IMPLEMENTASI MODUL BERBASIS ETNOSAINS MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA KEPERAWATAN

Authors

  • Lisa Fradisa Program Studi Diploma III Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Perintis Indonesia
  • Kalpana Kartika Program Studi Diploma III Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Perintis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.22330

Keywords:

Berpikir kritis, Classroom action research, Modul, Etnosains, PBL

Abstract

Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan mengimplementasikan modul Ilmu Biomedik Dasar berbasis etnosains melalui Problem Based Learning  untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa Program Studi Diplomaiga Keperawatan FIKes Universitas Perintis Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang timbul selama proses pembelajaran yaitu keterampilan berpikir kritis mahasiswa masih belum baik, kurang rasa ingin tahu, serta rendahnya pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran Ilmu Biomedik Dasar pada pokok bahasan keseimbangan cairan dan elektrolit. Merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan modul IBD berbasis etnosains dengan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa keperawatan Universitas Perintis. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa keperawatan dalam pembelajaran Ilmu Biomedik Dasar. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, tes hasil belajar mahasiswa, dokumentasi dan catatan lapangan. Pengambilan data dilakukan dengan instrument penilaian aktivitas dan keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui pre test dan post test. Dari hasil tersebut dapat dibandingkan bahwa peningkatan siklus II lebih besar dibandingkan dengan siklus I. Peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada siklus I sebesar 58,56 dan siklus II sebesar 80,68. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan Modul Ilmu Biomedik Dasar berbasis etnosains melalui Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.

References

Agustina, I. (2019). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Pendidikan Matematika I, December. https://www.researchgate.net/publication/341788018%0A

Anwari, A., Nahdi, M. S., & Sulistyowati, E. (2016). Biological science learning model based on Turgo’s local wisdom on managing biodiversity. AIP Conference Proceedings, 1708. https://doi.org/10.1063/1.4941146

Asih, D. A. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Fasilitas Belajar di Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Keterampilan Proses Sains. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 13–21. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1331

Asmara, F. Y. (2015). Validity and Reliability Assessment Tool of Nursing Students Professional Behavior. Jurnal NERS, 10(2), 208. https://doi.org/10.20473/jn.v10i22015.208-216

Atmojo, S. E. (2012). Profil Keterampilan Proses Sains dan Apresiasi Siswa terhadap Profesi Pengrajin Tempe dalam Pembelajaran IPA Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 115–122. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2128

Battiste, M. (2005). Indigenous knowledge: foundations for first nations. Indigenous Nations Higher Education Consortium. http://www.nvit.ca/docs/indigenous knowledge foundations for first nations.pdf

Budiono, B. (2021). Konsep Dasar Keperawatan. Poltekes, Kemenkes.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL)?: Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69

Fitri, S., & Ritonga, S. (2023). Strategi Pembelajaran Problem Based Instruction; Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Asam-Basa Problem Based Instruction Learning Strategy; Critical Thinking Skills Analysis on Acid-Base. Jurnal Zarah, 11(1), 1–8.

Fradisa, L., & Kartika, K. (2019). Penerapan Modul Biologi Berorientasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Keperawatan.

Edubiotik?: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 4(02), 121–127. https://doi.org/10.33503/ebio.v4i02.512

Hadi, W. P., Sari, F. P., Sugiarto, A., Mawaddah, W., & Arifin, S. (2019). Terasi Madura: Kajian Etnosains Dalam Pembelajaran IPA Untuk Menumbuhkan Nilai Kearifan Lokal Dan Karakter Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10(1), 45. https://doi.org/10.20527/quantum.v10i1.5877

Hanim, M. I. J. (2022). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berorientasi Peserta Didik Pada Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional …, November, 104–112. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/8266

Hastuti, T. (2014). Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Pada Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:142237500

Hia, E. D. S. P., Maulina, J., & Pohan, L. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Handout dan Modul pada Materi Stoikiometri Larutan di SMA Nurul Amaliyah Deli Serdang. CHEDS: Journal of Chemistry, 2(1), 1–13.

Hidayah, Z., Yuliandari, K. P., Noviana, U., Keperawatan, S. I., Kedokteran, F., Masyarakat, K., Mada, U. G., Dasar, K., Kedokteran, F., & Mada, U. G. (2020). Pengaruh Reflective Journaling terhadap Tingkat Berpikir Kritis pada Mahasiswa Tahun Pertama PSIK FK-KMK UGM. 4(November), 124–132.

Jumiati, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Etnosains Terintegrasi Ke Dalam Pelajaran Ipa Materi Keanekaragaman Hayati Dan Energi Terbarukan Di MAN Paser. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 3(1), 74–80. https://doi.org/10.51878/academia.v3i1.2129

Kirana, I. E., & Kusairi, S. (2019). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA dalam Kasus Grafik Kinematika Satu Dimensi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 363. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12113

Kurniawati, D., Ekayanti, A., Keguruan, F., Pendidikanuniversitas, I., & Ponorogo, M. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa, 3(2), 107–114. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/1892

Retno Winarti, E., & Waluya, B. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning Dengan Peer Feedback Activity. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 197–207. http://jurnal.uns.ac.id/jpm

Rosyidah, A., Sudarmin, S., & Siadi, K. (2013). Pengembangan Modul IPA Berbasis Etnosains Zat Aditif Dalam Bahan Makanan Untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pengandon Kendal. Unnes Science Education Journal, 2. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:60764507

Sudarmin. (2014). Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Lokal. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahun Alam, UNNES, 1–139. http://lib.unnes.ac.id/27040/1/cover_Pendidikan_Karakter_Sudarmin.pdf

Sudarmin, S., Mastur, Z., & Parmin, P. (2017). Pengetahuan Ilmiah Berbasis Budaya Dan Kearifan Lokal Di Karimunjawa Untuk Menumbuhkan Soft Skills Konservasi. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(2), 1363. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1363-1369

Suraya, S., Setiadi, A. E., & Muldayanti, N. D. (2019). Argumentasi Ilmiah Dan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Metode Debat. Edusains, 11(2), 233–241. https://doi.org/10.15408/es.v11i2.10479

Wagner, T. (2010). Overcoming The Global Achievement Gap (online). Mass: Harvard University.

Downloads

Published

2023-12-27