PERILAKU PETUGAS PUSKESMAS DALAM PELAKSANAAN AKREDITASI: SEBUAH ANALISIS DENGAN PENDEKATAN TEORI TRANSTHEORETICAL MODEL (MODEL STAGES OF CHANGE)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.25253Keywords:
Perilaku, akreditasiAbstract
Akreditasi menjadi bagian integral dari upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas, namun, implementasinya seringkali dihadapi oleh berbagai tantangan, salah satunya adalah perubahan perilaku petugas Puskesmas. Pemahaman mendalam mengenai tahapan perubahan perilaku menjadi krusial, mengingat bahwa perubahan tersebut dapat menjadi faktor penentu dalam suksesnya proses akreditasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan pengetahuan terkait perilaku petugas Puskesmas dalam konteks pelaksanaan akreditasi, dengan fokus pada pemahaman dan analisis menggunakan Teori Transtheoretical Model. Telaah literatur ini akan dilakukan dengan menggunakan metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses). Pentingnya komunikasi efektif, pembentukan tim kerja solid, dan pendekatan berkelanjutan untuk intervensi menjadi penekanan kunci dalam memastikan keberhasilan implementasi akreditasi di Puskesmas.Teknologi informasi juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keterlibatan petugas dan memfasilitasi akses terhadap informasi dan pelatihan. Puncak perubahan perilaku terjadi pada tahap Aksi, di mana petugas benar-benar terlibat dalam proses akreditasi. Artikel jurnal memainkan peran kunci dalam memberikan panduan praktis dan inspirasi melalui studi kasus. Tahap Pemeliharaan menjadi tantangan selanjutnya, di mana artikel jurnal tentang keberlanjutan implementasi memberikan landasan untuk menjaga momentum positif. Secara keseluruhan, integrasi TTM dengan literatur dari artikel jurnal memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana partisipasi petugas Puskesmas dalam proses akreditasi dapat meningkatkan mutu layanan kesehatan. Melalui pemahaman ini, kita dapat mengarahkan upaya menuju sistem kesehatan yang lebih berkualitas, sesuai dengan tujuan pemerintah dan kebutuhan masyarakat.References
Ariyanti, F., & Arofi, S. P. (2021). Studi Mutu (ServQual) dan Kepuasan Pasien Berdasarkan Akreditasi Puskesmas. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 10(03), Article 03. https://doi.org/10.33221/jikm.v10i03.509
Aswar, M. (2019). PERAN PERAWAT DALAM PELAKSANAAN AKREDITASI PUSKESMAS UNTUK PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI KABUPATEN MOROWALI [Other, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG]. http://repository.unika.ac.id/19806/
Suryani, A., Chotimah, I., & Hidana, R. (2019). Analisis Proses Akreditasi Puskesmas Sindang Barang Kota Bogor Tahun 2018. PROMOTOR, 2(2), 87-100.
Batubara, S., Napitupulu, L. R., Kasim, F., Manalu, E. D., & Jauhari, W. (2019). HUBUNGAN STATUS AKREDITASI PUSKESMAS DENGAN MUTU PELAYANAN DI KABUPATEN SIMALUNGUN. Wahana Inovasi?: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(1), Article 1. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/1440
Daeyani, R. (2018). KEBERLANJUTAN IMPLEMENTASI PROGRAM AKREDITASI PUSKESMAS PASCA TERAKREDITASI DI KABUPATEN LUMAJANG [Universitas Gadjah Mada]. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/163120?msclkid=edb58d11c47b11ec9d5f
Ensha, I. S. (2018). Pengaruh Implementasi Kebijakan Akreditasi Puskesmas terhadap Manajemen Pelayanan Kesehatan Masyarakat dalam Mewujudkan Produktivitas Kerja. Jurnal Publik?: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara, 12(01), Article 01. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPB/article/view/283
Eviheryanto, E., & Syakurah, R. A. (2023). Workshop Instrumen Akreditasi Puskesmas Di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i1.1098
Hidayat, A. W., Setianingsih, L. E., & Hutagaol, E. K. (2023). Workshop Persiapan Akreditasi Di Klinik Pratama Mitra Sehat KD. Waringin Tahun 2022. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5590
Lailatul Maghiroh, -, & Thinni Nurul Rochmah, -. (2017). ANALISIS KESIAPAN PUSKESMAS DEMANGAN KOTA MADIUN DALAM MENGHADAPI AKREDITASI. JURNAL MKMI, 13(4), Article 4. https://journal.unhas.ac.id/index.php/mkmi/index
Darajatun, R. H., Nurdin, N., & Kesumah, N. (2023). Pengaruh Status Akreditasi Puskesmas terhadap Indeks Kepuasan Pasien di Puskesmas. Jurnal Sosial dan Sains, 3(4), 375-381.
