GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN KESELAMATAN BERLALU LINTAS PADA SISWA KELAS I-VI DI SEKOLAH DASAR KRISTEN GERGAJI KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.25351Keywords:
Pengetahuan, Keselamatan lalu lintas, Siswa sekolah dasarAbstract
Faktor penyebab meningkatnya kecelakaan lalu lintas pada anak diantaranya faktor keluarga, di mana orang tua terkadang membiarkan anak saat mengendarai sepeda motor tidak memakai helm. Kedua faktor pendidikan pihak sekolah tidak memberikan sosialisasi dan arahan tentang tata tertib. ketiga faktor pergaulan dari teman sebaya yang tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas seperti tidak memakai helm, lebih dari dua penumpang saat mengendarai motor dan tidak ada kaca spion. oleh karena itu pengetahuan keselamatan berlalu lintas pada anak sangat penting karena anak masih rentang akan kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan keselamatan berlalu lintas pada siswa kelas I-VI di SD Kristen Gergaji Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 47 dan pengambilan sampling menggunakan total sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2023. Instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil uji chi-square menunjukan jenis kelamin (p-value 0,725), tingkat kelas (p-value 0,485) dan riwayat pelatihan (p-value 0,792) tidak ada hubungan yang bermakna dengan tingkat pengetahuan. Selanjutnya terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan keselamatan berlalu lintas dengan literasi media (p-value 0,001). Berdasarkan hasil kesimpulannya terdapat hubungan antara literasi media dengan tingkat pengetahuan siswa kelas I-VI terkait keselamatan berlalu lintas pada siswa.References
Agustina, R., & Dkk. (2022). Statistik Pendidikan 2022. 228.
Alfath S.N. Syaban, M. Akbar Fauzan, D. F. F. (2022). Karakteristik Keselamatan Lalu Lintas. Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 9(2), 103–109. https://doi.org/10.46447/ktj.v9i2.421
Alonso, F., Esteban, C., Useche, S., & Colomer, N. (2018). Effect of road safety education on road risky behaviors of spanish children and adolescents: Findings from a national study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(12), 1–14. https://doi.org/10.3390/ijerph15122828
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2022). Jumlah Sekolah, Guru, dan Murid Sekolah Dasar (SD) di Bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, 2020/2021 dan 2021/2022. In https://jateng.bps.go.id/statictable/2022/03/18/2570/jumlah-sekolah-guru-dan-murid-sekolah-dasar-sd-di-bawah-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-tengah-2020-2021-dan-2021-2022.html.
Baniya, S. (2018). Regulations among Secondary School Students. 1(1), 23–33.
Bharathi, A. R. (2021). Advanced Practices in Nursing A Study to Assess the Knowledge of Road Safety Measures among School Childrens in Selected School at Guduvancherry Chennai. 6.
Evi Widowati & Fitri Evanti Hutasoit. (2017). Gambaran Penerapan Safety Education (Pendidikan Keselamatan) Di Sekolah Dasar. JHE (Journal of Health Education), 2(1), 66–72.
Fahmi, K. (2021). Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas dan Perilaku Berkendara pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Pasir Pengaraian Riau. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 10(1), 1–10. https://journal.upp.ac.id/index.php/cano/article/view/1084/642
Indawati, R., & Qomaruddin, M. B. (2018). The probability of the traffic accidents on students. Journal of International Dental and Medical Research, 11(1), 348–351.
Indhuthy, T. I. (2016). Assess the Knowledge and Practice On Road Safety Regulations among Primary School Children in Rural Community. International Journal of Medical Science, 3(8), 1–5. https://doi.org/10.14445/23939117/ijms-v3i8p101
Khushpreet, K., Lovepreet, K., Manjinder, K., Manpreet, K., Manpreet, K., & Navjot, K. (2022). Knowledge regarding road safety measures among. 8(2), 20–27.
Mardikawati, B., Suartawan, P. E., & Mulyaningtyas, D. O. (2023). Pelatihan Keselamatan Berlalu Lintas sebagai Upaya Preventif Menurunkan Angka Kecelakaan. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 169–180. https://doi.org/10.55983/empjcs.v2i4.414
Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia Korps Lalu Lintas. (2021). Polisi lalu lintas dalam angka tahun 2021. In https://k3i.korlantas.polri.go.id/assets/fe/doc/POLANTAS-DALAM-ANGKA-TAHUN-2021.pdf (pp. 1–34).
Monita, Deannaz, D. (2022). Pelatihan Safety Riding ( Sepeda ) Dan Sosialisasi Aturan Berlalu Lintas Bagi Anak SD Dan SMP Di Distrik Heram Kota Jayapura. 1(3), 31–41.
Mulyati, M. (2019). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Dalam Menumbuhkan Peminatan Anak Usia Dini Terhadap Pelajaran. Alim | Journal of Islamic Education, 1(2), 277–294. https://doi.org/10.51275/alim.v1i2.150
Oktegianda, A. V., Kurniawan, B., & Suroto. (2019). Analisis Faktor Manusia Dan Lingkungan Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Pada Pengemudi Travel PO.X Di Ruas Jalan Curup - Lubuk Linggau, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 7(4), 74–82.
