PERBEDAAN KETAHANAN AKADEMIK (ACADEMIC HARDINESS) MAHASISWA UICI DITINJAU DARI PENGGUNAAN PLATFORM AIDSTLS DAN LMS SEVIMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.25066Keywords:
Ketahanan Akademik, AIDSTLS, SevimaAbstract
Perkembangan media pembelajaran pada saat ini semakin meningkat seiring berkembangnya teknologi. Hal ini dapat dilihat dari munculnya berbagai inovasi media pembelajaran yang memudahkan para mahasiswa untuk dapat menjalani perkuliahan melalui platform pembelajaran yang berbasis online. Hal ini seperti yang dijalani oleh para mahasiswa UICI yang menggunakan media pembelajaran berupa AIDSTLS dan Sevima. AIDSTLS dan Sevima merupakan platform pembelajaran yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Kehadiran AIDSTLS dan Sevima membuat para mahasiswa dituntut untuk bisa beradaptasi menghadapi perbedaan cara mengakses bahan ajar, cara belajar, dan lain-lain. Hal ini juga membuat mereka harus siap untuk bisa menghadapi segala macam tantangan dan kesulitan yang bisa muncul saat menjalani proses perkuliahan dengan menggunakan media pembelajaran tersebut. Hal ini membuat pentingnya mahasiswa memiliki ketahanan akademik yang baik dalam proses belajarnya. Ketahanan akademik (academic hardiness) merujuk pada suatu kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap individu untuk dapat menghadapi berbagai macam kesulitan dan tantangan yang muncul saat menjalani proses akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan ketahanan akademik mahasiswa UICI yang menggunakan platform AIDSTLS dan Sevima. Subjek dalam Penelitian ini berjumlah 115 Mahasiswa UICI yang terdiri dari 47 mahasiswa yang menggunakan platform AIDSTLS dan 68 mahasiswa yang menggunakan platform Sevima. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala Revised Academic Hardiness dengan koefisien Cronbach’s Alpha (a=0,878). Analisis statistik yang digunakan adalah Independent Sample T-Test. Hasil dari analisis data menunjukkan nilai signifikansi p=0,057 (p>0,05). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada ketahanan akademik mahasiswa yang menggunakan platform AIDSTLS dan Sevima. Hal ini dapat dikarenakan ketahanan akademik pada mahasiswa dalam menjalani proses belajar tidak hanya dikarenakan media pembelajaran yang digunakan tetapi ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi hal tersebut.References
Aldahwan., N., S., and Alsaeed., N., I. (2020). Use of artificial intelligent in learning management system (lms): A systematic literature review. International Journal of Computer Applications (0975 – 8887) Volume 175– No. 13, August 2020
Anastasia., N., dan Yasmin., M. (2023). Kontribusi hardiness terhadap academic burnout pada mahasiswa baru di universitas negeri padang. CAUSALITA: Journal Of Psychology E-ISSN: 2988-235.
Azizah., J., N., dan Satwika., Y., W. (2021). Hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi selama pandemi covid 19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi Volume 08. Nomor 01. (2021).
Benishek., L., A., et. al. (2005). Development and Evaluation of the Revised Academic Hardiness Scale. Journal of Career Assessment, Vol. 13 No. 1, February 2005 59–76 DOI: 10.1177/1069072704270274.
Chassighnol., M., et al. (2018). Artificial intelligence trends in education: a narrative overview. Procedia Computer Science 136 (2018) 16–24.
Cheng., Y., H., et al. (2019). Academic hardiness and academic self-efficacy in graduate studies. Higher Education Research & Development 2019, VOL. 38, NO. 5, 907–921 https://doi.org/10.1080/07294360.2019.1612858.
Firat., M. (2016). Determining the effects of lms learning behaviors on academic achievement in a learning analytic perspective. Journal of Information Technology Education: Research Volume 15, 2016
Haeruman., L., D., dkk. (2021). Efektivitas blended learning berbasis lms dalam pembelajaran matematika. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah) Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021.
Hariyanti., W., S., dan Fadlillah., D., F.(2021). Faktor protektif yang berkontribusi pada
ketahanan akademik: Sistematik reviu. Proseding Konferensi Nasional Peneliti Muda Indonesia 2021 Vol.5, No.5.
