PROFIL ALUMNI DAN PENGGUNA LULUSAN : ANALISIS TRACER STUDY
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.22451Keywords:
Alumni, Lulusan, Study, TracerAbstract
Tracer Study bertujuan untuk mendapatkan data lulusan, kesesuaian pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, transisi bekerja. Penelitian ini dilakukan sebagai bukti tanggung jawab perguruan tinggi terhadap lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi dari alumni mengenai perkembangan kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja untuk bahan perbaikan kurikulum, menginventarisasi manfaat yang diperoleh alumni selama menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dan melakukan penelusuran tempat kerja, bidang kerja, waktu tunggu memperoleh pekerjaan, pekerjaan sekarang, dan informasi lainnya dari alumni Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional dimana pengumpulan data terjadi pada titik waktu tertentu. Adapun jumlah sampel adalah 221 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 81,4% alumni sudah bekerja atau sudah berwirausaha, 51,1% alumni memiliki masa tunggu kurang dari 1 bulan dalam mendapatkan pekerjaannya setelah lulus, 30,3% alumni memiliki jenis pekerjaan usaha mandiri, dan 66,7% pengguna lulusan adalah sektor swasta, selain instansi Pendidikan dan instansi pemerintahan, dan pengguna lulusan adalah dari Pendidikan profesi dokter. Hasil dari Tracer Study ini akan memberikan manfaat secara langsung bagi FKIK UNIB karena selain menjadi monitoring, Tracer Study dapat berfungsi sebagai feedback bagi program studi untuk mengevaluasi dan memperbaiki kurikulum dan pengelolaan Perguruan Tinggi, agar lulusan dapat mengakomodasi kebutuhan/tuntutan masyarakat dan Perguruan Tinggi.References
Akbar, R., Imilda, Sarboini, & Junaidi. (2022). Socialization of e-Tracer Study for College Alumni. AJAD?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 106–110. https://doi.org/10.35870/ajad.v2i2.75
Aquino, A. B., Punongbayan, E. J., Macalaguim, L. P., Bauyon, S. M., Rodriguez, R. a, & Quizon, G. R. (2015). Teacher Education Graduate Tracer Study from 2010 to 2014 in One State University in Batangas, Philippines. Part II Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 3(5), 45–50. https://www.apjmr.com/wp-content/uploads/2016/01/APJMR-2015-3.5.2.06.pdf
Books, S. (2013). Importing Educators and Redefining What It Means to Be a Teacher in the U.S. Journal for Critical Education Policy Studies, 11(2), 82–123.
Elliyanti, A., Harminarti, N., & Ashal, T. (2008). Alumni Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Tracer Study Fk Unand 2008?: Persepsi. 167–183.
Fajaryati, N., Pambudi, S., Priyanto, P., Sukardiyono, T., Utami, A. D. W., & Destiana, B. (2015). Studi Penelusuran (Tracer Study) Terhadap Alumni Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(1), 44–45. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.10878
Ghassani, N., Ikmaluhakim, D. R., Hajj, D. S., & Afif, H. (2020). Analisa Deskriptif Kualitatif Terhadap Profil Alumni Melalui Hasil Studi Penelusuran ( Studi Kasus?: Teknik Geofisika , FTSPK-ITS ) Results ( Case Study?: Department of Geophysical Engineering , CIVPLAN- Development Goals ( SDGs ), yaitu Pendidikan Berkua. 632–637.
Gines, A. C. (2014). Tracer Study of PNU Graduates. American International Journal of Contemporary Research, 4(3), 81–98.
Herlitah, H. (2018). Study Penelusuran (Tracer Study) Terhadap Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Pakar, 117–122. https://doi.org/10.25105/pakar.v0i0.2708
Kalaw, M. T. B. (2019). Tracer Study of bachelor of science in mathematics. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(3), 537–548. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i3.17343
Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2016). Panduan Hibah Tracer Study. DIKTI. http://tracerstudy.dikti.go.id/upload/1457056734_panduan_hibah_tracer_study_2016_FIX.pdf
Konsil Kedokteran Indonesia. (2006). Standar Kompetensi Dokter. Konsil Kedokteran
Indonesia.
Konsil Kedokteran Indonesia. (2019). Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia. In Konsil Kedokteran Indonesia. Konsil Kedokteran Indonesia.
Martin, J. G. S., Lang-ay, P. L. D., & Guidangen, J. S. (2015). Tracer Study of 2009-2013 Ba History Graduates of the Kalinga- Apayao State College. International Journal of Advanced Research in Management and Social Sciences, 4(12), 197–214.
Maydiantoro, A. (2016). STUDI PENELUSURAN (TRACER STUDY ) ALUMNI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG. 01, 1–23.
Muhammad Saiful Aris Sudianto Nurhidayati. (2019). Penerapan Sistem Informasi Tracer Study untuk Mengetahui Tingkat Kontribusi Perguruan Tinggi dengan Kompetensi Lulusan ( Studi Kasus Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi ). Jurnal Informatika Dan Teknologi, 2(1), 2–3.
Novita, Marlana. Rara, Sri A. Jeffri, A. R. (2015). Tracer Studi Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Stikubank Semarang. Jurnal Dinamika Informatika, 7(2), 75–84.
Odame, L., Osei-Hwedie, B., Nketsia, W., Opoku, M. P., & Nanor Arthur, B. (2021). University preparation and the work capabilities of visually impaired graduates in Ghana: a tracer study. International Journal of Inclusive Education, 25(11), 1287–1304. https://doi.org/10.1080/13603116.2019.1609102.
Santoso, E., & Muharsono, M. (2018). Evaluasi Kompetensi Dan Relevansi Lulusan Pada Dunia Kerja Dengan Tracer Study Di Universitas Tulungagung. Jurnal Benefit, 5(1), 78–85.
Saputra, J., Nurwidyaningrum, D., & Amalia. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Lulusan melalui Tracer Study Prodi D4 Teknik Konstruksi Gedung PNJ. Jurnal Taman Vokasi, 10(1), 1–9.
Schomburg H. (2016). Carrying out tracer studies, guide to anticipating and matching skills and job (6th ed.). Publications Office of the European Union.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukardi TS. (2015). Studi penelusuran S1 kependidikan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 20(4), 196–202.
Susanti, M. D. E., & Wibawa, R. P. (2021). Analisis Tracer Study Untuk Mengkaji Profil Alumni Lulusan Program Studi S1 Teknik Informatika Unesa. JEISBI (Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence), 02(04), 43–48. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/43400%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/download/43400/37140.
Syafiq A. (2008). Tracer Study Univeristy Of Indonesia.
Ulfa Damayanti. (2018). ANALISIS TRACER STUDY LULUSAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL DESAIN FASHION YANG BEKERJA DI BIDANG NON PENDIDIKAN TAHUN LULUS 2014-2017.
Wasito, B., & Birowo, S. (2022). Analisis Tracer Study Program Studi Sistem Informasi Dan TeknikInformatika Pada Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian GiePeriode Lulusan Tahun 2017 – 2021. Jurnal Informatika Dan Bisnis , 11. https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JIB/article/download/884/620
Wijiyanto, S. (2014). PENINGKATAN KOMPETENSI LULUSAN MELALUI TRACER STUDY (Studi Kasus STMIK Duta Bangsa Surakarta). 7(September).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Vernonia Yora Saki, Riry Ambarsarie, Diantha Soemantri, Hesty Rhaudha Ashan, Rizkianti Anggraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).