PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN PERCEIVED VALUE PADA WORD OF MOUTH MELALUI KEPUASAN KONSUMEN APOTEK RESTU FARMA, TABANAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.23058Keywords:
Company Image, Perceived Value, Word of MouthAbstract
Meningkatnya masalah kesehatan dan kebutuhan masyarakat untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik telah memicu peluang besar bagi perusahaan untuk memasuki bisnis penyedia layanan kesehatan dan produk, salah satunya adalah apotek. Pesatnya pertumbuhan bisnis apotek menimbulkan persaingan antar perusahaan yang perlu diantisipasi dengan strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan, nilai yang dirasakan pelanggan, dan citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap word of mouth. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 110 responden, yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, nilai yang dirasakan pelanggan, dan citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Artinya, semakin baik kualitas layanan yang diberikan apotek, semakin tinggi nilai yang dirasakan oleh pelanggan, dan semakin baik citra perusahaan di mata pelanggan, maka semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan. Selain itu, kepuasan pelanggan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth. Ini berarti bahwa pelanggan yang puas cenderung untuk berbagi pengalaman positif mereka dengan orang lain, yang pada gilirannya dapat menarik lebih banyak pelanggan baru dan meningkatkan reputasi apotek. Dengan demikian, fokus pada peningkatan kualitas layanan, penciptaan nilai bagi pelanggan, dan membangun citra perusahaan yang baik sangat penting bagi keberhasilan bisnis apotek dalam menghadapi persaingan yang ketat.References
Value, dan Corporate Image Terhadap Customer Satisfaction serta Dampaknya Terhadap Customer Loyalty (Studi Kasus pada Pelanggan Apotek Kimia Farma Pandanaran Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 9(4).
Andrie, S. C. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pasien Terhadap Words of Mouth Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Haulussy Ambon. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 4(1), 84-94.
Andrie, S. C. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pasien Terhadap Words of Mouth Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Haulussy Ambon. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 4(1), 84-94.
Huang, C.-L., & Yuan, K. (2015). The influence of perceived value on repurchase intention: A leading 3C retailer in Taiwan as an example. International Journal of Information Technology and Business Management, 43(1), 2304–2337.
Mahiri, E. A. (2020). Pengaruh brand image dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 227–238.
Marlina, S., & Wufron, W. (2021). Kualitas Pelayanan Berpengaruh Positif terhadap Kepuasan Pelanggan Café di Kabupaten Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, 20(2), 115-121.
Netriadi, L., & Firdaus, T. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Puskesmas Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Matua Jurnal, 3(1), 91-106.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Angelia Wulansari, Ni Putu Padmaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).