres, M., Bedenlier, S., Bond, M., Buntins, K., Eds.; Springer: Wiesbaden, Germany.

Al-Shaqsi, S.Z.K. 2010. “Response time as a sole performance indicator in EMS: Pitfalls and solutions” dalam Emerg Med. vol. 2. 1-6

Morley C, et.al. 2018. “Emergency department crowding: A systematic review of causes, consequences and solutions” dalam PLoS One. Vol.13:e0203316

Molalign Takele G, et.al. 2021. “Assessment patient satisfaction towards emergency medical care and its determinants at Ayder comprehensive specialized hospital, Mekelle, Northern Ethiopia” dalam PLOS ONE. Vol. 16. No.1

Fontova-Almató A, et.al. 2019. “Factors associated with patients' and companions' satisfaction with a hospital emergency department: A descriptive, cross-sectional study” dalam Nurs Open. Vol. 6. No. 3. 834-841.

Yurnalis, Ema dan Mendrofa, Hendry Kiswanto. 2021. “Pengaruh Respon Time Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Pasien di Ruang IGD Rumah Sakit Aminah Kota Tangerang” dalam MAHESA : Malahayati Health Student Journal. Vol.1. No.4. 404-410

Hidayat, N., et.al. 2020. “Response time, waiting time and service quality in emergency department” dalam. International Journal Public Health Sci. Vol. 9. No.3. 199-204.

Doondori, A. K., et.al. 2019. “Response Time Nurses in Providing Services with Patient Satisfaction Installed Emergency Department” dalam JKP (Jurnal Kesehatan Primer). Vol. 4. No.2. 76–83.

Jawhari AM, et.al. 2023. “Waiting time and patients' satisfaction in the emergency department in Taif city, Saudi Arabia” dalam Saudi J Health Sci. Vol. 12. 49-54

Akbar, et.al. 2023. “The Relationship between Service Response Time and Waiting Time for Transfer of IGD Patients to Inpatients with Patient Satisfaction” dalam Asian Journal of Healthcare Analytics. Vol. 2. No.1. 181–192.

Akhirul, T., dan Fitriana, N. F. 2020. “Hubungan Response Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Dengan Tingkat Kepuasan Pasien” dalam Jurnal Keperawatan Muhammadiyah

Downloads

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles