KORELASI MUTU APLIKASI TELEHEALTH PADA MAHASISWA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT REGIONAL KOTA BANJARBARU

Authors

  • Anggun Wulandari Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Lambung Mangkurat
  • Halimatus Mayda Zahra Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Lambung Mangkurat
  • Imilda Safitri Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Lambung Mangkurat
  • Mauliana Mauliana Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Lambung Mangkurat
  • Rhizsa Niematoon Naem Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Lambung Mangkurat
  • Rifaldi Rifaldi Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.20956

Keywords:

Mahasiswa, Pelayanan Kesehatan Digital, Telehealth, Telehealth Usability Questionnaire

Abstract

Mahasiswa memiliki pehamaman yang fasih terhadap teknologi dan informasi digital. Salah satu digitalisasi pelayanan kesehatan dengan menggunakan aplikasi telehealth. Telehealth lebih sering digunakan oleh pengguna dengan tingkat pendidikan perguruan tinggi dan bertempat tinggal di perkotaan. Kedua wilayah perkotaan di Provinsi Kalimantan Selatan merupakan lokasi Universitas Lambung Mangkurat dengan dominasi fakultas berpangkalan induk di Kota Banjarbaru. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan korelasi mutu aplikasi telehealth pada mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat regional Kota Banjarbaru. Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelatif dengan kajian studi lintas seksional. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat regional Kota Banjarbaru dengan jumlah sampel 77 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Telehealth Usability Questionnaire (TUQ) yang terdiri 6 atribut antara lain satisfaction and future use sebagai variabel dependen dan variabel independen antara lain usefulness, ease of use, interface quality, interaction quality dan reliability. Analisis data menggunakan Spearman rho correlation test. Hasil penelitian didapatkan adanya korelasi yang kuat dan signifikan pada usefullness (p<0,001, ?=0,638), adanya korelasi yang kuat dan signifikan pada ease of use (p<0,001, ?=0,678), adanya korelasi yang kuat dan signifikan pada interface quality (p<0,001, ?=0,755), adanya korelasi yang kuat dan signifikan pada interaction quality (p<0,001, ?=0,822) dan adanya korelasi yang kuat dan signifikan pada reliabilty (p<0,001, ?=0,775). Semua atribut kuesioner TUQ memiliki keeratan yang kuat dan signifikan pada satisfaction and future use telehealth.

Author Biography

Anggun Wulandari, Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Lambung Mangkurat

Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat

References

Abigael, N. F., & Ernawaty. (2020). Literature Review: Readiness Assessment of Health Workers to Accept Telehealth and Telemedicine between Developed and Developing Countries. Jurnal Kesehatan, 11(2), 302–310. http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK

Adilah, F. N., Muthmainah, N., Skripsiana, N. S., Yuniarti, R., & Rahmiati. (2023). Profil Pasien Konfirmasi COVID-19 yang Dirawat di RSD Idaman Banjarbaru Periode 2020-2021. Homeostasis, 6(2), 321–332.

Angel, V. C., & Martha, E. (2022). Analisis Mutu Pelayanan Platform Telehealth Selama Masa Pandemi Covid-19 di Jabodetabek dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pengguna. Syntax Literate: Jurnal Imiah Indonesia, 7(7), 9318–9333. http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/8576/4979

AR, K., Musfikar, R., Ilham, R. A., & Yusuf, B. (2022). Pengukuran Kualitas Penggunaan Website Sistem Pakar Diagnosa Awal Mental Illness Psikosis dengan Metode WebQual. Pixel?:Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 15(1), 66–82. https://doi.org/10.51903/pixel.v15i1.713

Arini, A. D., Umiastuti, P., & Hidayati, A. N. (2022). The Correlation Between Online Doctor Application and The Quality Of Users’ Patient Health Service. International Journal of Research Publications, 114(1), 134–145. https://doi.org/10.47119/ijrp10011411220224235

Assidiq, A. M., Oktaviani, D., & Sandhi, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Layanan, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Telemedicine. Syntax Idea, 4(2), 240–258.

