ANALISIS PENERAPAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL BIDANG KESEHATAN DI PUSKESMAS BANJARAN KOTA KABUPATEN BANDUNG TAHUN 2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.27771Keywords:
Implementasi, Puskesmas, Standar Pelayanan MinimalAbstract
Puskesmas Banjaran Kota telah menerapkan 12 indikator untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal dengan target pencapaian 100%, meskipun demikian terdapat beberapa layanan SPM yang belum mencapai standar yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Perolehan data didapatkan melalui wawancara mendalam kepada beberapa informan seperti kepala puskesmas, bidan dan dokter. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 indikator yang belum mencapai target SPM meliputi pelayanan kesehatan untuk ibu hamil, pelayanan kesehatan bagi ibu bersalin, pelayanan kesehatan pada bayi baru lahir, pelayanan kesehatan balita, pelayanan kesehatan untuk usia pendidikan dasar, pelayanan kesehatan bagi orang yang berisiko terkena HIV, dan pelayanan kesehatan bagi penderita hipertensi. Salah satu tantangan tersendiri untuk mencapai target SPM adalah kurangnya sumber daya manusia yang memadai baik dari segi kuantitas maupun kualitas, luasnya wilayah geografis yang berdampak pada aksesibilitas infrastruktur, layanan lintas budaya, dan kesadaran masyarakat.References
Adawiah, A. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Dewi Agustina. 2023. Strategi Pelayanan Kesehatan Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Puskesmas. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Vol. 1 No. 3 Juli 2023 e-ISSN :2964-9676 dan p-ISSN :2964-9668, Hal 121-127.
Kementerian Kesehatan. (2021). Implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jakarta. Kemenkes RI (Terdapat di https://www.kemkes.go.id/) Diakses kembali pada 29 Januari 2024, pukul 20.30 WIB.
Kementerian Kesehatan RI. 2021. Profil Kesehatan Indonesia 2020. Jakarta. Kemenkes RI (Terdapat di https://pusdatin.kemkes.go.id/folder/view/01/ structure -publikasi-pusdatin-profil-kesehatan.html) Diakses kembali pada 16 Januari 2024, pukul 14.36 WIB.
Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis Skripsi, Tesis, dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Rawamangun: Prenadamedia Group.
Kurniawansyah S. I., Sopyan I. MRS. 2018. Upaya peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat melalui pelatihan kader kesehatan tentang deteksi dini tuberkulosis paru di Desa Jayamukti dan Desa Cigadong Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya. J Apl Ipteks untuk Masy. 2018;7(4):265–8.
Mulyani, Sri (Ed.). 2016. Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.
Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar pada Standar Minimal Pelayanan Kesehatan pada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah Administratif/Kota. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.
Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.
Republik Indonesia. (2018). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal. Pemerintah Republik Indonesia. Jakarta.
Republik Indonesia. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Pemerintah Republik Indonesia. Jakarta.
Republik Indonesia. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar pada Standar Minimal Pelayanan Kesehatan pada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah Administratif/Kota. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.
Rohana A. (2020). Pelaksanaan Pelayanan Neonatal Berdasarkan Standar Pelayanan Minimal Kesehatan Bayi Baru di Puskesmas Dukuhseti Kabupaten Pati. Jurnal kesehatan Indonesia Vol 1 Nomor 8.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triasmoko, Denny, Moch. Djudi, Gunawan. (2014). Pengaruh Pelatihan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Penelitian pada Karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Kediri. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.12, No.1.
Wahyuni N. (2021). Analisis Implementasi Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Puskesmas Curug, Kota Serang. Jurnal JOUBAHS Volume 1, No. 2, August 2021, pp. 179-190.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ine Nuraeni, Aris Rinaldi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).