PENGARUH EDUKASI VIDEO PERAWATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN LANSIA DI RUMAH SAKIT KHUSUS GIGI DAN MULUT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Authors

  • Nurjannah Nurjannah Program Studi Sarjana Keperawatan STIKES Mitra Adiguna Palembang
  • Dwi Mahansen Program Studi Sarjana Keperawatan STIKES Mitra Adiguna Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.26023

Keywords:

Video education, elderly, knowledge, dental and oral care

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu aspek yang perlu menjadi perhatian, karena kesehatan gigi dan mulut sangat berperan dalam kesehatan tubuh secara menyeluruh. World Health Organization (WHO) tahun 2020 melaporkan Penyakit mulut ini telah mempengaruhi 3,5 miliar orang di seluruh dunia. Data Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Palembang (2020) sebanyak 452 kasus pada lansia. Jumlah kasus perawatan gigi dan mulut pada lansia yang terjadi di RSK. Gigi dan Mulut Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2023 yaitu 130 kasus. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh video edukasi perawatan gigi dan mulut terhadap tingkat pengetahuan lansia  di Rumah Sakit Khusus Gigi Dan Mulut Provinsi Sumatera Selatan. Metode penelitian menggunakan metode True Experimental dengan posttest only control design dengan uji Mann-Whitney. Populasi pada penelitian ini adalah lansi yang melakukan perawatan Gigi dan Mulut di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Provinsi Sumatera Selatan dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian didapatkan ada pengaruh edukasi video perawatan gigi dan mulut terhadap tingkat pengetahuan lansia di Rumah Sakit Khusus Gigi Dan Mulut Provinsi Sumatera Selatan tahun 2024 (p.value = 0,003). Diharapkan dapat melakukan penelitian dengan menggunakan sampel yang lebih banyak lagi, menggunakan terapi lain yang dapat menambah tingkat pengetahuan lansia terhadap perawatan gigi dan mulut di rumah sakit.

References

Aliyah Saraswati 2020, “Pengaruh video animasi terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak sd 10 palembang”

Anitasari, Silvia, dan Rahayu. 2018. Hubungan Frekuensi Menyikat Gigi Dengan Tingkat Kebersihan Gigi Dan Mulut

Asniar, Hajjul Kamil, P. M. ·. (2020). Pendidikan dan Promosi Kesehatan. Syiah Kuala University Press.

A.Wawan dan Dewi M. 2019, Teori Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia, Nuha Medika.

Dewi Sodja Laela. 2022, “pengaruh metode kombinasi ceramah dan video terhadap sikap lansia mengenai kebutuhan pemakaian gigi tiruan di Pondok Lansia Tulus Kasih”

Dinkes Provinsi sumatera selatan 2020. Data Surveilans Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan

Fitri. 2019. “Efektivitgas Pendidikan Kesehatan menggunakan media Power Point Plus dan Media Audiovisual terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Anak Usia 9-10 tahun di SD Negeri Sedayu 4 Muntilan tahun 2019”

Herawati. (2022). Kesehatan Gigi dan Mulut dalam Hubungannya dengan Kesehatan Tubuh. Jurnal Kesehatan, 10(2), 45-58.

Hidayanti lilik, lina Nur, bachtiar kameil (2007). ‘Peran buah dan sayur dalam menurunkan keparahan karies, Jurnal Kesehatan Masyarakat.Andini, A Jahyadi, T. (2011). Gigi Sehat Ibadah Dahsyat. Yogyakarta : Pro U Media.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut bagi Lansia. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Lailatul, K., & Mukhoirotin. (2018). Potensi Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Personal Hygiene. 2(1)

Lena ryani panjaitan. 2019. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Alat Peraga Dan Video Animasi Terhadap Kemampuan Menggosok Gigi Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk Putri Sion Medan”

Morita sari, dkk. 202, “Gambaran Pengetahuan Kesehatan Gigi Mulut”

Niko. 2022. “Perubahan Perilaku Pembersihan Gigi Tiruan Lengkap pada lansia Pasca Instruksi Melalui Metode Edukasi Video”

Ni kadek ary dan pratiwi. 2022. “Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Kesehatan Gigi dan Perilaku Perawatan Gigi pada anak Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 1 Gianyar”

Notoadmojo, Soekidjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Putra Apriadi Siregar. (2020). Promosi Kesehatan Lanjutan Dalam Teori dan Aplikasi. Prenada Media.

Saidah. (2022). Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Mencegah Gangguan Fungsi Pengunyahan, Berbicara, dan Kesehatan Tubuh. Jurnal Kesehatan Mulut dan Gigi, 8(1), 23-37.

Yuvensius Pili, dkk. 2018. “faktor faktor yang berhubungan dengan kebersihan gigi dan mulut pada lansia”

Yanies. 2020. “Perbedaan Efektivitas Metode Ceramah dengan Media Phantom Gigi dan Media Video Compact Disc terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Praktik Lanjut Usia tentang Kesehatan Gigi dan Mulut”

Yulfitri. 2021. “Virtual edukasi kesehatan gigi dan mulut pada kelompok lanjut usia di masa pendemi covid 19”

Downloads

Published

2024-03-24

How to Cite

Nurjannah, N., & Mahansen, D. . (2024). PENGARUH EDUKASI VIDEO PERAWATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN LANSIA DI RUMAH SAKIT KHUSUS GIGI DAN MULUT PROVINSI SUMATERA SELATAN. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 1710–1716. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.26023

Issue

Section

Articles