ANALISIS RESPONSE TIME TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA INSTALASI GAWAT DARURAT : LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28321Keywords:
Waktu Tanggap, Kepuasan Pasien, IGDAbstract
Setiap fasilitas kesehatan harus memiliki unit gawat darurat serta penanganan kegawatdaruratan, termasuk rumah sakit. Dalam penanganan pasien di IGD, penanganan harus dilakukan secara cepat dan tepat karena apabila penanganan di IGD terlambat, maka dapat menyebabkan kecacatan hingga kematian. Response time menjadi salah satu indikator mutu pelayanan di IGD. Dengan pelayanan yang bermutu maka akan menimbulkan kepuasan pada pasien. Data kunjungan pasien instalasi gawat darurat terus menerus bertambah di setiap tahunnya hingga 30% di seluruh IGD, tetapi response time pada penanganan pasien gawat darurat di IGD masih belum konsisten. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah literature review melalui dua sumber database yaitu GoogleScholar dan Pubmed. Artikel yang digunakan adalah artikel yang dipublikasikan pada rentang tahun 2019 hingga 2023 dengan Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa rata-rata waktu tanggap atau waktu tunggu di Instalasi Gawat Darurat sudah cukup cepat. Kepuasan pasien sendiri secara garis besar sudah cukup tinggi meskipun masih terdapat kepuasan pasien yang rendah dalam salah satu penelitian. Berdasarkan hasil tinjauan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pada waktu tanggap terhadap kepuasan pasien. Hal tersebut menandakan bahwa semakin cepat waktu tanggap pelayanan yang diberikan maka semakin tinggi tingkat kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat. Waktu tanggap menjadi salah satu indikator mutu pelayanan yang harus selalu diberikan perhatian khusus karena memiliki urgensi yang besar.References
Hania, U. P., Budiharto, I., dan Yulanda, N. A. (2020). Literature Review: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Response Time Perawat pada Penanganan IGD. ProNers. Vol. 5. No.2.
Musthofa, Bintang et.al. (2021). Hubungan Response Time Perawat dengan Tingkat Keberhasilan Penanganan Pasien Emergency di IGD RS X. Jurnal Mutiara NERS. Vol. 4. No.1. 5-13.
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Peraturan Menteri Kesehatan RI tentang Pelayanan Kegawatdaruratan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.
Plasay, M., Islam, A. A., dan Gaus, S. (2016). Hubungan Antara Waktu Penatalaksanaan Kegawatdaruratan Medis dengan Kematian Lanjut pada Penderita Trauma Mayor. JST Kesehatan. Vol.6. No.2. 193-200.
Kambuaya, R. P. et.al. (2016). Hubungan Beban Kerja Perawat dengan Waktu Tanggap Keperawatan Gawat Darurat Menurut Persepsi Pasien di IGD RSUD Kabupaten Sorong. e-Jurnal Keperawatan (e-Kp). Vol. 4. No.1.
Limantara, R. et.al. 2015. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingginya Angka Kematian dI IGD Rumah Sakit” dalam Jurnal Kedokteran Brawijaya. Vol. 28. No. 2.
Kemenkes RI. 2008. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 129/Menkes/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.
Kemenkes RI. 2017. Manajemen keselamatan Pasien Kementerian Kesehatan Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Edisi Tahun 2017.
Blanchard, J. E. et.al. 2012. “Emergency Medical Services Response Time and Mortality in An Urban Setting” dalam Prehospital Emergency Care. Vol. 16. No. 1.
Tumurang, M. et.al. 2023. “Pengaruh Respon Time Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat: Literature Review” dalam Bima Nursing Journal. Vol. 4. No. 2. 112-118.
Prahmawati, P. et.al. 2021. “Hubungan Response Time Perawat Dengan Pelayanan Gawat Darurat Di Instalasi Gawat Darurat RSUD Demang Sepulau Raya Lampung Tengah” dalam Jurnal Wacana Kesehatan. Vol. 6. No.2. 69-79.
Donabedian, A. 2001. Evaluación de la calidad de la atención médica. Rev Calidad Asistencial. Vol.16. 11-27
Parasuraman, Valarie A., Zeithaml, Leonard L Berry. 1990. Delivering Quality Service, Balancing Customer Perception and Expectations. New York: Free Press.
Hart, C. 2018. Doing a literature review: releasing the research imagination. London. SAGE.
Newman, M. dan Gough, D. 2020. Systematic Reviews in Educational Research: Methodology, Perspectives and Application. dalam Systematic Reviews in Educational Research; Zawacki-Richter, O., Kerres, M., Bedenlier, S., Bond, M., Buntins, K., Eds.; Springer: Wiesbaden, Germany.
Al-Shaqsi, S.Z.K. 2010. “Response time as a sole performance indicator in EMS: Pitfalls and solutions” dalam Emerg Med. vol. 2. 1-6
Morley C, et.al. 2018. “Emergency department crowding: A systematic review of causes, consequences and solutions” dalam PLoS One. Vol.13:e0203316
Molalign Takele G, et.al. 2021. “Assessment patient satisfaction towards emergency medical care and its determinants at Ayder comprehensive specialized hospital, Mekelle, Northern Ethiopia” dalam PLOS ONE. Vol. 16. No.1
Fontova-Almató A, et.al. 2019. “Factors associated with patients' and companions' satisfaction with a hospital emergency department: A descriptive, cross-sectional study” dalam Nurs Open. Vol. 6. No. 3. 834-841.
Yurnalis, Ema dan Mendrofa, Hendry Kiswanto. 2021. “Pengaruh Respon Time Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Pasien di Ruang IGD Rumah Sakit Aminah Kota Tangerang” dalam MAHESA : Malahayati Health Student Journal. Vol.1. No.4. 404-410
Hidayat, N., et.al. 2020. “Response time, waiting time and service quality in emergency department” dalam. International Journal Public Health Sci. Vol. 9. No.3. 199-204.
Doondori, A. K., et.al. 2019. “Response Time Nurses in Providing Services with Patient Satisfaction Installed Emergency Department” dalam JKP (Jurnal Kesehatan Primer). Vol. 4. No.2. 76–83.
Jawhari AM, et.al. 2023. “Waiting time and patients' satisfaction in the emergency department in Taif city, Saudi Arabia” dalam Saudi J Health Sci. Vol. 12. 49-54
Akbar, et.al. 2023. “The Relationship between Service Response Time and Waiting Time for Transfer of IGD Patients to Inpatients with Patient Satisfaction” dalam Asian Journal of Healthcare Analytics. Vol. 2. No.1. 181–192.
Akhirul, T., dan Fitriana, N. F. 2020. “Hubungan Response Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Dengan Tingkat Kepuasan Pasien” dalam Jurnal Keperawatan Muhammadiyah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andi Maulana Parahita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).