PENGARUH EDUKASI GIZI SEIMBANG TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA DI SMP YAYASAN PERGURUAN EL HIDAYAH

Authors

  • Dyva Patricia Siahaan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rani Suraya Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Hairini Siregar Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.23496

Keywords:

gizi seimbang, pengetahuaN, remaja

Abstract

Masa Remaja Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 25 tahun 2014 adalah penduduk dalam rentang usia 10 – 18 tahun. Pada masa remaja, kebutuhan energi dan protein meningkat untuk memenuhi kebutuhan untuk pertumbuhan cepat. Kebutuhan protein mengalami peningkatan selama masa remaja karena proses tumbuh kembang berlangsung cepat. Protein akan menggantikan energi sebagai sumber energi jika asupan energi kurang dari kebutuhan. Tidak terpenuhinya gizi pada masa ini dapat menyebabkan gangguan dan hambatan dalam pertumbuhan remaja. Remaja yang berstatus gizi baik menjadi salah satu upaya pencegahan stunting dan penurunan angka kematian ibu dan anak.  Maka diperlukan konsep gizi seimbang agar menghindari dampak yang timbul akibat gizi buruk. Untuk memperbaiki asupan gizi perlu upaya peningkatan pengetahuan gizi melalui edukasi gizi. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini untuk meningkatkan pengetahuan dalam menerapkan kebutuhan gizi seimbang pada masa remaja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik dengan jenis data kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan memberikan kuesioner pre test dan post test. Dengan jumlah responden dalam penyuluhan ini terdiri dari 20 siswa SMP Yayasan Perguruan El Hidayah. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu Hasil pre-test menunjukkan bahwa 5% siswa memiliki pengetahuan kurang, 85% memiliki pengetahuan cukup, dan 10% memiliki pengetahuan baik. Setelah intervensi (post-test), dari 20 siswa didapatkan seluruh siswa tersebut memiliki pengetahuan baik 100%. Simpulan dari penelitian didapatkan bahwa melalui penyuluhan “Gizi Seimbang” menunjukkan bahwa pengetahuan remaja di SMP Yayasan Perguruan El-Hidayah Jl. Binjai K.M 9,1 Desa Lalang, Kecamataan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, meningkat secara signifikan.

References

Adhi, T, K., Lubis, S, D., dkk. (2021). Pendidikan Kesehatan dan Pemenuhan Gizi Seimbang Pada Remaja Putri. Denpasar: Baswara Press.

Agnesia, D. (2020). Peran pendidikan gizi dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang pada remaja di SMA YASMU Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Academics In Action Journal of Community Empowerment, 1(2), 64-76.

Almatsier, Sunita. (2010). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ardyansyah Dhany. (2023). Gizi Seimbang. Jakarta: Bumi Aksara.

Aulia, N. R. (2021). Peran pengetahuan gizi terhadap asupan energi, status gizi dan sikap tentang gizi remaja. Jurnal Ilmiah Gizi Kesehatan (JIGK), 2(02), 31-35.

Damayanti, A. E. (2016). Hubungan Citra Tubuh, Aktivitas Fisik, Dan Pengetahuan Gizi Seimbang Dengan Status Gizi Remaja Putri (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Depkes Ri. (2013). Angka Kecukupan Gizi (Akg) 2013.

Fauzi, C. A. (2012). Analisis pengetahuan dan perilaku gizi seimbang menurut pesan ke-6, 10, 11, 12 dari pedoman umum gizi seimbang (pugs) pada remaja. Indonesian Journal of Reproductive Health, 3(2), 91-105.

Fitria, F., Musniati, N., & Mulyawati, D. A. (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan tentang Gizi Seimbang pada Siswa SMA Muhammadiyah 13 Jakarta. Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF), 3(1), 11-16.

Frisda, B. N., Widati Fatmaningrum, W., & Ningtyas, W. S. (2022). Pendidikan Gizi Seimbang Dengan Media Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Remaja. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 1988-1998.

Khomsan, Ali., 2007. Peranan pangan dan gizi untuk kualitas hidup. Jakarta: PT. Grasindo.

Kusumajaya, Y. (2007). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Remaja (SMP) di Wilayah DKI Jakarta. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (Doctoral dissertation, Tesis).

Nuryani, N. (2019). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Gizi Seimbang Pada Remaja. Ghidza: Jurnal Gizi dan Kesehatan, 3(2), 37-46.

Pakhri, A., Sukmawati, S., & Nurhasanah, N. (2018). Pengaruh Edukasi Gizi terhadap Pengetahuan Gizi dan Asupan Energi, Protein dan Besi Pada Remaja. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar, 13(1), 39-43.

Proverawati, Atikah dan Kusuma, Erna Wati. (2011). Ilmu Gizi Untuk Keperawatan & Gizi Kesehatan. Yogyakarta: PT Nuha Medika.

Purbaningsih, Y., Jamadi, J., Junianto, P., Fittriya, N. L., & Ekasari, S. (2021). Human Resource Management Strategy Prediction in Small Business Marketing after Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 8316-8326.

Rahmawati, Dania. (N.D.). Kecukupan Energi Protein Dan Status Gizi Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Az-Zahra Demak.

Ramadhani, K., & Khofifah, H. (2021). Edukasi Gizi Seimbang sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan pada Remaja di Desa Bedingin Wetan pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Kesehatan Global, 4(2), 66-74.

Romadlona, A, Nohan., Katmawanti, S., dkk. (2023). Gizi Seimbang Remaja. Denpasar: Pt Limajari Indonesia.

Setyawati, V. A. V., Gz, S., & Gizi, M. (2023). Understanding Remaja, Gizi Dan Kesehatan. Deepublish.

Suryani, D., Hafiani, R., & Junita, R. (2015). Analisis pola makan dan anemia gizi besi pada remaja putri Kota Bengkulu. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 10(1), 11-18.

Telisa, I., & Eliza, E. (2020). Asupan zat gizi makro, asupan zat besi, kadar haemoglobin dan risiko kurang energi kronis pada remaja putri. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 5(1), 80-86.

Tuzzahroh, F., Soviana, E., Gz, S., Gizi, M., Sudaryanto, R., & GZ, S. (2015). Pengaruh Penyuluhan Gizi Seimbang Dengan Media Video, Poster dan Permainan Kwartet Gizi Terhadap Pengetahuan Gizi dan Status Gizi Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Karangasem Iii Kota Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Wigati, A., & Nisak, A. Z. (2022). Pentingnya Edukasi Gizi Seimbang Bagi Kesehatan Reproduksi Remaja. Jurnal ABDIMAS Indonesia, 4(1), 85-90.

Yuliati, Y., Pramiadi, D., & Rahayu, T. (2014). Efektivitas penggunaan edutainment konseling gizi terhadap pemahaman pemenuhan gizi seimbang pada remaja putri. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2), 160-167.

Downloads

Published

2024-03-17

How to Cite

Siahaan, D. P. ., Suraya, R. ., & Siregar, N. H. . (2024). PENGARUH EDUKASI GIZI SEIMBANG TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA DI SMP YAYASAN PERGURUAN EL HIDAYAH. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 1364–1371. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.23496

Issue

Section

Articles