CAPAIAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI SD MUHAMMADIYAH 1 LIMBOTO

Authors

  • Dewi Modjo Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Firmawati Firmawati Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Winda Baliu Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28020

Keywords:

Anak, Kognitif, Perkembangan

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek terpenting untuk menjadi pedoman dalam proses pendidikan. Pada dasarnya kemampuan kognitif anak sangat penting ditingkatkan agar anak mampu melakukan eksplorasi terhadap dunia sekitar melalui panca inderanya. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi capaian perkembangan kognitif anak. Desain penelitian kualitatif dengan deskriftif. Populasi sebanyak 144 orang siswa, sampel sebanyak 50 siswa terdiri dari 25 orang kelas 4 dan 25 orang kelas 5. Hasil penelitian menunjukan capaian perkembangan kognitif yang tertinggi yaitu capaian perkembangan kognitif anak dengan kategori cukup sebanyak 24 orang dan yang terendah yaitu capaian perkembangan kognitif anak dengan kategori baik sebanyak 11 orang. Kesimpulan capaian perkembangan kognitif di SD Muhammadiyah 1 Limboto masih berada di kategori cukup. Saran diharapkan kepada pihak sekolah atau guru agar tetap membantu untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak dan memperhatikan siswa dalam perkembangan kognitif anak.

References

Arfiani, F. F. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar di SD Negeri Maguwoharjo 1 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 12(2).

Ariyana. (2021). Strategi Kognitif Anak Oleh Pendidik PAUD Pelita Kasih Saat Pandemi Covid-19. Educational and Development, 9(4).

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50. doi:10.21927

Gularso, E. d. (2021). Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Jenis Kelamin. SPEJ (Science and Physics Education Journal), 3.

Gunarsa, S. D. (2008). Dasar Dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Imam Hanafi, Eko Adi Sumitro, Perkembangan Kognitif Menurut Jean Piaget Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2,

Muryati. (2021). Proses Pembelajaran Daring/Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Imadrasah Ibtidaiyyah Nurul Ittihad Kota Jambi. Jambi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifudin.

Noor, F. A. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Raudlatul Athfal. Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 172-173.

Prabowo. (2018). Mengukur Tingkat Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar dalam Bidang Sains menggunakan Tes Kemampuan Penalaran Ilmiah. Proceeding Biology Educatioan Conference, 15.

Rahmawati. (2015). Model Pembelajaran Think-Pair-Share Dengan Modul(Tps-M) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari MinatBelajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2).

Santrock, W. J. (2012). Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika.

Shokibul, A. (2016). Perkembangan Kognitif Manusia Dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).

Sujiono, Y. N. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Utami. (2020). Hubungan Gender Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan. Majalengka: FKIP UNMA.

Wulandari. (2018, Juni 1). Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal PGMI, 11(1).

Yusuf, A. d. (2010). Brain Gym Improves Cognitive Function for Elderly. Jurnal Keperawatan, 5(1), 79-86.

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles