PENGARUH TERAPI TERTAWA DALAM MENURUNKAN TEKANAN DARAH LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA

Authors

  • Zulham Efendi STIKes Mercubaktijaya Padang
  • Dedi Adha STIKes Mercubaktijaya Padang
  • Afrizal Afrizal STIKes Mercubaktijaya Padang
  • Febriyanti Febriyanti STIKes Mercubaktijaya Padang
  • Mira Andika STIKes Mercubaktijaya Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.22457

Keywords:

Hipertensi , Lansia, Tekanan darah , Terapi tertawa

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menjadi masalah kesehatan penting diseluruh dunia karena prevalensinya yang tinggi sebesar 31,7% pada tahun 2020 dan terus meningkat. Di Indonesia hipertensi merupakan masalah kesehatan nyata. Dimana prevalensi hipertensi lansia sebesar 45,9%. Salah satu terapi komplementer yang mudah dan efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasi hipertensi pada lansia yaitu dengan terapi tawa. Terapi tertawa adalah terapi relaksasi, mencapai kegembiraan dan memicu endorphin yang menyebabkan penurunan tekanan darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh terapi tawa terhadap tekanan darah lansia penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experimental yaitu satu kelompok desain pra-pasca tes. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling (purposive sampling). Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental design dengan pendekatan one-Group Pre-Post test design, teknik pengambilan sampel purposive sampling jumlah sampel 20 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan paired t test karena data berdistribusi normal. Hasil uji statistik didapatkan nilai p value 0,000 sistole dan 0,000 diastole maka dapat disimpulkan ada pengaruh terapi tertawa terhadap tekanan darah lansia dengan hipertensi    di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai terapi komplementer bagi penderita hipertensi yang dapat akan digunakan oleh masyarakat.

References

Asikin M, dkk. (2016). Keperawatan Medikal Bedah Sistem Kardiovaskuler. Penerbit Erlangga.

Hidayanti., N. (2018). Pengaruh Terapi Tertawa Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Puskesmas Solokanjeruk Kabupaten BandungNo Title. Jurnal Bhakti Kencana.

Kezia, Akde, T., & R. (2020). Literature Review: Pengaruh Terapi Tertawa Terhadap Tekanan Darah Lansia dengan Hipertensi. Jurnal Penelitian Keperawatan, 6(2).

Kushariyadi, S. (2018). Terapi Modalitas Keperawatan Pada Klien Psikogeriatrik (pp. 1–10). Salemba Medika.

Nadirawati, Ismafiaty, D. Y. (2018). The Effect Of Laughing Therapy On Blood Pressure In Elderly With Hypertension Degree Ii At Cipageran Community Health Centre Working Area In Cimahi. Prosiding Pertemuan Ilmiah Nasional Penelitian & Pengabdian Masyarakat (PINLITAMAS 1) Dies Natalis Ke-16 STIKES Jenderal Achmad Yani Cimahi PINLITAMAS 1 |, 1(1).

Niken, S., & D. (2018). Pengaruh terapi tertawa terhadap penurunan tekanan darah lansia di upt panti wredha budhi dharma yogyakarta. Jurnal ilmiah ilmu keperawatan dan ilmu kesehatan masyarakat, 13(1).

Notoatmodjo, S. (2019). METODOLOGI PENELITIAN KESEHATAN. Rineka Cipta.

Noviyanti. (2015). Hipertensi?: Kenali, Cegah, dan obati. In Notebook.

Nurhusna, Y. O. (2018). Pengaruh Terapi Tertawa Terhadap Penurunan Tekanan Darah Penderita Hipertensi Di Puskesmas Olak Kemang Kota Jam. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 1(1).

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (E. Puji Lestari, Ed.). Salemba medika.

Retnaningsih, D. (2018). Keperawatan Gerontik. IN MEDIA. Besty.

RI, K. (2018). Infodatin Situasi Lanjut Usia (LANSIA) di Indonesia. In Drug And Therapeutics Bulletin, 10–16.

RI, K. (2019). “Lansia & Hipertensi,.” 1–10.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Yossi, F. dkk. (2023). Pengaruh Terapi Tertawa Terhadap Tekanan Darah Lansia Dengan Hipertensi Di Wilayahkerja Puskesmas Rasimah Ahmadkota Bukittinggi Tahun 2022. Jurnal Kesehatan Saintika Meditory, 6(1).

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Efendi, Z. ., Adha, D. ., Afrizal, A., Febriyanti, F., & Andika, M. . (2023). PENGARUH TERAPI TERTAWA DALAM MENURUNKAN TEKANAN DARAH LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 7122–7128. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.22457