KORELASI MUTU APLIKASI TELEHEALTH PADA MAHASISWA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT REGIONAL KOTA BANJARBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.20956Keywords:
Mahasiswa, Pelayanan Kesehatan Digital, Telehealth, Telehealth Usability QuestionnaireAbstract
Mahasiswa memiliki pehamaman yang fasih terhadap teknologi dan informasi digital. Salah satu digitalisasi pelayanan kesehatan dengan menggunakan aplikasi telehealth. Telehealth lebih sering digunakan oleh pengguna dengan tingkat pendidikan perguruan tinggi dan bertempat tinggal di perkotaan. Kedua wilayah perkotaan di Provinsi Kalimantan Selatan merupakan lokasi Universitas Lambung Mangkurat dengan dominasi fakultas berpangkalan induk di Kota Banjarbaru. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan korelasi mutu aplikasi telehealth pada mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat regional Kota Banjarbaru. Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelatif dengan kajian studi lintas seksional. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat regional Kota Banjarbaru dengan jumlah sampel 77 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Telehealth Usability Questionnaire (TUQ) yang terdiri 6 atribut antara lain satisfaction and future use sebagai variabel dependen dan variabel independen antara lain usefulness, ease of use, interface quality, interaction quality dan reliability. Analisis data menggunakan Spearman rho correlation test. Hasil penelitian didapatkan adanya korelasi yang kuat dan signifikan pada usefullness (p<0,001, ?=0,638), adanya korelasi yang kuat dan signifikan pada ease of use (p<0,001, ?=0,678), adanya korelasi yang kuat dan signifikan pada interface quality (p<0,001, ?=0,755), adanya korelasi yang kuat dan signifikan pada interaction quality (p<0,001, ?=0,822) dan adanya korelasi yang kuat dan signifikan pada reliabilty (p<0,001, ?=0,775). Semua atribut kuesioner TUQ memiliki keeratan yang kuat dan signifikan pada satisfaction and future use telehealth.References
Abigael, N. F., & Ernawaty. (2020). Literature Review: Readiness Assessment of Health Workers to Accept Telehealth and Telemedicine between Developed and Developing Countries. Jurnal Kesehatan, 11(2), 302–310. http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK
Adilah, F. N., Muthmainah, N., Skripsiana, N. S., Yuniarti, R., & Rahmiati. (2023). Profil Pasien Konfirmasi COVID-19 yang Dirawat di RSD Idaman Banjarbaru Periode 2020-2021. Homeostasis, 6(2), 321–332.
Angel, V. C., & Martha, E. (2022). Analisis Mutu Pelayanan Platform Telehealth Selama Masa Pandemi Covid-19 di Jabodetabek dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pengguna. Syntax Literate: Jurnal Imiah Indonesia, 7(7), 9318–9333. http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/8576/4979
AR, K., Musfikar, R., Ilham, R. A., & Yusuf, B. (2022). Pengukuran Kualitas Penggunaan Website Sistem Pakar Diagnosa Awal Mental Illness Psikosis dengan Metode WebQual. Pixel?:Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 15(1), 66–82. https://doi.org/10.51903/pixel.v15i1.713
Arini, A. D., Umiastuti, P., & Hidayati, A. N. (2022). The Correlation Between Online Doctor Application and The Quality Of Users’ Patient Health Service. International Journal of Research Publications, 114(1), 134–145. https://doi.org/10.47119/ijrp10011411220224235
Assidiq, A. M., Oktaviani, D., & Sandhi, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Layanan, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Telemedicine. Syntax Idea, 4(2), 240–258.
Azizahi, A. H., Ulum, M. B., & Sandfreni. (2023). Model Analisis Perilaku Pengguna terhadap Teknologi Telemedicine di Indonesia. Sebatik, 27(1), 231–238. https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2156
Badan Pusat Statistik RI. (2022). Perilaku Masyarakat pada Masa Pandemi COVID-19: Hasil Survei Perilaku Masyarakat pada Masa Pandemi COVID-19.
Badan Pusat Statistik RI. (2023). Statistik Kesehatan 2022.
