CAPAIAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI SD MUHAMMADIYAH 1 LIMBOTO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28020Keywords:
Anak, Kognitif, PerkembanganAbstract
Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek terpenting untuk menjadi pedoman dalam proses pendidikan. Pada dasarnya kemampuan kognitif anak sangat penting ditingkatkan agar anak mampu melakukan eksplorasi terhadap dunia sekitar melalui panca inderanya. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi capaian perkembangan kognitif anak. Desain penelitian kualitatif dengan deskriftif. Populasi sebanyak 144 orang siswa, sampel sebanyak 50 siswa terdiri dari 25 orang kelas 4 dan 25 orang kelas 5. Hasil penelitian menunjukan capaian perkembangan kognitif yang tertinggi yaitu capaian perkembangan kognitif anak dengan kategori cukup sebanyak 24 orang dan yang terendah yaitu capaian perkembangan kognitif anak dengan kategori baik sebanyak 11 orang. Kesimpulan capaian perkembangan kognitif di SD Muhammadiyah 1 Limboto masih berada di kategori cukup. Saran diharapkan kepada pihak sekolah atau guru agar tetap membantu untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak dan memperhatikan siswa dalam perkembangan kognitif anak.References
Arfiani, F. F. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar di SD Negeri Maguwoharjo 1 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 12(2).
Ariyana. (2021). Strategi Kognitif Anak Oleh Pendidik PAUD Pelita Kasih Saat Pandemi Covid-19. Educational and Development, 9(4).
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50. doi:10.21927
Gularso, E. d. (2021). Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Jenis Kelamin. SPEJ (Science and Physics Education Journal), 3.
Gunarsa, S. D. (2008). Dasar Dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Imam Hanafi, Eko Adi Sumitro, Perkembangan Kognitif Menurut Jean Piaget Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2,
Muryati. (2021). Proses Pembelajaran Daring/Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Imadrasah Ibtidaiyyah Nurul Ittihad Kota Jambi. Jambi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifudin.
Noor, F. A. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Raudlatul Athfal. Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 172-173.
Prabowo. (2018). Mengukur Tingkat Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar dalam Bidang Sains menggunakan Tes Kemampuan Penalaran Ilmiah. Proceeding Biology Educatioan Conference, 15.
Rahmawati. (2015). Model Pembelajaran Think-Pair-Share Dengan Modul(Tps-M) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari MinatBelajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2).
Santrock, W. J. (2012). Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika.
Shokibul, A. (2016). Perkembangan Kognitif Manusia Dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Sujiono, Y. N. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Utami. (2020). Hubungan Gender Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan. Majalengka: FKIP UNMA.
Wulandari. (2018, Juni 1). Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal PGMI, 11(1).
Yusuf, A. d. (2010). Brain Gym Improves Cognitive Function for Elderly. Jurnal Keperawatan, 5(1), 79-86.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Modjo, Firmawati Firmawati, Winda Baliu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).