PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI DI SEKOLAH PAUD TAAM AL-WILDAN GUNUNG PUTRI KABUPATEN BOGOR TAHUN 2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.26679Keywords:
Terapi Bermain, Motorik Halus, Usia DiniAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh terapi bermain puzzle terhadap perkembangan motorik halus pada anak prasekolah usia 3-5 tahun di PAUD Taam Al-Wildan Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest with Control Group Design untuk menguji efek terapi bermain puzzle terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini. Kelompok eksperimen dan kontrol dipilih secara acak dari populasi yang homogen, yaitu anak-anak usia 3-5 tahun di sekolah PAUD Al-Wildan. Perlakuan berupa terapi bermain puzzle diberikan kepada kelompok eksperimen, sementara kelompok kontrol tidak mendapat perlakuanDari hasil penelitian ini, terlihat bahwa pada kelompok kontrol, setelah dilakukan post-test, hanya 5% dari responden memiliki KPSP yang sesuai, 65% meragukan, dan 30% mengalami penyimpangan. Sedangkan pada pre-test kelompok kontrol, hanya 5% responden memiliki KPSP yang sesuai, 40% meragukan, dan 55% mengalami penyimpangan. Di sisi lain, pada kelompok eksperimen, pre-test menunjukkan bahwa 35% responden memiliki KPSP yang sesuai, 50% meragukan, dan 15% mengalami penyimpangan. Sedangkan pada post-test kelompok eksperimen, 40% responden meragukan, dan 60% mengalami penyimpangan. Analisis menggunakan uji Independent Sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,002 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan nilai signifikansi yang kurang dari 0,05, dapat disimpulkan bahwa terapi bermain puzzle memiliki pengaruh signifikan atau terdapat perbedaan yang signifikan terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia dini di Sekolah PAUD Taam Al-Wildan Gunung Putri Kabupaten Bogor Tahun 2023.References
-, Y., Yulianto, A., -, T., & Arlita, D. (2020). Penerapan Terapi Bermain Puzzle Pada Anak Pra Sekolah Dengan Kejang Demam Untuk Mengurangi Kecemasan. Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung, 8(1), 22. https://doi.org/10.47218/jkpbl.v8i1.76
Abristiana, P. O., Kristanti, A., & Aisyatul W., A. (2020). Pengenalan Angka Menggunakan Permainan Puzzle dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Emosi dan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di Play Group Se- Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Laplace?: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 70–86. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.314
Canda, R. F. (2019). PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PRASEKOLAH. Prodi DIV Keperawatan Magelang?: Magelang.,2019.
Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini .
Haryani Mirta, Q. Z. (2021). PEMAHAMAN GURU PAUD TENTANG ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DI TK PERTIWI 1 KOTA BENGKULU. https://Educhild.Ejournal.Unri.Ac.Id/Index.Php/JPSBE/Article/View/7699/P df.
Hasanah, U., & STAIN Jurai Siwo Metro Lampung, Mp. (n.d.). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAGI ANAK USIA DINI.
Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, J., & Hening Prastiwi, M. (2019). Overview of Growth and Development in Children Age 3-6 Years. JIKSH, 10. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.162
Jurusan, E.-J. P.-P. U. P. G., & Dini, P. A. U. (2014). PENERAPAN METODE BERMAIN PUZZLE GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL BENTUK (Vol. 2).
Kasri, K. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan?: Riset Dan Konseptual, 2(3), 320. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.69
Katagiri, M., Ito, H., Murayama, Y., Hamada, M., Nakajima, S., Takayanagi, N., Uemiya, A., Myogan, M., Nakai, A., & Tsujii, M. (2021). Fine and gross motor skills predict later psychosocial maladaptation and academic achievement. Brain and Development, 43(5), 605–615. https://doi.org/10.1016/j.braindev.2021.01.003
Komang Sukendra, I., Komang Sukendra, Mp. I., & Kadek Surya Atmaja I Kadek Surya Atmaja, Mp. I. (n.d.). INSTRUMEN INSTRUMEN PENELITI N PENELITI N.
Maghfuroh, L. (2018). METODE BERMAIN PUZZLE BERPENGARUH PADA PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH. Jurnal Endurance, 3(1), 55. https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.2488
Masyithoh Syari’at. (2014). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Outdoor.
Penyusun, T., Suhartanti, I., Zulfa Rufaida, Mk., Setyowati, W., & Fitria Wahyu Ariyanti, Mk. (2019). STIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PRA SEKOLAH.
Soetjiningsih. (2013). Tumbuh Kembang Anak .
Studi, P., Keperawatan, I., Kedokteran, F., Sam, U., & Manado, R. (2015). PERBEDAAN TERAPI BERMAIN PUZZLE DAN BERCERITA TERHADAP KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH (3-5 TAHUN) SELAMA HOSPITALISASI DI RUANG ANAK RS TK. III. R. W. MONGISIDI MANADO. Inggrith Kaluas Amatus Yudi Ismanto Rina Margaretha Kundre (Vol. 3).
Suhartanti, I., ’Rufanda, Z., ’setyowati, W., & ’Ariyanti, F. W. (2019). STIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH (R. L. Mahmudah, Ed.). STIKes Majapahit Mojokerto .
Wenny Sitanggang, T., Anggraini, D., & Puspitasari, I. (2022). PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PRASEKOLAH USIA 3-5 TAHUN THE EFFECT OF PLAYING PUZZLE THERAPY ON THE FINE MOTORIC DEVELOPMENT OF PRESCHOOL CHILDREN AGED 3-5 YEARS. In Medikes (Media Informasi Kesehatan) (Vol. 9, Issue 1).
Yuniati, E. (2018). Puzzle Mempengaruhi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah di TK At Taqwa Mekarsari Cimahi Puzzle influence motoric development smile age of prasekolah. In Jurnal Kesehatan Poltekkes Ternate (Vol. 11).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lili Ayu Mulianingrum, Retno Puji Astuti, Hidayani Hidayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).