HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2023

Authors

  • Mira Elvina Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia
  • Wardiati Wardiati Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia
  • Surna Lastri Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.22282

Keywords:

Kepuasan pasien, Mutu pelayanan kesehatan

Abstract

Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Kuta Alam hanya 32,3%. Hal ini dikarenakan pasien kurang puas pada kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, sarana fisik maka dari itu masih perlu ditingkatkan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Kuta Alam Tahun 2023. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi sebanyak 184 pasien, sampel sebanyak  65 responden dengan  teknik accidental sampling. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 02-09 Januari 2023. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian, selanjutnya dilakukan uji statistik dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 67,7% tingkat kepuasan masyarakat kurang, 66,2% kehandalan petugas kurang baik, 67,7% daya tanggap petugas kurang baik, 56,9% jaminan responden tidak ada, 56,9% empati petugas tidak ada dan 49,2% responden menjawab sarana kurang lengkap. Dari hasil uji statistik dapat disimpulkan ada hubungan antara kehandalan (p-value 0,001), daya tanggap (p- value=0,017), jaminan (p-value=0,001), empati (p-value=0,000), sarana fisik (p- value=0,021) dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Kuta Alam Tahun 2023. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan sarana fisik dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Kuta Alam Tahun 2023.

References

Anton. A. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Mangasa Kota Makassar. In Jurnal Kesehatan Ilmiah. Makasar: Universitas Aufa Royhan.

Anwary. A. Z. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Durian Gantang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(1), 397.

Azwar. (2019). Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Sinar Harapan.

Burhanuddin, N. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien RSUD Syekh Yusuf Gowa. Jurnal PERENNIAL, 12(1), 41-.

Damopolii, S. H., Tucunan, A. A., & Maramis, F. R. (2019). Hubungan antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RS Bhayangkara Tk III Manado. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(5).

Etildawati. (2017). Hubungan Kualitas Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan, 15 (3), PP.

Hidayatun. (2021). Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Adab.

Ika. A. Ratih. Indah Hestyana. (2018). Hubungan Antara Prosedur Pelayanan, Kemampuan Petugas Pelayanan, Kecepatan Pelayanan, Dan Kenyamanan Lingkungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kramatwatu Tahun 2018. Journal Of Applied Health Research And Development.

Ismana. M. F. (2015). Hubungan Antara Lima Dimensi Mutu Pelayanan Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Kesehatan, 6(2), 708-.

Lilik. (2020). Buku Ajar Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Zifatama Jawara.

Maulina. L. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Unit Rawat Inap Puskesmas Cibungbulang Kabupaten Bogor Tahun 2018. In Jurnal Kesehatan Masyarakat. Jawa Barat: UIKA.

Muninjaya.A.A. (2015). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Mustofa.A. (2020). Administrasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Ruly. (2020). Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Adab.

Siyoto. (2018). Kebijakan & Manajemen Kesehatan. Jakarta: ANDI.

Sondakh.B.R. (2019). Pengaruh Bukti Langsung, Kehandalan, Jaminan, Daya Tanggap dan Empati, Terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(3), 101-.

Wardiah.R. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Rasidin Padang. Human Care Journal, Vol.6, No., 225–231.

Wira.D. (2014). Hubungan Antara Persepsi daya Tanggap dan Persepsi Emapti dengan Kepuasan Pasien di RSUD Wangaya Depasar. Public Health and Preventive Medicine Archive, Vol2.No.2., 116–120.

Wiyono. (2018). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Edisi 2. Surabaya: UNAIR Press.

Wowor, J., Rumayar, A. A., & Maramis, F. R. (2019). Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Cantia Tompaso Baru. In Jurnal Kesehatan Masyarakat: Vol. 8(6). Manado: UNSRAT.

Downloads

Published

2023-12-28