Heckman., C., J. and Clay., D., L. (2015). Hardiness, History of Abuse and Women’s Health. Journal of Health Psychology Vol 10(6) 767–777 DOI: 10.1177/1359105305057312
Huang., J., et al (2021). A Review on artificial intelligence in education. Academic Journal of Interdisciplinary Studies Vol 10 No 3 May 2021.
Kowalski., C., M., and Schermer., J., A. (2018). Hardiness, Perseverative Cognition, Anxiety, and Health-Related Outcomes: A Case for and Against Psychological Hardiness. Journals.sagepub.com/home/prx DOI: 10.1177/0033294118800444.
LMS Spada. (2020). Teknologi Pendidikan. Diakses pada tanggal 23 desember 2023 di https://lmsspada.kemdikbud.go.id/mod/page/view.php?id=82878.
Ma., W., and Adesope., O., O. (2014). Intelligent tutoring systems and learning outcomes: A meta-analysis. Journal of Educational Psychology 2014, Vol. 106, No. 4, 901–918.
Maddi, S.R. (2006). Hardiness: The Courage to Grow from Stresses. The Journal of Positive Psychology. 1 (3). 160-168.
Merdeka.com. (2022). Contoh kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia, lengkap di berbagai aspek. Diakses pada tanggal 23 desember 2023 di https://www.merdeka.com/trending/contoh-kemajuan-teknologi-dalam-kehidupan-manusia-lengkap-di-berbagai-aspek-kln.html
Nugroho., F., W., dan Karyono (2014). Hubungan antara hardiness dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Empati Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro doi.org/10.14710/empati.2014.7540
Sari., J., P., dan Zaharuddin. (2023). Academic hardiness mahasiswa tingkat akhir yang aktif organisasi dan bekerja part time. Indonesian Journal of Behavioral Studies Vol. 3 No. 1 Juni 2023.
Sarwono., E., A., dan Ariana., A., D. (2022). Hubungan antara Hardiness dengan Academic Burnout pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Unair. https://repository.unair.ac.id/117152/1/Hubungan%20antara%20Hardiness%20dengan%20Academic%20Burnout%20pada%20Mahasiswa%20yang%20Sedang%20Mengerjakan%20Skripsi.pdf
Sevima. (2023). Apa itu Sevima? Profil dan Sejarah Edtech Yang Sudah 2 Dekade Merevolusi Pendidikan Tinggi Indonesia. Diakses pada tanggal 23 Desember 2023 di https://sevima.com/apa-itu-sevima-profil-dan-sejarah-edtech-yang-sudah-2-dekade-merevolusi-pendidikan-tinggi-indonesia/
Sevima. (2023). Apa Itu LMS (Learning Management System), Pengertian, Manfaat dan Penerapannya. Diakses pada tanggal 23 Desember 2023 di https://sevima.com/pengertian-learning-management-system/
Sevima Edlink. (2019). Edlink:Platform Pembelajaran Kreasi Anak Bangsa. Diakses tanggal 23 Desember 2023 di https://edlink.id/
Shabrina., S. dan Hartini., N. (2021). Hubungan antara hardiness dan daily spiritual experience dengan kesejahteraan psikologis mahasiswa. e journal.unair.ac.id/index.php/Brpkm.
Subiyantoro., S., dan Ismail. (2017). Dampak learning management system (lms) pada performa akademik mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 2 (4), 2017
Sulastri dan dan Yustra., Z. (2023). Kontribusi academic hardiness dan grit terhadap prokrastinasi akademik. Journal Of Social Science Research Volume 3 Nomor 3 Tahun 2023.
Trihendradi., C. (2012). Step By Step Spss 20 Analisis Data Statistik.Yogyakarta: Andi
Umayah., U., dan Riwanto., M., A. (2020). Transformasi Sekolah Dasar Abad 21 New Digital Literacy untuk Membangun Karakter Siswa Di Era Global. Jurnal pancar (pendidik anak cerdas dan pintar) Vol. 4 No. 1 (2020)
UICI. (2021). Universitas insan cita indonesia (uici): The first di digital university in indonesia. Diakses pada tanggal 23 desember 2023 di https://uici.ac.id/
UICI. (2022). Tutorial penggunaan dan keunggulan AIDSTLS (Video). Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=-rxqn83-GJc.
Zhavira., R., dan Palupi., L., S. (2022). Academic hardiness and psychological well-being among university students (Ketangguhan akademis dan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa). Insan Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental 2022, Vol. 7(2), 145-155 doi: 10.20473/jpkm.v7i22022.145-155.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nourma Ayu Safithri Purnomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).