HUBUNGAN PERAN IBU DENGAN PENCAPAIAN TERAPI PADA ANAK AUTISME DI RS RADJIMAN WEDIODININGRAT

Authors

  • Mujiadi Mujiadi Profesi Ners, Sekolah Tinggi Ilmu Majapahit
  • Yemima Primayu Abadi Keperawatan, RS Radjiman Wediodiningrat
  • Anndy Prastya Profesi Ners, Sekolah Tinggi Ilmu Majapahit
  • Ike Prafita Sari Profesi Ners, Sekolah Tinggi Ilmu Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.26160

Keywords:

Peran Ibu, Pencapaian Terapi, Anak Autism

Abstract

Memiliki anak dengan autis merupakan beban yang berat bagi orang tua, karena dituntut untuk selalu terbiasa menghadapai peran yang berbeda dari sebelumnya untuk membantu mencapai target terapi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan antara peran ibu dengan pencapaian terapi anak dengan autisme di RS Radjiman Wediodiningrat. Metode penelitian ini adalah analitik korelasi, dengan desain cross sectional, dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 38 orang ibu yang mempunyai anak dengan autisme. Penentuan responden sesuai dengan kriteria inklusi yang sudah ditetapkan yakni ibu yang mempunyai anak dengan autism yang menjalani terapi secara rutin di poli spesialis RS Radjiman Wediodiningrat. Dalam penelitian ini variable Independenya peran ibu dan variable dependennya pencapaian terapi. Hasil analisa menunjukkan 26 orang (68,4%) menunjukkan peran ibu pada anak dengan autisme dalam kategori baik, dan 28 orang (73,7%) menunjukkan pencapaian terapi pada anak dengan autisme tercapai. Berdasarkan uji Korelasi Spearman didapatkan hasil p = 0,000 (p < 0,05), dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara peran ibu dengan pencapaian terapi pada anak dengan autisme di Poli Sub Spesialis Anak Remaja RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,888 yang berarti terdapat hubungan positif sangat kuat antara peran ibu dengan pencapaian terapi. Disimpulkan bahwa dengan hasil penelitian ini ibu dapat melakukan peran yang sesuai sehingga mampu mendorong pencapaian terapi anak dengan autisme. Seorang ibu perlu diberikan penghargaan karena tindakan tersebut merupakan suatu intervensi yang sangat suportif.

References

Dewi, Claudia Putu. (2019). Resiliensi Ibu Dengan Anak Autisme. Jurnal Psikologi Udayana, Vol.6, No. 1, 193-206. Program Studi Sarjana Psikologi, Fakultas Kedokteran. Universitas Udayana

Desiningrum, Dinie Ratri. (2016) Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain

Leki et.all (2019). Pengaruh Peran Orang Tua Pada Terapi Wicara DAN Kemampuan Bicara Pada Anak Penderita Autis di SDK STA. Maria Assumpta dan Pusat Layanan Autis Naimata Kota Kupang. CHM-K Applied Scientific Journal. Vol 2 No.1, Januari 2019

Yolanda, Bella Astrika Dio. (2017). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Tingkat Kecemasan Anak Usia Pra Sekolah (3-6 Tahun) yang Mengalami Hospitalisasi di RSUD Kota Madiun. Skripsi. Prodi keperawatan. STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun

Sefriyanti, Khamim ZP, (2022). Analisis Hambatan Perkembangan Motorik Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian Pada Perspektif Psikologi dan Neurologi) Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Volume 3, Nomor 2, Desember 2022 Hal. 62-72.

Grand, Richardus EI, (2017). Aplikasi Deteksi Dini Untuk Mengenali Anak Berkebutuhan Khusus Menggunakan Metode Business Intelligence. Website : jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2017 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta , 1-2 November 2017

Tahsa OA, Yun NE, (2021). Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Anak Autis Dalam Menjalani Program Terapi Di Pusat Layanan Autis Provinsi Jambi. Jurnal psikologi jambi. Volume 06, NO. 02, OKTOBER 2021 : 41-51

Sidabutar, Neolaka, & Simbolon. (2020). Peran Orangtua Dalam Menangani Anak Autisme. Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume 9, No 1

Wangi, A. A., & Budisetyani, I. G. (2020). Bentuk dukungan sosial orangtua dan kemampuan penyesuaian diri pada anak dengan Autistic Spectrum Disorder (ASD). Jurnal Psikologi Udayana I, 207-215

Fhatri, & Zonalisa. (2019). Perspektif Orangtua Terhadap Anak Autisme dan peranannya dalam terapi (Studi kasus PLA provinsi kepulauan bangka belitung). ilmiah penddikan islam, 154-159.

Sukadari. (2020). Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Melalui Pendidikan Inklusi. Journal of Chemical Information and Modeling, 7(1)

Paramarta, F. N. (2021). Konsep Interior Ruang Fisioterapi Anak Berkebutuhan Khusus Pada Klinik Anak Usia 1-5 Tahun. AKSELERASI : Jurnal Ilmiah Nasional, 3(1)

Prabawati, CY dll (2022). Deteksi Dini GangguanPerilaku, PertumbuhandanPerkembangan pada Anak Usia Pra-Sekolahdi Komunitas pada Masa Pandemi COVID-19. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.6,No.2,Mei 2022 Hal 199–213

Nalurita, W., Pawenang, S., & Bakri, S. H. A. (2019). Analisis Gap Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Anak Berkebutuhan Khusus Pada Klinik Pediatric and Neurodevelopmental Therapy Center Tohudan Colomadu. Jurnal Manajemen, 5(2), 171–181

Fadila, A. dkk (2021). Jenis Pola Asuh Orang Tua Anak Dengan Gangguan Spektrum Autis Di Lampung. Sneed: Jurnal Pendidikan Khusus Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021

Himawan,H. dkk (2021). Gambaran Pola Asuh Orang Tua pada Anak dengan Autism Spectrum Disorder Sebelum dan Setelah Anak Menjalani Terapi. Open Access https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIBK/index Volume 12 Number 3, 2021, pp 412- XX ISSN: Print 2598-3199 – Online 2598-3210

KEMENKES (2019). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018. Jakarta. KEMENKES RI. ISBN 978-602-656-446-4.

Rabingah S, dkk (2022). Buku Ajar Metodologi Penelitian. CV. Feniks Muda Sejahtera, ISBN No. 978-623-5950-61-7

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Mujiadi, M., Abadi, Y. P., Prastya, A. ., & Sari, I. P. . (2024). HUBUNGAN PERAN IBU DENGAN PENCAPAIAN TERAPI PADA ANAK AUTISME DI RS RADJIMAN WEDIODININGRAT . Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 1956–1966. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.26160

Issue

Section

Articles