ANALISIS KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI ANCAMANAN BENCANA KEBAKARAN DI KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Lira Mufti Azzahri Isnaeni S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Etri Gustriana S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Kesiapsiagaan Masyarakat , Kebakaran

Abstract

Gangguan pertumbuhan bila tidak dikenali dan ditangani sejak dini akan mempengaruhi prestasi belajar dan masa depan anak. Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta jaringan intraseluler, berarti bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan, sehingga dapat diukur dengan satuan panjang dan berat. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan pada anak usia pra sekolah diantaranya yaitu pengetahuan ibu, pendidikan dan pendapatan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan faktor-faktor yang berhubungan dengan pertumbuhan anak usia pra sekolah di Paud Terpadu Adzkyah Bangkinang Kota. Desain penelitian adalah Deskriptik Analitik dengan pendekatan Cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak Usia Pra Sekolah yang ada di Paud Terpadu Adzkyah Bangkinang Kota. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total sampling yaitu sebanyak 30 responden. Alat pengumpulan data yaitu berupa kuesioner. Hasil penelitian yang dilakukan di dapatkan yaitu ada hubungan pengetahuan ibu dengan pertumbuhan anak usia pra sekolah dengan P value = 0,003 (P<0,05). Hasil uji statistik didapat tidak ada hubungan pendidikan ibu dengan pertumbuhan anak usia pra sekolah dengan P value = 0.291 (P>0,05). Hasil uji statistik didapat ada hubungan pendapatan keluarga dengan pertumbuhan anak usia pra sekolah dengan P value = 0,001 (P<0,05). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi responden dan keluarga untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan peningkatan pertumbuhan anak usia pra sekolah

References

Adawiyah (2017). Hubungan Pendidikan Orang Tua Dengan Perubahan Status Stunting Dari Usia 6-12 Bulan Ke Usia 3-4 Tahun. Skripsi

Anggraeni, Adisty C. (2012). Asuhan Gizi Nutritional Care Process. Yogyakarta

BPS. (2017). Indonesia Dalam Angka 2017. Badan Pusat Statistik. http://www. bps.go.id diakses pada tanggal 23 Maret 2021

Chamidah, AN. (2018). Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan dan Perkembangan anak. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol 7. Nomor 4: 2 November 2018: 89- 92

DeLaune and Ladner.(2011). Fundamentals Of Nursing Standards and Practice Fourth Edition. USA : Delmor Cengage Learning.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,(2012). Profil Kesehatan Indonesia. Diakses pada tanggal 01 Maret 2021

Meuita Hening Prastiwi (2020), Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.diakses pada tanggal 01 Maret 2021

Nelatul izzah (2018 Perbedaan Lama Pemberian ASI Eksklusif dan Pengetahuan Ibu Tentang ASI Antara Ibu yang Memiliki Balita Stunting Dan Non-Stunting Di Kelurahan Kartasura Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi

Notoatmodjo (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. http://www.depkes.go.id/resources/download/infoterkini/materi_rakorpop_20 18/Hasil%20Riskesdas%202018.pdf – Diakses 02 Februari 2021

Soetjiningsih & IG. N. Gde Ranuh. (2015). Tumbuh Kembang Anak, Ed. 2. Jakarta: EGC.

Suhardjo. (2013). Berbagai Cara Pendidikan Gizi. Jakarta : Bumi Aksara

Yuliana, Erlin. (2017). Analisis Pengetahuan Siswa Tentang Makanan Yang Sehat Dan Bergizi Terhadap Pemilihan Jajanan Di Sekolah. Diakses 02 Februari 2021

Published

2021-12-30

How to Cite

Isnaeni, L. M. A., & Gustriana, E. . (2021). ANALISIS KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI ANCAMANAN BENCANA KEBAKARAN DI KABUPATEN KAMPAR. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(4). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/2229