EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BPJS TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI PUSKESMAS X DAN PUSKESMAS Y DI KABUPATEN MERANGIN

Authors

  • Monicha Dwi Pratama Program Studi Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Rasmala Dewi Program Studi Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Siti Hamidatul 'Aliyah Program Studi Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.21812

Keywords:

Kepuasan Pasien BPJS, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas

Abstract

Pemerintah berupaya mewujudkan kesehatan masyarakat di Indonesia melalui BPJS. Pandangan pasien terhadap BPJS terkadang masih negatif dimana mereka merasa sebagai pasien BPJS harus menunggu lama untuk mendapat pelayanan, prosedur pelayanan yang dirasa berbelit-belit, sikap petugas yang tidak sabar dan kurang ramah saat pelayanan, serta petugas kesehatan yang kurang memperhatikan keluhan pasien dan keluarganya. Pelayanan kefarmasian di Puskesmas merupakan suatu pelayanan langsung oleh petugas kefarmasian dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud untuk meningkatkan mutu pelayanan di Pukesmas dan memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan dan mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi Puskesmas X dan Puskesmas Y di Kabupaten Merangin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, pengambilan data kuesioner dilakukan secara cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode consecutive sampling. Data diolah menggunakan microsoft excel dan SPSS menggunakan Uji Mann-Withney. Hasil penelitian Puskesmas X memperoleh nilai keseluruhan (85%) pasien merasa sangat puas dan di Puskesmas Y memperoleh nilai keseluruhan (83%) pasien merasa puas. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat Perbedaan tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS di Puskesmas X dan Puskesmas Y hal tersebut disebabkan persepsi antara setiap responden yang berbada. Disarankan kepada pihak institusi Puskesmas X dan Puskesmas Y untuk meningkatkan kualitas pelayanan terutama pada dimensi tangibles (bukti fisik) untuk menyediakan bahan bacaan seperti brosur, leaflet dan lainya.

References

Alini, & Indrawati. (2018). Efektifitas Promosi Kesehatan Melalui Audio Visual dan Leafleat Tentang Sadari (Pemeriksaan Payudara Sendiri) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri di SMAN 1 Kampar. Jurnal Ners, 2(2), 1–9.

Andi, P. M., Ningsih, D., & Handayani, sri rejeki. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Journal of Islamic Pharmacy

Eman, S. D. P., Mandagi, C. K. F., & Tucunan, A. A. T. (2019). Analisis Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Minanga Kota Manado. Jurnal KESMAS, 8(6), 169–177.

Ghiffari, H. D., Mayefis, D., & Novianti, R. (2022). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Sekupang Kota Batam. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(4)

Khairurrijal, M. A. W., & Putriana, N. A. (2018). Medication Erorr Pada Tahap Prescribing, Transcribing, Dispensing, dan Administration. Farmasetika.Com (Online), 2(4), 8.

Larasati, M., Semiarty, R., & Febrian, F. (2021). Perbandingan tingkat kepuasan pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas Andalas dan Klinik Simpang Anduring kota Padang. Andalas Dental Journal, 9(2),

Lengkong, O., Wahyudi, A. K., & Najoan S. H, A. (2018). Media Informasi Brosur Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat menggunakan Augmented Reality Dalam Bentuk Video. Techno.Com, 17(2), 122–133.

Lubis, N. D., & Astuti, S. D. (2019). Kepuasan Pasien Peserta JKN Pada Mutu Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Induk Wilayah Surakarta. Jurnal Farmasi Indonesia, 15(1), 79–87.

Mahendro, U. J., Ningsih, D., & Handayani, S. R. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Pracimantoro I Wonogiri. Journal of Islamic Pharmacy, 7(2), 86–93.

Menteri Kesehatan RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas (pp. 1–23).

Menteri Kesehatan RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas.

Menteri Kesehatan RI. (2019). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 2019 TENTANG PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT.

Ofa, S. O., Kanter, J., Tampa’i, R., & Tulandi, S. (2020). Tingkat Kepuasaan Pasien BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Sahu. Biofarmasetikal Tropis, 3(1), 86–91.

Pohan, I. S. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan?: dasar-dasar pengertian dan penerapan. Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Presiden RI. (2009). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009.

Presiden RI. (2011). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Rahmah, S. F., Mahda, D. R., Purwati, T., Suryo, B., & Nasution, A. M. (2020). Edukasi Protokol Kesehatan dalam Menjalankan New Normal di Masa Pandemik Melalui Media Poster. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–5.

Rohaeni, H., Hikmah, A. S., & Rahmayani, R. (2018). Be Good Atitude Dalam Berpenampilan Pada UMKM “ Mang Piat ” Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Abdimas BSI?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 142–148.

Sinala, S., Salim, H., & Ardilla, nindia reski. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat. Media Farmasi, XIV(July), 1–23.

Sulistiyowati, W. (2018). Buku Ajar Kualitas Layanan?: Teori dan Aplikasinya. UMSIDA Press.

Yanuarti, R., Oktavidiati, E., Febriawati, H., & Oktarianita, O. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Pasien Umum. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1), 1–8.

Yudanisa, P., Rachmi, A., Yunus, A., Romadhona, N., & Susanti, Y. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial terhadap Mutu Pelayanan Farmasi di Instalasi Rawat Jalan The Level of BPJS Participant on the Quality of Pharmaceutical Services in Outpatient Installation. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains (JIKS), 1(20), 174–178.

Downloads

Published

2023-12-25