Cahyani, L. I., Prilia, D. V., Mulya, F. A., Rizqi, M., & Zharifah, N. A. (2022). Kepuasan Masyarakat Provinsi Kalimantan Selatan dalam Menggunakan (Tele-Health) di Masa Pandemi Covid-19. JPPKMI: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 3(1), 1–7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jppkmi/article/view/52666%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jppkmi/article/download/52666/22727
Chandra, A., & Henriette Pattyranie Tan, P. (2022). Analysis of Factors Affecting E-Loyalty With E-Trust and E-Satisfaction as Mediation Variables on Halodoc Application Users in Indonesia. Quantitative Economics and Management Studies, 3(6), 983–997. https://doi.org/10.35877/454ri.qems1272
Chen, T., Cong, G., Peng, L., Yin, X., Rong, J., & Yang, J. (2020). Analysis of user satisfaction with online education platforms in china during the covid-19 pandemic. Healthcare, 8(3),
–26. https://doi.org/10.3390/healthcare8030200
Destiarini, Rahman, A., & Sumartayasa, K. (2023). Analisa Kualitas Website BPJS Kesehatan dengan Metode Web Qual 4 . 0 dan User Acceptance Testing di Wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Media Infotama, 19(2), 237–243.
Hajesmaeel-Gohari, S., & Bahaadinbeigy, K. (2021). The most used questionnaires for evaluating telemedicine services. BMC Medical Informatics and Decision Making, 21(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12911-021-01407-y
Hapsari, N. M., Prawiradilaga, R. Ri. S., & Muhardi. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan , Persepsi Kebermanfaatan , dan Kualitas Informasi terhadap Minat Masyarakat Kota Bogor dalam Penggunaan Layanan Telemedicine ( Studi Pada Pengguna Aplikasi Halodoc, Alodokter, Yesdok). Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & Sumber Daya Manusia, 4(3), 100–119.
Hermawan, V. K., & Paramita, E. L. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keberlanjutan Minat Pengguna dalam Menggunakan Aplikasi Mhealth melalui Variabel Satisfaction. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 150–167. https://doi.org/10.26905/jbm.v8i1.5652
Hoque, S. I., Karim, A. M., Hosen, R., & Arjumand, D. (2021). Evaluation of Patients’ Satisfaction in Telemedicine Service Quality: a Case Study on Maizbhanderi Foundation, Fatikchari, Bangladesh. American Economic & Social Review, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.46281/aesr.v8i1.1295
Indriyarti, E. R., & Wibowo, S. (2020). Bisnis Kesehatan Berbasis Digital: Intensi Pengguna Aplikasi Digital Halodoc. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 4(2), 112–121. https://doi.org/10.30813/jpk.v4i2.2328
Izzati, V. A., & Firmanto, Y. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Kesehatan Halodoc melalui Model End User Computing Satisfaction Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 9(2), 1–16.
Kementerian Kesehatan RI. (2020). Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/303/2020 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kuntardjo, C. (2020). Dimensions of Ethics and Telemedicine in Indonesia: Enough of Permenkes Number 20 Year 2019 As a Frame of Telemedicine Practices in Indonesia? Soepra?: Jurnal Hukum Kesehatan, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.24167/shk.v6i1.2606
Layla, M. (2020). Analisis Kepuasan Penggunaan Aplikasi Zoom dalam mengikuti Webinar selama Pandemi COVID-19 menggunakan Webqual 4.0 (Studi Kasus: Dosen STAIN Sultan Abdurrahman Kepri). TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 169–177. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.142
Nada, N. Q., & Setyoningsih, W. (2015). Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Informatika Upgris (JIU), 1(2), 122–131.
Napitupulu, D. (2017). Analysis of factors affecting the website quality based on WebQual approach (study case: XYZ University). International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 7(3), 792–798. https://doi.org/10.18517/ijaseit.7.3.1748
Ningrum, N. S., & Budiani, M. S. (2023). Hubungan antara Perceived Usefulness dengan Kepuasan Pelanggan pada Pengguna Aplikasi Kesehatan X. Jurnal Psikologi Udayana, 10(1), 261. https://doi.org/10.24843/jpu.2023.v10.i01.p06
Nugroho, A. S., & Haritanto, W. (2022). Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan statistika (teori, implementasi & praktik dengan SPSS). Andi Offset.
