HUBUNGAN DISCHARGE PLANNING DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP ANGGREK DAN DAHLIA RSUD DR. ADNAAN WD PAYAKUMBUH

Authors

  • Falerisiska Yunere Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Perintis Indonesia
  • Endra Amalia Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Perintis Indonesia
  • Putri Rahmawati Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Perintis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.22123

Keywords:

Discharge planning, Perawatan pasien, Kepuasan pasien

Abstract

Discharge  planning  atau perencanaan pemulangan, merupakan suatu proses penting dalam perawatan pasien yang bertujuan untuk memastikan pasien memiliki pemulangan yang aman dan lancar setelah menjalani perawatan di rumah sakit. Discharge planing yang baik dapat membantu mengurangi kecemasan dan ketidakpastian pasien, serta memberikan pemahaman yang jelas tentang perawatan pasca pemulangan. Hal ini dapat memberikan rasa percaya diri dan meningkatkan kepuasan pasien secara keseluruhan. Dimensi kepuasan pasien meliputi : Keandalan, jaminan, kenyataan, empati, dan tanggung jawab. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan discharge planning dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat  Inap Anggrek dan Dahlia RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif koleratif dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan non probability sampling. Jumlah sampel 53 pasien. Pengumpulan data menggunakan kuesioner discharge planning dan kuesioner kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukan lebih dari separoh discharge planning dilaksanakan dengan baik yaitu 56.6%, Sebagian besar kepuasan pasien terhadap  discharge planning masuk dalam kategori puas, yaitu 64.2%. Hasil uji statistik didapatkan nilai p-value =0.000 (<0.05) yang mana H? ditolak dan Ha diterima, artinya ada hubungan antara pasien yang mempersepsikan discharge planning dengan kepuasan pasien dengan  nilai Odds Ratio (OR) = 12.188. Kesimpulan begitu pentingnya pelaksanaan discharge planning  bagi perawat untuk meningkatkan mutu pelayanan di rumah sakit sehingga perlunya pelaksanaan ini di monitoring dan di evaluasi secara konsisten oleh Rumah sakit.

References

Aminudin. (2020). Poltekes Kemenkes Palu. Pengaruh Pelaksanaan Perencanaan Pulang Terhadap Kepuasan Pasien , 1-5.

Budiyati, N. T., & dkk. (2017). Program Studi S1 Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo. Hubungan Pelaksanaan Discharge Planning Dengan Kepuasan Pasien di RSUD Ungaran , 1-9.

Ernalinda,. R., & Dkk. (2020). Discharge Planning (Perencanaan Pasien Pulang) di Rumah Sakit. Purwokerto Jawa Tengah: CV. Pena Persada Reaksi.

Fitriani, R., & Dkk. (2021). Program Studi Magister Keperawatan Kekhususan Majemen Keperawatan Universitas Andalas. Hubungan Pengetahuan Dengan Pelaksanaan Discharge Planning di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Dumai Riau , 786-794.

Herniyatun, & Dkk. (2009). Jurusan Keperawatan Stikes Muhamaddiyah Gombong. Efektifitas Program Discharge Planning Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kebumen Tahun 2009 , 1-6.

Hidayat, A. A. (2007). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data . Jakarta: Selemba Medika.

Khambali, I., & dkk. (2018). Hubungan Implementasi Discharge Planning Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat inap Anggrek RSUD Balung Jember , Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah jember , 12.

Kuntoro, W., & Istiono, w. (2017). Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada. Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas , 1-8.

Notoatmojo,S (2012). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan : Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakaarta: Selemba Medika.

Program Studi Keperawatan Dan Pendidikan Ners Uviversitas Ford De Kock Bukittinggi,Indonesia 2019 Deskripsi Pelaksanaan Discharge Planning di Ruang Rawat Inap 12

Rafi'i, M. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Perencanaan Pulang Pada Perawat di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang.

Rahman, T., & Dkk. (2018). Stikes Insan Cendikia Medika Jombang. Pelaksanaan Discharge Planning dengan Kepuasan Pasien di RSUD Sultan Imanudin Pangkalan Bun,KOtowaringin Barat,Kalimantan tengah , 1-8.

Rezkiki, F., & Fardilah, N. V. (2019). Deskripsi Pelaksanaan Discharge Planning di Ruang Rawat Inap. Program studi Keperawatan dan Pendidikan Ners Universitas Ford De Kock Bukittinggi, Indonesia , 126-136.

Rosya, M. N., & dkk. (2020). Discharge Planning (Perencanaan Pasien Pulang) di Rumah Sakit. Puwekerto Jawa Tengah: pena persada.

Satrianegara, M. (2014). Organisasi manajemen pelayanan kesehatan : teori dan aplikasi dalam pelyanan puskesmas dan rumah sakit . jakarta.

Sianaga, M. (2018). Riset Kesehatan. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono, P. (2013).Metodi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D: Penerbit Alfabeta.

Suratri, M. A., & dkk. (2018). Puslitbang Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan Badan Litbang Kesehatan. Kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan pasien rawat jalan rumah sakit di 7 provinsi indonesia , 1-8.

Tasalim, R., & dkk. (2020). Hubungan Pengetahuan Perawat Tentang Discharge Planning Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Vol 11 , 9.

Tri, N. B., & dkk. (2017). Program Studi S1 Keperawatan . Hubungan pelaksanaan Discharge Planning dengan kepuasan pasien di RSUD ungaran , 1-9.

Widodo, D. (2017). Metodologi Penelitian Populasi dan Praktis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Pascasarjana Universitas Syekh-Yusuf, Indonesia. Hipotesis Penelitian Kuantitatif , 1-7.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Yunere, F., Amalia, E. ., & Rahmawati, P. . (2023). HUBUNGAN DISCHARGE PLANNING DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP ANGGREK DAN DAHLIA RSUD DR. ADNAAN WD PAYAKUMBUH. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 6625–6631. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.22123