HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN PEMENUHAN INDIKATOR MUTU RUANG PERAWAT DI RSU CUT MEUTIA KABUPATEN ACEH UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.21791Keywords:
Indikator mutu, Pengetahuan, PelayananAbstract
Indikator mutu pelayanan dibuat untuk memenuhi atau melampaui harapan pasien, sehingga perlu perbaikan terus menerus dan berkelanjutan. Indikator mutu berfokus pada pemahaman, pengendalian, dan peningkatan proses kerja dari pada mengoreksi kesalahan individu. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan perawat dengan pemenuhan indikator mutu ruang perawatan di Rumah Sakit. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini akan dilakukan di Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Kabupaten Aceh Utara, Provinsin Aceh. Waktu penelitian pada bulan Juli hingga September 2023. Populasi adalah semua Perawat yang bekerja Di RSUCM Kabupaten Aceh Utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu perawat pelaksana di ruangan dan bersedia menjadi responden dalam penelitian. Besar sampel sebanyak 116 orang. data diuji mengunakan uji statistik chi square dan dianalisis menggunakan program komputer. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, ukuran jawaban diisi menggunakan skala likert dan hasil uji validitas menunjukkan rentang 0,462 - 0,966 dengan kriteria valid. Hasil uji analisis bivariat memperoleh nilai hasil p value (0,033) < (0.05), maka dapat disimpulkan terhadap hubungan yang signifikan antara pengetahuan perawat terhadap pemenuhan indikator mutu ruang perawatan. Perlu menilai berbagai berbagai faktor lain yang mungkin berhubungan dengan pengetahuan perawat untuk mencapai pelayanan yang bermutu.References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
American Nurse Association. (2017). Nursing: Scope and Standards of Practice. Silver Spring, MD: American Nurses Association.
Ambarwati, D., & Sari, D. (2022). Hubungan Pengetahuan Perawat dengan Keselamatan Pasien pada Mutu Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Bayangkara Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 9(2), 830-836.
Baihaqi, L. F., Etlidawati, E. (2020). Hubungan Pengetahuan Perawat Dengan Pelaksanaan Keselamatan Pasien (Patient Safety) di Ruang Rawat Inap RSUD Kardinah Tegal. Jurnal Keperawatan Muhammaddiyah, 318-324.
Chrisna, H., Khairani, K. (2019). Pengaruh perilaku belajar, pengendalian diri, Motivasi, Empati, Keterampilan, dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Prodi Manajemen Keperawatan PSIK FK USU Medan. Jurnal Manajemen dan Publik, 10(1), 87-100.
Depkes RI. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2005 Tentang Kesehatan: Jakarta.
Ellina, A. D., Skripsia, C. D., Nashrun, M. I., & Fatima, H. (2023). Implementasi Penilaian Kinerja Berbasis Indikator Mutu Keperawatan Di Rumah Sakit Baptis Kediri. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(1), 31-42.
Fujino, Y., Tanaka, M., Yonemitsu, Y., & Kawamoto, R. (2017). The Relationship between characteristics of nursing performance and years of experience in nurses with high emotional intelligence. International Journal of Nursing Practice, 21(6), 876-881.
Handayani, M., & Hidaya, N. (2019). Hubungan Komunikasi Asertif Perawat Dengan Mutu Pelayanan di Rumah Sakit. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 1(1), 1-10.
Hia, W. F. (2018). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Perawat dengan Pelaksanaan Keselamatan Pasien (Patient Safety) di Ruang Rawat Inap Bedah RSUD Dr. Pirngadi Medan Tahun 2018. Universitas Sumatera Utara.
Kartika, I., R., Syofia, A., & Dewi, R. (2022). Studi Deskriptif Pelaksanaan Manajemen Dan Indikator Mutu Keperawatan Di Ruang Rawat Inap RSUD M. Natsir Solok. Human Care Journal, 7(2), 351-358
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Profil Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta: Kemenkes RI.
Layuk, E., Tamsah, H., & Kadir, I. (2017). Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RS Labuang Baji Makassar. Jurnal Mirai Management, 2(2), 319-337.
Murtiana, E., Majid, R., & Jufri, N. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Kepada Kepuasan Pasien BPJS Di RSUD Kota Kendari Tahun 2016, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (JIMKESMAS), 1(4).
Muzakki, R., & Hakim, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan pada UPTD Puskesmas. Seminar National Hasil Penelitian dan Pengabdian 2020, 122-134.
Notoatmodjo, S. (2011). Buku Kesehatan Masyarakat, Ilmu & Seni-Ed Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurdahniar, I. (2016). Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Tenriawaru Kabupaten Bone. Jurnal Fisip, 1(1), 1-12.
Nurdiana, Hariyati, R.T.S., & Anisah, S. (2017). Penerapan Fungsi Manajemen Kepala Ruangan dalam Pengendalian Mutu Keperawatan. Journal of Indonesian National Nurse Association, 2(3), 1-13.
Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Pambudi, P. S., Wijayanti, D. Y. (2012). Hubungan Konsep Diri dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), 7(2), 93-97.
Pangerapan, T. D., Palandeng, O. E., & Rattu, A., J. (2018). Hubungan Antara Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien DiPoliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. Jurnal Kedokteran Klinik (JKI), 2(1): 9-18.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fauziah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).