ANALISIS STATUS AKREDITASI PUSKESMAS DI KABUPATEN ROKAN HULU TAHUN 2023

Authors

  • Risna Puspita Sari Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Jasrida Yunita Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Septien Asmarwiati Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.26862

Keywords:

Akreditasi, Pemecahan masalah, Prioritas

Abstract

Akreditasi Puskesmas Komunitas sangat penting untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Kabupaten Rokan Hulu. Pada tahun 2023, dari 22 puskesmas komunitas di Kabupaten Rokan Hulu, masih ada 8 yang memiliki status Intermediate, dan 3 belum memperbaiki status akreditasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis status akreditasi Puskesmas Komunitas di Kabupaten Rokan Hulu pada tahun 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan penelaahan dokumen. Terdapat 7 informan dalam penelitian ini, termasuk Kepala Bagian Pelayanan Kesehatan, Tim Akreditasi TPCB untuk 3 Puskesmas Komunitas yang tidak memperbaiki status akreditasinya, dan Kepala 3 Puskesmas Komunitas dengan status yang sama. Penentuan masalah prioritas menggunakan teknik USG, dan identifikasi penyebab masalah menggunakan teknik analisis fishbone. Masalah yang diprioritaskan dalam penelitian ini adalah adanya 3 Puskesmas Komunitas yang belum memperbaiki status akreditasinya. Penyebab masalah yang diidentifikasi termasuk pelaksanaan layanan yang tidak memenuhi standar akreditasi, keterbatasan anggaran dan fasilitas, serta ketiadaan peningkatan kualitas yang berkelanjutan. Kurangnya perencanaan persiapan, pengetahuan yang kurang dari staf mengenai manajemen puskesmas, dan dokumen yang tidak lengkap mengenai semua prosedur layanan dan protokol juga merupakan faktor kontribusi. Rekomendasi dari penelitian ini adalah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap hasil akreditasi dan melaksanakan perbaikan serta peningkatan kualitas berdasarkan rekomendasi survei akreditasi.

References

BPK. Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 72 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional. , https://peraturan.bpk.go.id/Details/41327/perpres-no-72-tahun-2012 § (2012). Indonesia.

BPK. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024. , https://peraturan.bpk.go.id/Details/131386/perpres-no-18-tahun-2020 § (2020). Indonesia.

Castañer, X., & Oliveira, N. (2020). Collaboration, Coordination, and Cooperation Among Organizations: Establishing the Distinctive Meanings of These Terms Through a Systematic Literature Review. Journal of Management, 46(6), 965–1001. https://doi.org/10.1177/0149206320901565

Dinkes Riau. (2021). Profil Dinas Kesehatan Provinsi Riau Tahun 2021. Pekanbaru: Dinkes Riau.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan. Petunjuk Teknis Survei Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi. , https://yankes.kemkes.go.id/unduhan/fileunduhan_1672286537_68043.pdf § (2022). Indonesia.

Ficy Septiani, Andi Surahman Batara, & Sitti Patimah. (2021). Analisis Kesiapan Puskesmas Cendrawasih Kota Makassar dalam Implementasi Akreditasi Puskesmas Tahun 2019. Window of Public Health Journal, 2(1), 120–132. https://doi.org/10.33096/woph.v2i1.129

Irmawati, S., Rosdianah, Mahendika, D., Bakri, A. A., & Mas’ud, I. A. (2023). The Role of Health Information Systems to Enhance Health Services in Remote and Underserved Areas: Challenges and Solutions. Jurnal Eduhealth, 14(02), 713–719.

Kemenkes RI. Laporan Akuntabilitas Kinerja (LAKIP) Tahun 2020. , https://upk.kemkes.go.id/new/laporan-akuntabilitas-kinerja-lakip-tahun-2020 § (2020). Indonesia.

Maghfiroh, L., & Rochmah, T. N. (2018). Analisis Kesiapan Puskesmas Demangan Kota Madiun Dalam Menghadapi Akreditasi. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 13(4), 329. https://doi.org/10.30597/mkmi.v13i4.1665

Permenkes No 34. Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi. , http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__34_Th_2022_ttg_Akreditasi_Puskesmas,_Klinik,_Laboartorium_Kesehatan,_Unit_Transfusi_Darah,_Tempat_Praktik_Mandiri_Dokter-signed.pdf § (2022). Indonesia.

Stevani, S. (2019). Proses Persiapan Akreditasi Puskesmas Kertek II. HIGEIA, 3(1), 12–23.

Stoumpos, A. I., Kitsios, F., & Talias, M. A. (2023). Digital Transformation in Healthcare: Technology Acceptance and Its Applications. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(4), 3407. https://doi.org/10.3390/ijerph20043407

Subawati, I., Wahyati, E., & Koentjoro, C. T. (2020). Implementation of Puskesmas Accreditation and Protection of Patient Rights in Health Services at Puskesmas Rembang Regency. SOEPRA, 6(1). https://doi.org/10.24167/shk.v6i1.2044

Ulandari, S., & Yudawati, S. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan, Sarana Prasarana, dan Lingkungan terhadap Kepuasan Pasien. Care?: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 7(2), 39. https://doi.org/10.33366/jc.v7i2.1087

Utami, S. N., & Lubis, S. (2021). Efektivitas Akreditasi Puskesmas terhadap Kualitas Puskesmas Medan Helvetia. Publik Reform, 8(2), 10–21. https://doi.org/10.46576/jpr.v8i2.1658

Zega, I., Richadi, R. K., Tarigan, F. L., Nababan, D., Sitorus, M. E. J., & Warouw, S. P. (2021). Analisis Kesiapan UPT Puskesmas Lotu Menghadapi Akreditasi Puskesmas. PREPOTIF?: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 98–112. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i1.2738

Downloads

Published

2024-06-16

Issue

Section

Articles