Pe?, D., Ci?, S., & Anti, B. (2017). The importance of spatial orientation and knowledge of traffic signs for children ’ s traffic safety. 102, 81–92. https://doi.org/10.1016/j.aap.2017.02.019
Poku-Boansi, M., Amoako, C., & Atuah, D. O. (2019). Urban travel patterns and safety among school children around Accra, Ghana. Journal of Transport and Health, 15(April), 100660. https://doi.org/10.1016/j.jth.2019.100660
Putra, K. A. Y. (2019). Penanganan terhadap kecelakaan lalu lintas di Kota Probolinggo Handling of traffic accidents in Probolinggo city. Jurnal Sosiologi Dialetika, 14(1), 59–67.
Rahmadhan, D., Fadhilah, I. U., Kusuma, M. A., & ... (2020). Perlindungan hukum terhadap anak pelaku kecelakaan lalu lintas. Prosiding …, 106–112. http://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/986
Ranjan, D. P., Fahim, M. A., & Kirte, R. C. (2018). A cross sectional study to assess the knowledge, attitude and practice towards road traffic safety among adolescent students of a selected Pre-University college in Raichur city. International Journal Of Community Medicine And Public Health, 5(6), 2446. https://doi.org/10.18203/2394-6040.ijcmph20182175
Reema Barboza, H., Shaji, A., PP, A., Joseph, T., & S, S. (2019). Knowledge and attitude of teenagers regarding traffic safety rules. IP International Journal of Medical Paediatrics and Oncology, 5(2), 54–57. https://doi.org/10.18231/j.ijmpo.2019.012
Riaz, M. S., Cuenen, A., Janssens, D., Brijs, K., & Wets, G. (2019). Evaluation of a gamified e-learning platform to improve traffic safety among elementary school pupils in Belgium. Personal and Ubiquitous Computing, 23(5–6), 931–941. https://doi.org/10.1007/s00779-019-01221-4
Rus, M., Tasen?e, T., & Rus, C. V. (2019). Preventive Behaviors and Attitudes of the Children as Active Participants in Road Traffic. 11(1), 105–112.
Saputro, A. E., Priyanto, S., & Irawan, M. (2020). Analisis Tingkat Pemahaman Berlalu Lintas Pada Siswa Sekolah Dasar Dengan Dan Tanpa Edukasi Di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jurnal Kacapuri?: Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 3(2), 209. https://doi.org/10.31602/jk.v3i2.4242
Sugiyantoa, G., & Malkhamahb, S. (2018). Determining the maximum speed limit in urban road to increase traffic safety. 5, 67–77.
Suhartati, P. D., Hidayati, T. S., Hadi, S., & Rosdiana, D. (2022). Penelitian Efektivitas Penggunaan Media Puzzle Penanda Dalam Meningkatkan Pengetahuan Keselamatan Lalu Lintas Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Batang Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Kota Tegal. JurnalIlmiah Teknik Mesin, Elektro Dan Komputer, 2(3).
Treviño-Siller, S., Pacheco-Magaña, L. E., Bonilla-Fernández, P., Rueda-Neria, C., & Arenas-Monreal, L. (2017). An educational intervention in road safety among children and teenagers in Mexico. Traffic Injury Prevention, 18(2), 164–170. https://doi.org/10.1080/15389588.2016.1224344
Unicef. (2022). Bimbingan Teknis UNICEF untuk Keselamatan Jalan Anak dan Remaja. In https://www.unicef.org/documents/unicef-technical-guidance-child-and-adolescent-road-safety.
Verena, B. A., Marlia, R., & Pratama, P. P. (2016). Perencanaan Konsep RASS pada Kawasan Pendidikan di Ruas Jalan Pantura 2 (Lamongan-Babat) Kabupaten Lamongan. Doctoral Dissertation, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD, 2.
Wardan, R., & Kurniadi, D. (2015). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 14(2), 125–132. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.14-2.125
Wenny Murdina Asih, D. L. F. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Keselamatan Diri Terhadap Bahaya Di Lingkungan Sekolah Pada Murid Kelas Iv-Vi Sekolah Dasar No 40/Iii Koto Majidin Kabupaten Kerinci. Jurnal Ensiklopedia, 2(3), 142. http://jurnal.ensiklopediaku.org
Widiyati Tri. (2018). Pendidikan Keselamatan Diri Anak Usia Dini (Studi Kasus di Kelompok Bermain (KB) Gaharu Plus Kutai Kartanegara). Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan Dikmas, 13(2), 113–123.
Yulianto, B., Setiono, Mahmudah, A. M. H., & Santoso, A. B. (2017). Traffic safety program for school children through safe action and safe condition. AIP Conference Proceedings, 1855(2017). https://doi.org/10.1063/1.4985497
Zare, A., Dehghanitafti, A. A., Rahaei, Z., Jambarsang, S., & Tolide, M. (2021). Comparison of the Effect of Traffic Park-Based and School-Based Educational Interventions on Safe Road Crossing in Yazd Elementary School Students. International Quarterly of Community Health Education. https://doi.org/10.1177/0272684X211004952
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ferderika Tebai, Evi Widowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).