PERSEPSI MAHASISWA SEMESTER V FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA TERHADAP PELAKSANAAN ECE (EARLY CLINICAL EXPOSURE) DI RSU ROYAL PRIMA MARELAN

Authors

  • Vebbly Vebbly Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Ilmu Kesehatan – Universitas Prima Indonesia
  • Clarissa Lister Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Ilmu Kesehatan – Universitas Prima Indonesia
  • Edy Fachrial Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Ilmu Kesehatan – Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.21364

Keywords:

Persepsi , Mahasiswa Kedokteran Semester V , Early Clinical Exposure

Abstract

Seorang dokter merupakan tenaga medis yang mempunyai kemampuan dalam hal mengobati dan menyembuhkan penyakit pasien. Untuk mendapatkan lulusan dokter yang berkualitas, maka perlu adanya pendukung kurikulum pembelajaran yang menghubungkan antara pembelajaran teori dan praktik yang disebut dengan ECE (Early Clinical Exposure), pembelajaran berbasis ECE memiliki berbagai manfaat bagi mahasiswa. Saat ini Fakultas kedokteran UNPRI menerapkan ECE sebagai pendukung kurikulum pembelajaran terhadap Mahasiswa Kedokteran Semester V. Agar manfaat pelaksanaan ECE dapat berjalan dengan baik dan lancar. Oleh karena itu, perlunya Persepsi Mahasiswa Semester V Fakultas Kedokteran UNPRI terhadap Pelaksanaan ECE di RSU Royal Prima Marelan. Penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan desain cross sectional. Data yang digunakan adalah data primer yang berupa kuesioner dengan skala likert 1-5. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling, yaitu mahasiswa semester V yang berjumlah 103 orang yang berpartisipasi dari 124 orang. Analisis statistik dilakukan dengan analisis univariat. Hasil analisis menunjukan bahwa rata-rata persepsi mahasiswa semester V terhadap pelaksanaan ECE sebesar 3,17 (63%), Struktur dan Organisasi ECE sebesar 3,11 (62%), dan Manfaat Implementasi ECE sebesar 3,37 (67%). Bahwa mayoritas Persepsi Mahasiswa Semester V Fakultas kedokteran UNPRI menjawab netral terhadap pelaksanaan ECE (cukup), Struktur dan Organisasi ECE (cukup), manfaat implementasi ECE (Baik) di RSU Royal Prima Marelan.

References

AkbariRad, M., Khadem-Rezaiyan, M., Ravanshad, S., Rafiee, M., Firoozi, A., Zolfaghari, S. A., Aghaei, H. R., Zadehahmad, R., Azarkar, S., & Moodi Ghalibaf, A. A. (2023). Early clinical exposure as a highly interesting educational program for undergraduate medical students: an interventional study. BMC Medical Education, 23(1).

Basukala, A., & Chaudhary, K. (2021). Early Clinical Exposure in Pre-clinical Years of Medical School. Journal of the Nepal Medical Association, 59(242), 1072–1074.

Ewnte, B., & Yigzaw, T. (2023). Early clinical exposure in medical education: the experience from Debre Tabor University. BMC Medical Education, 23(1).

Fitra Wardhana, M., Lisiswanti, R., & Ika Widyasari, P. (2022). Putu Ika Persepsi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung terhadap Early Clinical Exposure. 9(2), 150–159.

Hulwatun Nisa, A., Hasna, H., & Yarni, L. (2023). Persepsi. 2(4), 213–226.

Ingale, M. H., Tayade, M. C., & Bhamare, S. (2023). Early clinical exposure: Dynamics, opportunities, and challenges in modern medical education. In Journal of Education and Health Promotion (Vol. 12, Issue 1). Wolters Kluwer Medknow Publications.

Kane, T., Chivese, T., Al-Moslih, A., Al-Mutawa, N. A. M., Daher-Nashif, S., Hashemi, N., & Carr, A. (2021). A program evaluation reporting student perceptions of early clinical exposure to primary care at a new medical college in Qatar. BMC Medical Education, 21(1).

Tayade, M. C., & Latti, R. (2021). Effectiveness of early clinical exposure in medical education: Settings and scientific theories - Review. In Journal of Education and Health Promotion (Vol. 10, Issue 1). Wolters Kluwer Medknow Publications.

Yadak, M., Ahmed Farooqi, F., & Ali, S. (2020). STUDENTS’ PERCEPTIONS OF EARLY CLINICAL EXPOSURE IN A RESPIRATORY CARE PROGRAM. In Article in Journal of Medical Sciences. Peshawar

Downloads

Published

2024-09-29