PENERAPAN PATH ANALYSIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP NET BENEFIT DAN INTENSITAS PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS)

Authors

  • Ratna Wulandari Prodi D3 Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera Semarang
  • Eleonora Maryeta Toyo Prodi D3 Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera Semarang
  • Wasis Utami Prodi D3 Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.24842

Keywords:

Intensitas pengguna; net benefit

Abstract

Kepuasan adalah target dalam sebuah pelayanan.  Pelayanan kesehatan adalah segala upaya kegiatan pencegahan dan pengobatan penyakit. Semua upaya dan kegiatan meningkatkan dan memulihkan kesehatan yang dilakukan oleh petugas kesehatan dalam mencapai masyarakat yang sehat. Rumah Sakit salah satu tempat dalam pelayanan kesehatan. ). Rumah sakit mempunyai sistem informasi managemen yang biasa disebut dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dalam melaksanakan pelayanannya. SIMRS yang baik dibutuhkan untuk mencapai kepuasan dalam pelayanan di Rumah Sakit.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan pengguna terhadap net benefit dan intensitas pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Metode Penelitian analisis kuantitatif dengan pendekatan crossectional. Populasi dan sampel penelitia ini diambil secara probability sampling, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian kuisioner dengan skala likert. Analisa data kuantitatif menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis). Populasi penelitian ini adalah pengguna SIMRS di RSI Sultan Agung Semarang bagian Instalasi Rawat Inap MCEB, Instalasi Farmasi Rawat Inap, Rawat Jalan meliputi Tenaga Teknis Kefarmasian, Apoteker, Perawat, berjumlah 174 orang. Sampel diambil berdasarkan perhitungan rumus slovin yaitu sebanyak 122 responden dengan tekhnik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei – Juli 2023 dengan variable penelitian adalah kepuasan penggun, net benefit dan intensitas pengguna kepuasan pengguna dilihat dari kepuasan terhadap  sistem, kelengkapan informasi pada sistem dan layanan staff Information Technology (IT). Hasil Nilai t hitung dibandingkan dengan nilai t tabel, yaitu 3,89 >1,96. Kesimpulan kepuasan pengguna berpengaruh secara langsung tehadap intensitas pengguna dan net benefit Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)

References

Agarwal, N. K., Mitiku, T., & Lu, W. (2022). Disconnectedness in a connected world: why people ignore messages and calls. Aslib Journal of Information Management, 74(4), 650-672.

Beatrix, G. (2022). Literature review enterprise information system user satisfaction: data quality analysis, information quality, and service quality. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 3(4), 593-600.

Djamaluddin, F., Imbaruddin, A., & Muttaqin. (2019). Kepatuhan Pelayanan Farmasi di Klinik di Rumah Sakit Dr Wahidin Sudirohusodo. Jurnal Administrasi Negara, 25, 176–193

Fenando, F., Santi, R., & Afrianni, N. (2019). Pemanfaatan Human Organization Technology-Net Benefit untuk Mengukur Sistem Informasi E-Ticketing pada PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO). JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 5 (1), 27-38. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jusifo.v5i1.5006

Handayani, P. W., Hidayanto, A. N., Pinem, A. A., Hapsari, I. C., Sandhyaduhita, P. I., & Budi, I. (2017). Acceptance model of a hospital information system. International journal of medical informatics, 99, 11-28

Irfan, M. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Net Benefits Pemakaian Sistem Pembayaran Briva Dengan Variabel Intervening Kepuasan Pengguna (Validasi Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone Dan Mclean) (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia).

Jo, H., & Park, D. H. (2023). Mechanisms for successful management of enterprise resource planning from user information processing and system quality perspective. Scientific Reports, 13(1), 12678.

Kanan, M. (2023). Investigating the relationship between information quality, system quality, service quality, and supply chain performance in the manufacturing sector of Saudi Arabia: An empirical study. Uncertain Supply Chain Management, 11(4), 1589-1598.

Lisa, N., & Ardianto, Y. T. (2023). Analysis of the effect of system quality and information quality on net benefits through user satisfaction of the Basic Education Data Information System (DAPODIK) in all junior high schools in Manggarai Regency. East African Scholars Journal of Economics, Business and Management, 6(10), 365-373.

Megawaty, F., Kumala, S., & Keban, S. A. (2020). Evaluasi Pelayanan Pemantauan Terapi Obat di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Tangerang ( Evaluation of Therapeutic Drug Monitoring Services in Tangerang X Hospital). 18(1), 28–33.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2013 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Jakarta

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Meteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta.

Peng, Y., Welden, N., & Renaud, F. G. (2023). A framework for integrating ecosystem services indicators into vulnerability and risk assessments of deltaic social-ecological systems. Journal of Environmental Management, 326, 116682.

Puspitasari, T. D., Putra, D. S. H., & Roziqin, M. C. (2017). Penerapan PATH Analysis Kepuasan Pengguna Terhadap NET-BENEFIT dan Intensitas Pengguna SIMRS. Prosiding.

Seifermann, S., Heinrich, R., Werle, D., & Reussner, R. (2022). Detecting violations of access control and information flow policies in data flow diagrams. Journal of Systems and Software, 184, 111138.

Wulandari. (2016). Hubungan Antara Persepsi Pada Pelayanan Administrasi Rawat Inap Dengan Kepuasan Keluarga Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional, 3(2).

Zhang, W., Sun, L., Wang, X., & Wu, A. (2022). The influence of AI word?of?mouth system on consumers' purchase behaviour: The mediating effect of risk perception. Systems Research and Behavioral Science, 39(3), 516-530.

Downloads

Published

2024-02-11

How to Cite

Wulandari , R. ., Toyo , E. M. ., & Utami , W. (2024). PENERAPAN PATH ANALYSIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP NET BENEFIT DAN INTENSITAS PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS). Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 606–614. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.24842

Issue

Section

Articles