ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PESERTA BPJS DAN NON BPJS PADA MASYARAKAT DESA TUNTUNGAN 1 TERHADAP LAYANAN PUSKESMAS TUNTUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.21159Keywords:
BPJS, Peserta BPJS, Tingkat KepuasanAbstract
Kesehatan adalah sebuah kebutuhan yang mendasar bagi manusia agar dapat hidup layak, maka daripada itu untuk mencapai derejat kesehatan yang diinginkan makan diperlukan sebuah sistem penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang terkendali dari sisi biaya hingga kualitas yang diberikan. BPJS kesehatan adalah sebuah terobosan yang diberikan pemerintah guna memberikan program jaminan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tingkat kepuasan memiliki hubungan yang erat dengan pelayanan yang diberikan fasiliats kesehatan. Seuatu pelayanan kesehatan dapat dikatakan memiliki kualitas yang bagus, apabila pelayanan yang diberikan fasilitas kesehatan ini mampu memenuhi kebutuhan pasien. Adapun target yang ingin dicapai melalui pelakasanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan respon berupa kepuasan yang diberikan peserta BPJS dan Non-BPJS terhadap layanan yang diberikan Puskesmas Tuntungan. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Tuntungan pada bulan Oktober. Dalam pelaksanaan penelitian peneliti menerapkan deskriptif yang dikombinasikan dengan desain penelitian cross sectional, kemudian sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan metode accidental sampling dimana melalui metode didapati jumlah sampel sebanyak 50 orang dengan komposisi 25 sampel yang merupakan peserta BPJS dan 25 sampel bukan peserta BPJS. Hasil penelitian menujukkan bahwa sebanyak 15 sampel yang merupakan peserta BPJS (60%) merasa puas dengan pelayanan yang diberikan puskemas dan sebanyak 10 orang responden (40%) merasa tidak puas dan sebanyak 80% pasien non-BPJS ataupun pasien umum merasa puas denga pelayanan yang diberikan oleh puskesmas, dan 20% sisanya merasa tidak puas.Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa ada perbedaan terhadap pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Tuntungan.References
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, . . . Sari, M. E. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Angeli, B. R., Aidha, Z., Mahendra, Y. I., Hasibuan, S. F., Nasution, Q. F., Asy-Syifaa, P., . . . Azmi, N. (2023). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PROGRAM DIPUSKESMAS TUNTUNGAN KECAMATAN PANCUR BATU. Journal Scientific of Mandalika, 28-33.
Ariningtyas, Y. A., Suryantoro, P., & Mufdillah. (2019). Perbandingan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kebidanan Pada Peserta BPJS Dan Non BPJS. Jurnal Medika Karya Ilmiah Kesehatan, 67-74.
Astari, D. W., Noviantani, A., & Simanjuntak, R. (2021). Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Era Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Mata Cicendo. Journal Of Hospital Acrreditation, 34-38.
Effendi, K., & Junita, S. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di UPTD Puskemas Mutiara Tahun 2019. Excellent Midwifery Journal, 82-88.
Hayaza, Y.T. (2013). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kamar Obat di Puskesmas Surabaya Utara. Jurnal ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2), 2-4.
Imelda, S., & Nahrisah, E. (2015). ANALISIS TINGKAT MUTU PELAYANAN RAWAT INAP DALAM UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN DI RSUP ADAM MALIK MEDAN (STUDI PERBANDINGAN ANTARA PASIEN UMUM DAN PASIEN BPJS). Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, 33-44.
Kementerian Kesehatan R.I. (2013). BPJS Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan. 227.
Lubis, M. I., Ahmad, H., Ali, R. S., Hadi, A. J., & Megawati. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien BPJS di Puskesmas Tanjung Botung Kabupaten Padang Lawas. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 1439-1446.
Rahmawati, M. P., & Sanjaya, G. W. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Pasien Peserta BPJS Di Puskesmas Rowosari Kabupaten Kendal. Journal Of Social And Political Scienece, 103-116.
Sari, N. L., & Muliani, F. (2019). TINGKAT KEPUASAN PESERTA TERHADAP PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN CABANG LANGSA. Jurnal Matematika dan Terapan, 20-24.
Simanjorang, D., Hasan, R. S., Silaen, M., & Girsang, E. (2019). The Analysis of Quality of Health Services Effect Against Patient Satisfaction Patients at Royal Prima Medan Hospital. Jurnal Medicoetilogical dan Manajamen Rumah Sakit, 90-97.
Supandri, O., Ketaren, O., & Veronika, L. R. (2019). Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien BPJS dan Pasien Umum Rawat Inap di Rumah Sakit Muhammadiyah Medan Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Simantek, 48-60.
Vioanlita, G. (2020). Modul Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Universitas Esa Unggul.
Wirajaya, Laksmini, & Sutrisnawati. (2021). The Differences of Satisfaction between National Health Insurance and General Patien in Public Hospitas, Wangaa Denpasar. Proceeding ICTS, 10-19.
Yanuarti, R., Oktavidiati, E., Febriawati, H., & Oktarianita. (2021). TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN PASIEN UMUM. Jurnal Kesmas Asclepius, 1-8.
Zumria, Narmi, & Tahiruddin. (2020). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Non-BPJS Terhdap Mutu Pelayanan Di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Karya Kesehatan, 76-83.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Ananda Lubis, Fidiana Hafidzah, Dewi Agustina, Suhayla Azhari Silalahi, Adella Syafitri, Astrid Novitri Ramadhani Hasibuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).