LITERATURE REVIEW: MODEL EDUKASI UPAYA PENCEGAHAN BULLYING UNTUK SEKOLAH

Authors

  • Shofiyyah Marhaely Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia
  • Agung Purwanto Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia
  • Ririn Nur Aini Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia
  • Shinta Dwi Asyanti Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia
  • Wulandari Sarjan Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia
  • Pradnya Paramita Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.25398

Keywords:

Bullying, Edukasi, Perundungan di Sekolah

Abstract

Menurut WHO, sekitar 1 dari 3 siswa di seluruh dunia mengalami bentuk tindakan bullying.  Sedangkan di Indonesia, berdasarkan data yang dihimpun oleh KPAI dan FSGI, kasus bullying mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pada tahun 2022, tercatat sekitar 226 kasus bullying dan pada tahun 2021 sekitar 53 kasus. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa tindakan bullying masih menjadi teror bagi anak-anak di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, pentingnya edukasi tentang dampak buruk perilaku bullying menjadi salah satu strategi dalam menambah pengetahuan dengan meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menilai model edukasi yang tepat sebagai upaya pencegahan bullying di lingkungan sekolah guna mengurangi tindakan bullying. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah studi Literature Review dengan melakukan pencarian melalui database seperti, Google Scholar dan Pubmed dengan membatasi 5 tahun terakhir publikasi yaitu antara 2018 sampai 2023. Dari hasil seleksi yang sesuai kriteria inklusi, didapatkan 10 artikel yang kemudian dilakukan pengkajian. Berdasarkan hasil kajian pada setiap artikel, ditemukan beberapa model edukasi yang dapat diterapkan dalam upaya pencegahan tindakan bullying, seperti teknik Design Thinking, Role Play Management, dan Media Komik dan Video Animasi serta ekstrakulikuler seperti Beladiri. Berdasarkan hasil kajian literatur dapat disimpulkan bahwa pencegahan bullying di lingkungan sekolah dapat dilakukan mulai dari pemetaan dan perencanaan model edukasi yang tepat sebagai upaya preventif. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang dampak negatif dari tindakan bullying dan menurunkan angka kasus tindak kekerasan di sekolah.

References

Angguntari, Y. P. (2019). Pengembangan Papan Permainan Ludo sebagai Media Pembelajaran untuk

Meningkatkan Hasil Belajar pada Kompetensi Dasar Menganalisis Persyaratan Personil Administrasi Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 1–8.

Axford, N., Bjornstad, G., Clarkson, S., Ukoumunne, O. C., Wrigley, Z., Matthews, J., Berry, V., &

Hutchings, J. (2020). The Effectiveness of the KiVa Bullying Prevention Program in Wales, UK: Results from a Pragmatic Cluster Randomized Controlled Trial. Prevention Science, 21(5), 615–626. https://doi.org/10.1007/s11121-020-01103-9

Ferrer-Cascales, R., Albaladejo-Blázquez, N., Sánchez-SanSegundo, M., Portilla-Tamarit, I., Lordan, O.,

& Ruiz-Robledillo, N. (2019). Effectiveness of the TEI program for bullying and cyberbullying reduction and school climate improvement. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(4). https://doi.org/10.3390/ijerph16040580

Junaedi, A., Tinggi, S., Kesehatan, I., Pesantren, H., Hasan, Z., & Java, E. (2023). Roots Program Utility;

Forming an Anti Bullying Prevention Agent in Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 07(01), 76–88.

Kusumawardani, L. H., Dewanti, B. R., Maitsani, N. A., Uliyah, Z., Dewantari, A. C., Laksono, A. D.,

Saraswati, G. I., Nugroho, K. A., Lestari, A. D., & Laila, N. R. (2020). Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Metode Edukasi Dan Role Play Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmiah Keperawatan Stikes Hang Tuah Surbaya, 15(2), 162–171. https://doi.org/10.30643/jiksht.v15i2.73

Moore, B., Woodcock, S., & Dudley, D. (2019). Developing wellbeing through a randomised controlled

trial of a martial arts based intervention: An alternative to the anti-bullying approach. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(1), 1–18. https://doi.org/10.3390/ijerph16010081

Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah.

KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1), 67–82. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466

Permendikbud No 82. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor

Tahun 2015 Tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Tindak Kekerasan Di Lingkungan Satuan Pendidikan. Republik Indonesia, 53, 16.

R, A. F. (2023). Pengembangan Media Promosi Komik Elektronik Untuk Pencegahan Bullying Bagi Anak

Usia. 3, 6063–6074.

Rachma, A. W. (2022). Upaya Pencegahan Bullying Di Lingkup Sekolah. Jurnal Hukum Dan

Pembangunan Ekonomi, 10(2), 241. https://doi.org/10.20961/hpe.v10i2.62837

Rahayuningrum, D. C., Patricia, H., Apriyeni, E., & Irman, V. (2022). Edukasi Pencegahan Bullying Pada

Siswa Sekolah Dasar. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(9), 3110–3116. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/8057/pdf

Risch, R. F., Andrian, R. L., Maulana, R., Rahmah, S., & Taryana, A. (2022). Penggunaan Design

Thinking Model Pada Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 24(4), 42–46.

Wahyu Hidayat M, Nur Azizah Ayu Safanah, Rifqa Awalia, Muh. Akbar B, A. A. (2023). SafeTalk:

Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Kasus Pelecehan Seksual dan Bullying untuk Mengatasi Perilaku Kekerasan di Sekolah. Volume 01, 12.

Warih Handoyo, A., Studi Bimbingan dan Konseling, P., Keguruan Ilmu Pendidikan, F., Sultan Ageng

Tirtayasa, U., & Serang, K. (2023). Pengembangan Media Permainan Ludo Bullying Untuk Meningkatkan Pemahaman Bullying Pada Remaja. Diversity Guidance and Counseling Journal, 1(1), 13–33.

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Marhaely, S., Purwanto, A. ., Aini, R. N., Asyanti, S. D., Sarjan, W., & Paramita, P. . (2024). LITERATURE REVIEW: MODEL EDUKASI UPAYA PENCEGAHAN BULLYING UNTUK SEKOLAH. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 826–834. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.25398

Issue

Section

Articles