PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MEDIA BOOKLET TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PERAWATAN BAYI BARU LAHIR PADA IBU HAMIL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.21331Keywords:
bayi, ibu baru, pendidikan kesehatanAbstract
Pada kasus ibu baru atau ibu yang baru melahirkan anak pertama, terkadang ibu menjadi depresi ketika bayinya lahir dan tidak tahu harus berbuat apa. Studi menunjukkan bahwa lebih dari setengah jumlah kematian anak terjadi selama fase neonatal, khususnya pada bulan pertama kehidupan. Kesalahan dalam merawat bayi baru lahir yang sehat dapat mengakibatkan gangguan yang berpotensi menimbulkan cacat sepanjang hidup atau bahkan kematian. Studi ini merupakan penelitian kuantitatif yang menerapkan metode quasi eksperimental dengan desain penelitian one group pretest dan posttest. Populasi yang menjadi fokus penelitian menjalani pretest sebelum menerima pendidikan kesehatan terkait perawatan bayi baru lahir. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, terdapat beberapa temuan penting yang dapat disimpulkan. Pertama, mayoritas responden berada dalam usia kehamilan 26-35 minggu, dengan persentase sebesar 52,9%. Kedua, sebagian besar dari mereka memiliki pekerjaan sebagai IRT, mencapai 44,1% dari total responden. Ketiga, kelompok usia terbesar adalah antara 22-28 tahun, mencakup 55,9% dari semua responden. Rata-rata usia kehamilan adalah sekitar 2,24, dengan rata-rata pekerjaan sekitar 3,03, rata-rata usia sekitar 1,53, rata-rata pengetahuan sebelum sosialisasi sekitar 2,79, dan rata-rata pengetahuan setelah sosialisasi adalah 3. Kesimpulan penelitian ini adalah pendidikan kesehatan dengan booklet memiliki pengaruh positif pada peningkatan pengetahuan, sikap, dan praktek ibu hamil. Ini adalah hasil yang baik dalam upaya meningkatkan kesehatan ibu hamil dan bayi yang akan lahir.References
Anggraini, R., & Nopitasari, V. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir Terhadap Tingkat Pengetahuan. Jurnal Kesehatan Abdurahman Palembang, 9(1), pp 155–163.
https://stikesmu-sidrap.e-journal.id/JIKP/article/view/188
Artini, F. R., Maliya, A., & Sudaryanto, A. (2014). Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Leaflet Dengan Booklet Terhadap Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Chikungunya Di Desa Trangsan Gatak Sukoharjo. Undergraduate Thesis. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31096
Cahyono, Y. N. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Audio Visual Terhadap Pengetahuan Memandikan Bayi. Undergraduate Thesis. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
https://eprints.ums.ac.id/74010/32/NASKAH%20PUBLIKASI-Yuda.pdf
Delima, M., & Andriani,Y. (2019). Memandikan Bayi Dan Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir Di RSI Ibnusina Yarsi Bukittinggi. Jurnal Abdimas Kesehatan Printis, 1(1), pp 2685-7510. https://jurnal.upertis.ac.id/index.php/JAKP/article/view/264
Dwi, R., Dinengsih, S., & Kundaryanti, R. (2023). The Effectiveness of Health Education With The Booklets Method on The Level of Mother’s Independence During Postpartum. Jurnal Kebidanan Midwiferia, 9(1), pp 1–18.
https://www.semanticscholar.org/paper/The-Effectiveness-of-Health-Education-With- The-on-RikaDwi-Dinengsih/90624f1aff42c2dc23bbaa7890fced07814770f5
Ernawati, A. (2018). Hubungan Usia Dan Status Pekerjaan Ibu Dengan Kejadian Kurang Energi Kronis Pada Ibu Hamil. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 14(1), pp 27–37.
https://www.neliti.com/publications/271726/hubungan-usia-dan-status-pekerjaan-ibu-dengan-kejadian-kurang-energi-kronis-pada#
Fathonah, N. A. (2015). Perbedaan Kesiapan Merawat Bayi Pada Ibu Yang Hamil Setelah Menikah Dengan Yang Hamil Sebelum Menikah Di Kabupaten Bantul Tahun 2014. Undergraduate Thesis. Yogyakarta: Fakultas Bidan Pendidik Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta.
http://digilib.unisayogya.ac.id/1108/1/NASKAHPUBLIKASI_NADZIROTUN.pdf
Fitri, R. (2019). Efektivitas Booklet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pemeliharaan Kesehatan Gigi Mulut Pada Ibu Hamil. Jurnal Maternitas Kebidanan, 4(1), pp 66-74.