Nurkalis, U., Adi, K., & Agushybana, F. (2019). Penilaian Usability Sistem Gasurkes “Go Bumil” untuk Pencarian Ibu Hamil di Wilayah Kota Semarang. Jurnal Manajemen
Kesehatan Indonesia, 7(1), 75–80. https://doi.org/10.14710/jmki.7.1.2019.75-80
Parmanto, B., Lewis, Jr., A. N., Graham, K. M., & Bertolet, M. H. (2016). Development of the Telehealth Usability Questionnaire (TUQ). International Journal of Telerehabilitation, 8(1), 3–10. https://doi.org/10.5195/ijt.2016.6196
Prasetiyo, D., & Lubis, E. E. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik dan Kualitas Informasi Aplikasi Mobile Alodokter terhadap Kepuasan Pengguna pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau. JOM FISIP: Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(2), 1–15.
Riyanto, A. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Telemedicine (Systematic Review). Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 9(2), 165–174. https://doi.org/10.33560/jmiki.v9i2.337
Salsabila, I. M., & Sari, K. (2022). Analysis of Factors Related to Intention-To-Use Telemedicine Services (Teleconsultation) in Jabodetabek Residents During the Covid-19 Pandemic in 2021. Journal of Indonesian Health Policy and Administration, 7(3), 262. https://doi.org/10.7454/ihpa.v7i3.6090
Sevtiyani, I., & Fatikasari, F. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna SIMPUS menggunakan Metode EUCS di Puskesmas Banguntapan II. Health Information Management Journal, 8(2), 64–68.
Sumarlin, R., Auli, R., & Anggraini, D. N. (2020). Dampak User Interface terhadap User Experience pada Sistem Informasi Manajemen Kesehatan Berbasis Web. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan, 5(1), 106–131. https://doi.org/10.25124/demandia.v6i1.2724
Syahputra, M. A. (2021). Pengaruh Kegunaan, Informasi, Layanan Interaksi, User Interface dan User Experience terhadap Kepuasan Pengguna Website detik.com menggunakan Metode WEBQUAL 4.0, User Experience Questionnaire (UEQ) dan Eight Golden Rules. Journal of Information System, Informatics and Computing, 5(2), 274–293. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i2.613
Tantarto, T., Kusnadi, D., & Sukandar, H. (2020). Analysis of Service Quality Towards Patient Satisfaction (Comparative Study of Patients Using Telemedicine Application and Face to Face Consultation in Healthcare). European Journal of Business and Management Research, 5(5), 1–7. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2020.5.5.516
Temesvari, N. A., Sukmarini, A. D., & Hasanah, M. N. (2023). Minat Mahasiswa menggunakan Halodoc Selama Pandemi Covid-19. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 11(1), 01–06. https://doi.org/10.47007/inohim.v11i1.400
Tiara, K., & Antonio, F. (2022). The Influence of Telemedicine Usability on Patient Loyalty Mediated by Patients’ Trust and Satisfaction?: A Study At Hospitals of State-Owned Enterprises In Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2326–2341. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3272%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3272/2751
Tsary, V. N., & Nuryana, I. K. D. (2020). Analisis Kualitas Layanan Website pada Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo dengan menggunakan Metode Webqual. Journal of Informatics and Computer Science, 02, 94–104.
Wiharja, A., Suryana, Y., & Parmiasih, E. E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Konsultasi Online terhadap Kepercayaan Pasien Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga di Rumah Sakit Melinda 2 Bandung. Holistik Manajemen: Jurnal Manajemen, 3(1), 18–29.
Wulandari, A., & Febrianti, F. (2022). Covid-19 Self-Isolation Telemedicine Service User Satisfaction in Indonesia. Al-Sihah: The Public Health Science Journal, 14(1), 142–152. https://doi.org/10.24252/al-sihah.v14i2.31793
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anggun Wulandari, Halimatus Mayda Zahra, Imilda Safitri, Mauliana Mauliana, Rhizsa Niematoon Naem, Rifaldi Rifaldi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).