ANALISIS BAURAN PEMASARAN MEDICAL CHECK UP RUMAH SAKIT RSUD BIMA DALAM RANGKA PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN TAHUN 2020
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.24334Keywords:
Bauran pemasaran, Medical Check UP, UP Rumah Sakit RSUD Bima.Abstract
Medical Check Up (MCU) adalah salah satu bagian pelayanan di rumah sakit dalam usaha pencegahan dan mendeteksi penyakit sejak dini. Rumah Sakit RSUD Bima telah melayani pasien yang berasal dari perorangan ataupun yang berasal dari instansi langganan. Masalah yang ditemukan di MCU secara umum adalah jumlah kunjungan pelangan instansi yang cendrung naik turun. Penelitian ini dilaksanakan Di Rumah Sakit RSUD Bima terhadap kepuasan pelanggan Medical Check Up. Waktu penelitian rencana dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2020. Penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan sacara kuantitatif dan dilengkapi kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional (Potong lintang). Hasil penelitian menunjukan bahawa Terdapat hubungan yang bermakna antara usia 31-50 tahun dengan kunjungan MCU. Hasil uji Chi Square (P?value = 0,005), ada hubungan produk dengan kunjungan MCU. Hasil uji Chi Square (P?value = 0,005), ada hubungan harga dengan kunjungan MCU. Hasil uji Chi Suare (P?value= 0,000). Hasil Wawancara mendalam disimpulkan bahwa, Manajer Unit MCU hanya menerima hasil dari manajemen bisnis, tidak ikut serta dalam proses penetapan harga, Manajer Unit MCU kurang tertarik adanya potongan harga atau tidak, Manajer mempunyai produk yang terbaru, yaitu pemeriksaan rapidReferences
Assauri, Sofjan. (2014). Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi. Depok:
Rajagrafindo Persada.
Azwar, Azrul (1996). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan, Penerbit Pustaka Sinar.
Harapan : Jakarta
Azizatul Hamidiyah. 2016 Persepsi pasien tentang kualitas pelayanan dengan minat kunjungan ulang Dinduh https://forikes-ejournal.com/index. 20 Januari 2020
Angeline dewi suhendro dkk 2016. faktor-faktor yang berhubungan dengan minat kunjungan ulang pelayanan antenatal di poliklinik kebidanan rsislam sunan kudus Diunduh di https://media.neliti.com/media/publications/89946-ID-faktor-faktor-yang-berhubungan-dengan-mi.pdf 26 Mei 2020
Azizatul Hamidiyah. 2016. Persepsi pasien tentang kualitas pelayanan dengan minat kunjungan ulang
Angeline Dewi Suhendro dkk 2016. Faktor-faktor yang berhubungan dengan minat kunjungan ulang pelayanan antenatal di poliklinik kebidanan rsislam sunan kudus
Ayu Sariyani Harahap 2017. Gambaran bauran pemasaran layanan medical check up(mcu) di rumah sakit muhammadiyah taman puring tahun 2017
Bagus Kurniawan 2019. Analisis pemanfaatan layanan Medical check-Up Di rumah sakit Tk.ii moh. Ridwan meuraksa jakarta timur tahun 2019
Dian 2012. Analisis Buruan Promosi layanan Medica Check up dari Rumah Sakit PMI Bogor
Drs. Halomoan Harahap, M.Si 2012. Hubungan tingkat pengetahuan tentang mesin dual source ct scan dengan minat masyarakat untuk melakukan medical check up (mcu) jantung di siloam hospitals lippo karawaci
Eka dkk 2017. pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan minat
Kunjungan ulang pasien di wilayah kerja puskesmas Mandai kabupaten maros tahun 2017.
Elisa, Divianto, Manuel Hutagaol. 2014. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pasien Medical check up (mcu) pada rumah sakit dr. Ak. Gani
Palembang
Eka dkk 2017. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan minat Kunjungan ulang pasien di wilayah kerja puskesmas Mandai kabupaten maros
Fitri 2017. Analisis faktor internal, faktor eksternal dan perilaku konsumen dalam pengembangan strategi pemasaran medical check up di rsud ungaran http://eprints.undip.ac.id/13633/
(Idama,2014). Determinan kepuasan dan loyalitas pelanggan instansidi medical check up rumah sakit siloam hospitals kebon jeruk Diunduh https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Master-32THESIS_Opusunggu.pdf pada tanggal 10 meret 2020
Idama oppusunggu 2014. Determinan kepuasan dan loyalitas pelanggan Instansidi medical check uprumah sakit Siloam hospitals kebon jeruk
Ingkem dkk 2020. Pengembangan Strategi Pemasaran Medical Check Up (MCU) Di Rumah Sakit Anna Medika Bekasi Untuk Meningkatkan Pendapatan. Diunduh di http://www.lib.ui.ac.id. 5 juni 2020
Kotler Philip (2008). Manajemen Pemasaran (Bob Subran, MM). Jakarta: Erlangga
Ni wayan warti 2006. Hubungan tingkat pengetahuan pasien dengan motivasi untuk melakukan medical check up di siloam hospitals kebon jeruk jakarta barat
Permenkes RI Nomor 1596/Men.kes/Per/iI/1998 -Peraturan Menteri Kesehatan RI no 983/Menkes/SK/X1/1992
Pedoman Etika Promosi Rumah Sakit. Jakarta: 2006 SK Menpan No. KEP/25/M.PAN/2/2004 Inpres No. 7 Tahun 1999, Kepmenkes Nomor 1197/MENKES/SK/X/2004 tentang Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit.
Rachmawati Rina. Peranan pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal kompetensi teknik vol.2, No.2, Mei 2011.
Ratna sari, 2010. Hubungan antara kualitas pelayanan medical Check updengan tingkat pemenuhan harapan Pejabat bank indonesia tahun 2010
Ratna dkk 2014. Gambaran bauran pemasaran poliklinik mcu di rspi prof dr sulianti saroso jakarta Di unduh di http://www.lib.ui.ac.id 4 juni 2020.
Ratna sari 2010. Hubungan antara kualitas pelayanan medical Check updengan tingkat pemenuhan harapan Pejabat bank indonesia
Slamet dkk 2016. Analisis Pelaksanaan Medical Check Up (MCU) pada Pegawai Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi
Syarifah Nurhayati dkk 2016. Hubungan antara status medical check up terhadap Kejadian disabilitas fisik pada lansia di kecamatan Punung kabupaten pacitan
Tutut 2017. Sistem informasi manajemen program medical check-up untuk meminimalisir penyakit akibat kerja berbasis web Dan penentuan stok obat dengan metode eoq dan rop (studi kasus : perusahaan gula)
Tilus Astina Halim, 2015. Penerapan Medical Check Up Berkala Sebaga Upaya Pendeteksi Dini Penyakit Akibat Kerja Di Pt. Antam (Persero) Tbk. Gold Mining Business Unit Bogor, Jawa Barat
Undang – undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Laporan Tahunan RSMTP 2014-2016, Jakarta : 2017.
Wijayanti dkk, 2017). Analisa faktor penentu tingkat kepuasan pasien di rumah sakit pku muhammadiyah bantulhttps://media.neliti.com/media/publications/104267-ID-analisa-faktor-penentu-tingkat-kepuasan.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hanafi Hanafi, Hayatun Fuad, Miftahul Jannah, Muhammad Kamal Al Ayubi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).