https://doi.org/10.34012/jumkep.v4i1.499
Kiftiyah, K., Nur Rosyidah, N., & Chasanah, N. (2020). The Effect Of Counseling On How To Care For Normal Newborn Babies At Home On Postage Mothers In Pmb Lusi Yuliani, Sudimoro Village, Megaluh Jombang District. Jurnal Midpro, 13(2), pp 215–222.
https://doi.org/10.30736/md.v13i2.299
Ma’munah, M. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Booklet Terhadap Pengetahuan Ibu Laktasi Di Wilayah Kerja Puskesmas Ciputat Timur. Undergraduate Thesis. Jakarta: Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah.https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/28960/1/Malikatul%20Ma%27munah-fkik.pdf
Meiwulan, E. K., & Rahayuningsih, F. B. (2019). Efektivitas Metode Take And Give Dalam Pendidikan Kesehatan Tentang Kesejahteraan Fisik Ibu Nifas Di Puskesmas Wonogiri 1 (Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Trimester III). Proceeding of The 8th University Research Colloquium 2018: Bidang MIPA dan Kesehatan, pp. 176-183.
http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/316
Mulyawati, I., Kuswardinah, A., & Yuniastuti, A. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Keamanan Jajanan terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak. Public Health Perspective Journal, 2(1).
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/phpj/article/view/10992
Muyasaroh, N. (2022). Perbedaan Pengetahuan Dan Praktik Perawatan Bayi Baru Lahir Pada Ibu Hamil Antara Audiovisual Dengan Leaflet Di Rs Permata Bunda Purwodadi. Undergraduate Thesis. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/8419.
Ombi, W., Sholihah, E., & Mulyo, G. P. E. (2021). The use of warning booklet to improve the knowledge and attitude of pregnant women in early detection of pregnancy complications in karawang regency. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 9(G), pp 158–162. https://oamjms.eu/index.php/mjms/article/download/6690/6256
Pratiwi, D., Ismail, D., Mufdlilah, M., & Cholsakhon, P. (2021). The Effect of Health Education on Mother’s Knowledge Attitudes and Behavior in Giving Care to Low Birth Weight Babies. Jurnal Info Kesehatan, 19(2), pp 97–109.
https://jurnal.poltekeskupang.ac.id/index.php/infokes/article/view/525
Puspitasari, D., & Sunarsih, T. (2021). The Effectiveness of Education Video and Booklet Media for Pregnant Mothers Knowledge on Preparation of Breastfeeding Practice. Proceedings of the International Conference on Health and Medical Sciences (AHMS 2020), 34, pp 219-221. (http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/).
Rahayuningsih, F. B. (2015). Pengetahuan Ibu Hamil Trimester III tentang Perawatan Nifas dan Bayi Baru Lahir. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Kesehatan, pp 79-83. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/6164/10_Faizah%20Betty%20Rahayuningsih.pdf?sequence=1
Rahayuningsih, F. B. (2021). Peningkatan Kualitas Hidup Ibu Nifas. Makassar: Nas Media. https://library.ums.ac.id/
Rofif, R., Rasni, H., & Sulistyorini, L. (2017). Pengaruh Pendidikan Perawatan Bayi Baru Lahir dengan Metode Syndicate Group terhadap Pengetahuan Kader Posyandu di Desa Sumberdanti Wilayah Kerja Puskesmas Sukowono Kabupaten Jember. Pustaka Kesehatan, 4(3), pp 555 - 562. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPK/article/view/6163
Setiawan, R. (2019). Teknik Perawatan Kulit Neonatus. Cdk, 44(8), pp 545–548.
https://media.neliti.com/media/publications/400138-teknik-perawatan-kulit-neonatus 9e19e5bb.pdf
Yuliyanti, T., Yugistyowati, A., & Khodriyati, N. S. (2020). Dukungan Petugas Kesehatan dan Kemampuan Ibu Merawat Bayi Baru Lahir. Indonesian Journal of Hospital Administration, 3(1), pp 17-26.
https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJHAA/article/view/1394
Zakiyyah, M., Ekasari, T., & Hanifah, I. (2017). Pendidikan Kesehatan Dan Pelatihan Memandikan Bayi. J-Pengmas (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1).
https://ojshafshawaty.ac.id/index.php/jpengmas/article/view/6
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Oktavia Murry Armanda, Faizah Betty Rahayuningsi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).