PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TERHADAP PENCEGAHAN HIV/AIDS MELALUI PEER EDUCATION : LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.25093Keywords:
Peer education, pengetahuan, sikap, remaja, HIV/AIDSAbstract
Masa remaja dipandang sebagai usia yang rentan terhadap HIV/AIDS karena remaja kurang mengetahui informasi mengenai HIV/AIDS, ditambah lagi perubahan perilaku remaja yang mengarah ke hal negatif. Untuk mempengaruhi pandangan remaja dan mendorong perilaku yang sehat, berperilaku baik, dan mengarah pada perubahan perilaku yang bermanfaat, pengetahuan sangatlah penting. Sehingga salah satu strategi mencegah penularan HIV/AIDS adalah intervensi peer education. Peer education adalah proses berbagi pengetahuan dan pengalaman di antara anggota kelompok yang memiliki keprihatinan dan karakteristik yang sama, untuk mencapai hasil kesehatan yang positif penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dan sikap remaja terhadap pencegahan HIV/AIDS melalui peer education. Metode yang digunakan pada penulisan artikel ini merupakan literature review. Pencarian artikel nasional dan internasional memakai database yang sesuai yaitu google scholar dan pubmed dengan pengecekan indeks melalui SINTA dan Scopus. Artikel kemudian dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi yang telah ditentukan yaitu terbit 5 tahun terakhir (dari tahun 2019-2023), artikel original, artikel dapat di akses secara penuh. Sehingga menghasilkan total 9 artikel. Hasil penelitian dari 9 artikel yang mencakup 6 artikel jurnal nasional dan 3 artikel jurnal internasional, menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan dan sikap remaja terhadap pencegahan HIV/AIDS melalui peer education. Temuan studi ini menunjukkan ada peningkatan pengetahuan dan sikap remaja terhadap pencegahan HIV/AIDS melalui peer education.References
Aisyah, S. and Fitria, A. (2019) ‘Hubungan pengetahuan dan sikap remaja tentang HIV/AIDS’, Jurnal Bidan Komunitas, 2(1), p. 1.
Akuiyibo, S. et al. (2021) ‘Impact of peer education on sexual health knowledge among adolescents and young persons in two North Western states of Nigeria’, Reproductive Health, 18(1), pp. 1–8. doi:10.1186/s12978-021-01251-3.
Astari and Fitriyani (2019) ‘PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PENCEGAHAN HIV-AIDS DI SMK KORPRI MAJALENGKA’, Jurnal Sehat Masada, 10. doi:10.38037/jsm.v16i1.288.
Budiarti, R. et al. (2022) ‘Pengaruh Peer Educator Dengan Tenaga Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang HIV / AIDS di SMAN2 Kecamatan TBT’, 13(2), pp. 33–44.
Ceylan, E. and Koç, A. (2021) ‘Effect of peer education model on nursing students’ knowledge and attitudes towards HIV/AIDS’, Nurse Education Today, 99(November 2020). doi:10.1016/j.nedt.2021.104808.
Dewi Ariyani Wulandari, N.Y.S. (2021) ‘EFEKTIVITAS PEER EDUCATION UNTUK REMAJA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PENCEGAHAN HIV AIDS’, Sustainable Development Goal 3 [Preprint]. doi:10.4324/9781003220169.
Ditjen P2P (2022) ‘Laporan Eksekutif Perkembangan HIV AIDS dan Penyakit Menular Seksual (PIMS) Triwulan I Tahun 2022’, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia [Preprint]. Available at: https://hivaids-pimsindonesia.or.id/download/file/LaporanTW_I_2023.pdf.
Ghasemi, V. et al. (2019) ‘The effect of peer education on health promotion of iranian adolescents: A systematic review’, International Journal of Pediatrics, 7(3), pp. 9139–9157. doi:10.22038/ijp.2018.36143.3153.
Harianti, R., Nurjanah, T. and Hasrianto, N. (2021) ‘Peer education as a method in sexual , reproductive health promotion and risk communication for adolescent Peer education sebagai metode promosi kesehatan seksual , reproduksi dan komunikasi resiko pada remaja’, Jurnal Kajian Komunikasi, 9(2), pp. 213–223. Available at: http://jurnal.unpad.ac.id/jkk.
He, J. et al. (2020) ‘Peer education for HIV prevention among high-risk groups: A systematic review and meta-analysis’, BMC Infectious Diseases, 20(1). doi:10.1186/s12879-020-05003-9.
Irwan, I. and Abudi, R. (2020) ‘Risiko Penularan HIV/AIDS pada Pekerja Seks Komersial (PSK) di Provinsi Gorontalo.’, Journal Health & Science?: Gorontalo Journal Health and Science Community, 2(2), pp. 274–282. doi:10.35971/gojhes.v2i2.5271.
Joorbonyan, H., Ghaffari, M. and Rakhshanderou, S. (2022) ‘Peer-led theoretically Desinged HIV/AIDS prevention intervention among students: a case of health belief model’, BMC Public Health, 22(1), pp. 1–10. doi:10.1186/s12889-021-12445-6.
Kemenkes (2019) ‘LAPORAN PERKEMBANGAN HIV AIDS DAN PENYAKIT INFEKSI MENULAR SEKSUAL (PIMS) TRIWULAN II TAHUN 2019’, pp. 1–168.
Kementerian Kesehatan, P.D. (2017) ‘Pedoman PBR.pdf’, p. 6.
Purba, S.D., Saragih, F.L. and Octavia, Y.T. (2021) ‘Pengaruh Peer Educatioan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Dalam Pencegahan Hiv/Aids’, Jurnal Online Keperawatan Indonesia, 4(2), pp. 89–95. doi:10.51544/keperawatan.v4i2.2343.
Sabriyanti Try, Usman, A. (2020) ‘EFEKTIVITAS PROMOSI KESEHATAN DENGAN METODE PEER EDUCATOR TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN HIV / AIDS PADA SISWA SMA NEGERI 3 PAREPARE Effectiveness of Health Promotion Using the Peer Educator Method Against the Level of Knowledge of’, Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 3(2), pp. 175–185.
Safitri, S. (2021) ‘Peer Education sebagai Upaya Pencegahan HIV/AIDS’, Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 3(1), p. 87. doi:10.36565/jak.v3i1.161.
Sumartini, S. and Maretha, V. (2020) ‘Efektifitas Peer Education Method dalam Pencegahan HIV/AIDS terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja’, Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 6(1), pp. 77–84. doi:10.17509/jpki.v6i1.21130.
WHO (2023) HIV dan AIDS, WHO. Available at: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hiv-aids.
Yuliani Winarti, R.E. (2019) ‘Effectiveness of Peer Education Method in Increasing Knowledge and Attitude Towards HIV/AIDS Prevention among Students in Samarinda’, Indonesian Journal Of Nursing Practices, 3 (2)(Desember), pp. 105–110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Isnar Alfadilah Surya Ningsih, Meilia Rahmawati Kusumaningsih, Friska Realita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).