UPAYA EFISIENSI WAKTU TUNGGU PASIEN BPJS PADA PELAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT MATA PROVINSI SULAWESI UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.23033Keywords:
Efisiensi, Waktu tunggu, Lean manajemenAbstract
Rumah sakit merupakan fasilitas penyedia layanan kesehatan yang di dalamnya terdiri dari layanan rawat jalan, rawat inap, gawat darurat serta layanan penunjang lainnya. Adapun salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien adalah terkait dengan waktu tunggu pelayanan yaitu waktu yang dibutuhkan pasien sejak melakukan pendaftaran hingga mendapatkan obat dan pulang. Berdasarkan survei awal yang dilakukan, baik melalui observasi maupun wawancara diperoleh bahwa waktu yang dibutuhkan pasien sejak mendaftar hingga pulang adalah lebih dari waktu yang ditetapkan. Metode lean manajemen berfokus pada efisiensi dan optimalisasi yang diperoleh oleh rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi adanya alur proses yang efisien serta efektif di pelayanan rawat jalan. Penelitian ini merupakan penelitian mix method yang melibatkan 11 responden pasien dan 7 petugas rumah sakit yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata lead time setiap pasien adalah 113 menit. Terdapat 5 kegiatan value added dan 5 kegiatan non-value added. Prosentase kegiatan yang bernilai tambah sebesar 24,57% dengan total waktu 32 menit, sedangkan yang tidak bernilai tambah sebesar 71,42% dengan total waktu 81 menit. Peneliti merekomendasikan sebanyak sebelas usulan perbaikan jangka pendek, menengah dan jangka Panjang yaitu visual management, 5S, pendaftaran melalui telepon, standardize, customer care, petunjuk alur pelayanan, penambahan alat sidik jari, kebijakan direksi terkait proses pelayanan dirawat jalan, retensi berkas rekam medik, elektronik rekam medik dan continuous quality improvement.References
AIHW. (2009). Outpatient Care. Australian Institute of Healthcare and Welfare. http://www.aihw.gov.au/haag09-10/outpatient-care/ Diakses 27 September 2022.
Annisa, S, R., Syabil, S., Yusuf, H,A & Iswanto, A, H.(2023). Penerapan Lean Manajemen Pada Pelayanan Rawat Jalan Pasien BPJS Rumah Sakit. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan Vol.3, No.2 Juli 2023.
Black, J.R & Miller, D. (2008). Toyota Way to Healthcare Excellence: Increase Efficiency and Improve Quality with Lean. Health Administration Press, Chicago. Available from: Proquest Ebook Central.
Crawford, M. (2016). 5 Lean Principles Every Engineer Should Know. https://www.asme.org/engineering-topics/articles/manufacturing-design/5-lean-principles-every-should-know
Depkes RI. (2008). Kepmenkes No. 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.
Eaton, M.(2009). Uncovering Lean. Based on the book “Lean for Practitioner”. United Kingdom.
Graban, M. (2009). Lean Hospital Improving Quality, Patient Safety and Employee Satisfaction. New York: Taylor & Francis Group.
Graban, M. (2009). Lean Hospital Improving Quality, Patient Safety and Employee Engagement, 2nd ed. New York: CRP Press Taylor & Francis Group.
Naidoo, L.,Mahomed, O, H. (2016). Impact of Lean on patient cycle and waiting times at a rural district hospital in Kwazulu-Natal. Health care fam med, 8(1), a1084. http://dx.doi.org/10.4102/phcfm.v8il.1084
Liker J.K & David, M.(2006) The Toyota Way Fieldbook The Mc Graw Hill Companies, alih bahasa oleh Erlangga.
Lindenau, S, V. (2011). Lean Managemant in Hospital: Principles and Key Factors for Successful Implementation. Diplomica Verlag, Hamburg. Available from: Proquest Ebook Central.
Martin., Karen & Osterling, M. (2014). Value Stream Mapping. New York: The Mc Graw Hill Education.
Mokolensang, O,G., Manampiring, A & Posangi, J. (2023). Analisis Konsep Hospital Without Wall Pada Pelayanan Kelainan Refraksi Di UPTD Rumah Sakit Mata Provinsi Sulawesi Utara. Medical Scope Journal 2024;6(1):105-115.
Pakaya, V., Palendeng, O,L & Kristanti, E. (2020). Emergensy Respond Time, Waktu Tunggu, Waktu Tunggu Rawat Jalan dan Kekerasan Pada Perawat Rumah Sakit. Journal of Public Health and Community Medicine, Volume 1, Nomor 3, Juli 2020.
Rossum, L.,Aij,K.H.,Simons, FE.,Eng,N.,Have,W.D. (2016). Lean healthcare from a change management perspective: The role of leadership and worlforce flexibility in an operating theatre. Journal of health organization and management, Vol. 30 No. 3, pp.475-493. http://dx.doi.org/10.1108/JHOM-06-2014-0090
Samdani, A., Meliala, A & Firman, S,E. (2020). Analisis Keaktifan Tim Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Tim Dalam Implementasi Kaixen Di Rumah Sakit Pelni Jakarta. Jurnal Universitas Gajah Mada.
Polii, S, V,G., Ratag, G,A,E & Fatimawali. (2023). Kajian Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di Instalasi Farmasi dan Pengadaan Peralatan Medik di RSU GMIM Siloam Sonder. E-Clinic 2023;Vol.11,No.1:124-135.
Simon, K. (2000). The Cause and Effect Fishbone Diagram. [Online] < https://www.isixsigma.com/tools-template/cause-effect/cause-and-effect-aka-fishbone-diagram/ >
Singal, E,M., Manampiring, A,E & Nelwan, J, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Stress Kerja Pada Pegawai Rumah Sakit Mata Provinsi Sulawesi Utara. Journal of Public Health, Volume 1 Nomor 1.
Sumayku, I, M., Pandelaki, K., Kandou, G,D., Wahongan, P, G & Nelwan, J. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Waktu Tunggu Pelayanan Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Sentra Medika Kabupaten Minahasa Utara. E-Clinic, Volume 11, Nomor 1, Januari-April 2023, Hal 1-10.
Sumule, E.,Ratag, G & Posangi, J. (2021). Potensi Penerapan Konsep Hospital Without Walls Dalam Rangka Menurunkan Angka Cold Case. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, Volume 12 Nomor 2.
Wasetya, D. (2012). Alur Proses Pelayanan Unit Rawat Jalan Dengan Mengaplikasikan Lean Hopital di RS Marinir Cilandak Tahun 2012. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.
Wibowo, A. (2014). Metodologi Penelitian Praktis Bidang Kesehatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rio Windy Sondakh, Jimmy Posangi, Fatimawali Fatimawali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).