OPTIMALISASI PERAN KADER POSBINDU PTM DALAM DETEKSI DINI PENYAKIT HIPERTENSI DI PUSKESMAS WAIPARE

Authors

  • Yosephina Maria Hawa Keytimu Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Nusa Nipa
  • Pasionista Vianitati Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.22409

Keywords:

Kader, Keterampilan, Optimalisasi, Pengetahuan, Posbindu

Abstract

Salah satu Upaya pencegahan PTM yaitu melaksanakan Posbindu PTM. Posbindu PTM adalah UKM yang bersumber dari, oleh dan untuk Masyarakat. Sasarannya adalah Masyarakat sehat dan berisiko berusia 15-59 tahun. Hipertensi merupakan salah satu jenis PTM yang dapat membunuh secara diam-diam atau biasa dikenal dengan the silent killer. Prevalensi penyakit Hipertensi naik dari tahun ke tahun sehingga Kerjasama semua pihak sangat penting dilakukan. Kader merupakan salah satu unsur penting dalam membantu tenaga Kesehatan untuk deteksi dini penyakit tidak menular. Salah satu kegiatan posbindu adalah system 5 meja, sehingga pelatihan bagi para kader penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Tujuan penelitian adalah menganalisis optimalisasi peran kader posbindu PTM melalui pelatihan untuk mendeteksi secara dini penyakit hipertensi yang dialami masyarakat di Wilayah kerja Puskesmas Waipare. Penelitian ini menggunakan pre eksperimen dengan disainnya yaitu one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota karang taruna Desa Watuliwung yang akan direkrut menjadi kader posbindu PTM sebanyak 30 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang dengan Teknik sampling yaitu total sampling. Variabel penelitian ini adalah optimalisasi peran kader melalui pelatihan dan pengetahuan dan keterampilan kader. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi, analisis data dalam penelitian ini adalah Wilcoxon sign rank test menggunakan komputerisasi Spss 16.0. Hasil penelitian menunjukkan ada penngkatan pengetahuan dan keterampilan kader sebelum dan sesudah pelatihan serta ada pengaruh antara pelatihan dengan pengetahuan dan keterampilan kader dengan pValue 0,000 artinya ada pengaruh antara pelatihan terhadap pengetahuan dan keterampilan kader sebelum dan setelah mengikuti pelatihan.

References

Al Hadid, L. A., Al Barmawi, M., Al Farajat, L., & Alnjadat, R. (2023). The effect of a clinical training course on new nursing graduates’ knowledge, skills, self-efficacy, and willingness to care for COVID-19 patients using simulation. International Journal of Africa Nursing Sciences, 19(September), 100626. https://doi.org/10.1016/j.ijans.2023.100626

Amandu, G. M., Uys, L. R., Mwizerwa, J., Erejo, A., Cheruto, I. A., & Chota, M. (2013). Introducing a New Cadre into Uganda’s Health Care System: Lessons Learnt from the Implementation Process. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 670–676. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.259

Evans, C. L., Johnson, P., Bazant, E., Bhatnagar, N., Zgambo, J., & Khamis, A. R. (2014). Competency-based training Helping Mothers Survive: Bleeding after Birth for providers from central and remote facilities in three countries. International Journal of Gynecology and Obstetrics, 126(3), 286–290. https://doi.org/10.1016/j.ijgo.2014.02.021

Fuadah, D. Z., & Rahayu, N. F. (2018). Pemanfaatan POS Pembinaan Terpadu (POSBINDU) Penyakit tidak Menular (PTM) pada Penderita Hipertensi. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 5(1), 020–028. https://doi.org/10.26699/jnk.v5i1.art.p020-028

Joubert, A., & Reid, M. (2023). Knowledge, skills, and training community health workers require to contribute to an interprofessional learning initiative. International Journal of

Africa Nursing Sciences, 18(December 2022), 0–2. https://doi.org/10.1016/j.ijans.2023.100531

Karikari, A. K., Amedjake, D., Antwi, J., Agyei-Baffour, P., Mock, C., Edusei, A. K., & Donkor, P. (2023). The knowledge level of nurses managing critically-ill and injured patients in Ashanti Region of Ghana. African Journal of Emergency Medicine, 13(4), 306–310. https://doi.org/10.1016/j.afjem.2023.10.003

Kemenkes RI. (2012). Petunjuk Teknis Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM). Ditjen Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan RI, 1–39. http://p2ptm.kemkes.go.id/uploads/2016/10/Petunjuk-Teknis-Pos-Pembinaan-Terpadu-Penyakit-Tidak-Menular-POSBINDU-PTM-2013.pdf

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil Utama Riskesdas. 57,58.

Koivisto, J. M., Buure, T., Engblom, J., Rosqvist, K., & Haavisto, E. (2023). The effectiveness of simulation game on nursing students’ surgical nursing knowledge—a quasi-experimental study. Teaching and Learning in Nursing, 000, 4–11. https://doi.org/10.1016/j.teln.2023.08.006

Nikkels, A., Berns, P., & Neijenhuis, K. (2023). Communication partner training for SLT students: Changes in communication skills, knowledge and confidence. Journal of Communication Disorders, 105(November 2022), 106366. https://doi.org/10.1016/j.jcomdis.2023.106366

Shrestha, R., Indrasena, B. S. H., Subedi, P., Lamsal, D., Moulton, C., & Aylott, J. (2023). Evaluation of junior doctors’ retention of knowledge and skills after simulation training in shockable rhythm cardiac arrest in a low-resource setting in Nepal. Resuscitation Plus, 15(July), 100448. https://doi.org/10.1016/j.resplu.2023.100448

Song, P., Zhang, Y., Yu, J., Zha, M., Zhu, Y., Rahimi, K., & Rudan, I. (2019). Global Prevalence of Hypertension in Children: A Systematic Review and Meta-analysis. JAMA Pediatrics, 173(12), 1154–1163. https://doi.org/10.1001/jamapediatrics.2019.3310

Ugargol, A. P., Mukherji, A., & Tiwari, R. (2023). In search of a fix to the primary health care chasm in India: can institutionalizing a public health cadre and inducting family physicians be the answer? The Lancet Regional Health - Southeast Asia, 13, 100197. https://doi.org/10.1016/j.lansea.2023.100197

Downloads

Published

2023-12-29