Mawarni, D., Sabran, S., Puspitasari, S. T., & Wardani, I. M. K. (2022). GAMBARAN AKREDITASI PUSKESMAS INDONESIA BERDASARKAN DATA SEKUNDER DARI RISET FASILITAS KESEHATAN 2019. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 18(1), Article 1. https://doi.org/10.19184/ikesma.v18i1.26551
Ningrum, E. N., & Wati, E. (2020). HUBUNGAN AKREDITASI PUSKESMAS DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KABUPATEN BANYUMAS. Human Care Journal, 5(3), 732–741. https://doi.org/10.32883/hcj.v5i3.755
Nugroho, A. P., Ardani, I., & Effendi, D. E. (2023). Dampak Kebijakan Akreditasi Puskesmas dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v14i1.3039
RINGRIH, I. A. (2022). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN AKREDITASI PUSKESMAS DI KOTA MAKASSAR = IMPLEMENTATION OF PUBLIC HEALTH CENTER ACCREDITATION POLICY IN MAKASSAR CITY - Repository Universitas Hasanuddin. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/16863/#
Septiani, F., Batara, A. S., & Patimah, S. (2021). Analisis Kesiapan Puskesmas Cendrawasih Kota Makassar dalam Implementasi Akreditasi Puskesmas Tahun 2019. Window of Public Health Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.33096/woph.v2i1.129
Simanjuntak, E., & Insani, F. (2021). Tinjauan Sistem Penyelenggaraan Rekam Medis Menurut Standart Akreditasi Puskesmas di Puskesmas Pangakalan Berandan Tahun 2020. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 6(2), Article 2. https://doi.org/10.52943/jipiki.v6i2.587
Stevani, Y. (2019). Proses Persiapan Akreditasi Puskesmas Kertek II. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/higeia.v3i1.24881
Gultom, J. E., & Nyorong, M. (2021). Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Akreditasi Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Siatas Barita. Journal of Borneo Holistic Health, 4(2), 119-122.
Sutanti, D., Suparman, R., Setianingsih, T., & Badriah, D. L. (2022). STUDI ANALISIS KETERCAPAIAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN AKREDITASI PUSKESMAS DAN KINERJA PUSKESMAS DI KABUPATEN KUNINGAN. Journal of Public Health Innovation, 2(02), 189–198. https://doi.org/10.34305/jphi.v2i02.462
Syukriadi, S. (2022). UPAYA MENINGKATKAN CAPAIAN AKREDITASI PUSKESMAS DI WILAYAH KERJA DINAS KESEHATAN KABUPATEN ROKAN HULU. JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.31596/jkm.v10i1.1015
Tawalujan, T. W., Korompis, G. E. C., & Maramis, F. R. R. (2018). HUBUNGAN ANTARA STATUS AKREDITASI PUSKESMAS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI KOTA MANADO. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 7(5), Article 5. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/kesmas/article/view/22336
Trisna, I. N. P., & Raharjo, B. B. (2019). Status Akreditasi Puskesmas dengan Tingkat Kepuasan Pasien. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/higeia.v3i2.27138
Tulenan, R. G., Kolibu, F. K., & Maramis, F. R. R. (2023). HUBUNGAN ANTARA STATUS AKREDITASI DENGAN KEPUASAN PASIEN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAKAS DAN KAKAS BARAT KABUPATEN MINAHASA. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.20037
Utami, S. N., & Lubis, S. (2021). EFEKTIVITAS AKREDITASI PUSKESMAS TERHADAP KUALITAS PUSKESMAS MEDAN HELVETIA. PUBLIK REFORM?: JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.46576/jpr.v8i2.1658
Valentina, V. (2019). Tinjauan Sistem Penyimpanan Rekam Medis Menurut Standar Akreditasi Puskesmas Di Puskesmas Sukaramai Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 4(1), 554–559. https://www.neliti.com/publications/299216/
Wulandari, R. D., Ridho, I. A., Supriyanto, S., Qomarrudin, M. B., Damayanti, N. A., Laksono, A. D., & Rassa, A. N. F. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Akreditasi Puskesmas terhadap Kepuasan Pasien. http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3906
Yewen, M. R., Korompis, G. E. C., & Kolibu, F. K. (2018). HUBUNGAN ANTARA STATUS AKREDITASI PUSKESMAS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI KOTA SORONG PROVINSI PAPUA BARAT. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 7(5), Article 5. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/kesmas/article/view/22142
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Darman Darman, Eko Winarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).