Azizahi, A. H., Ulum, M. B., & Sandfreni. (2023). Model Analisis Perilaku Pengguna terhadap Teknologi Telemedicine di Indonesia. Sebatik, 27(1), 231–238. https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2156

Badan Pusat Statistik RI. (2022). Perilaku Masyarakat pada Masa Pandemi COVID-19: Hasil Survei Perilaku Masyarakat pada Masa Pandemi COVID-19.

Badan Pusat Statistik RI. (2023). Statistik Kesehatan 2022.

Cahyani, L. I., Prilia, D. V., Mulya, F. A., Rizqi, M., & Zharifah, N. A. (2022). Kepuasan Masyarakat Provinsi Kalimantan Selatan dalam Menggunakan (Tele-Health) di Masa Pandemi Covid-19. JPPKMI: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 3(1), 1–7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jppkmi/article/view/52666%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jppkmi/article/download/52666/22727

Chandra, A., & Henriette Pattyranie Tan, P. (2022). Analysis of Factors Affecting E-Loyalty With E-Trust and E-Satisfaction as Mediation Variables on Halodoc Application Users in Indonesia. Quantitative Economics and Management Studies, 3(6), 983–997. https://doi.org/10.35877/454ri.qems1272

Chen, T., Cong, G., Peng, L., Yin, X., Rong, J., & Yang, J. (2020). Analysis of user satisfaction with online education platforms in china during the covid-19 pandemic. Healthcare, 8(3),

–26. https://doi.org/10.3390/healthcare8030200

Destiarini, Rahman, A., & Sumartayasa, K. (2023). Analisa Kualitas Website BPJS Kesehatan dengan Metode Web Qual 4 . 0 dan User Acceptance Testing di Wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Media Infotama, 19(2), 237–243.

Hajesmaeel-Gohari, S., & Bahaadinbeigy, K. (2021). The most used questionnaires for evaluating telemedicine services. BMC Medical Informatics and Decision Making, 21(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12911-021-01407-y

Hapsari, N. M., Prawiradilaga, R. Ri. S., & Muhardi. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan , Persepsi Kebermanfaatan , dan Kualitas Informasi terhadap Minat Masyarakat Kota Bogor dalam Penggunaan Layanan Telemedicine ( Studi Pada Pengguna Aplikasi Halodoc, Alodokter, Yesdok). Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & Sumber Daya Manusia, 4(3), 100–119.

Hermawan, V. K., & Paramita, E. L. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keberlanjutan Minat Pengguna dalam Menggunakan Aplikasi Mhealth melalui Variabel Satisfaction. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 150–167. https://doi.org/10.26905/jbm.v8i1.5652

Hoque, S. I., Karim, A. M., Hosen, R., & Arjumand, D. (2021). Evaluation of Patients’ Satisfaction in Telemedicine Service Quality: a Case Study on Maizbhanderi Foundation, Fatikchari, Bangladesh. American Economic & Social Review, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.46281/aesr.v8i1.1295

Indriyarti, E. R., & Wibowo, S. (2020). Bisnis Kesehatan Berbasis Digital: Intensi Pengguna Aplikasi Digital Halodoc. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 4(2), 112–121. https://doi.org/10.30813/jpk.v4i2.2328

Izzati, V. A., & Firmanto, Y. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Kesehatan Halodoc melalui Model End User Computing Satisfaction Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 9(2), 1–16.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/303/2020 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kuntardjo, C. (2020). Dimensions of Ethics and Telemedicine in Indonesia: Enough of Permenkes Number 20 Year 2019 As a Frame of Telemedicine Practices in Indonesia? Soepra?: Jurnal Hukum Kesehatan, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.24167/shk.v6i1.2606

Layla, M. (2020). Analisis Kepuasan Penggunaan Aplikasi Zoom dalam mengikuti Webinar selama Pandemi COVID-19 menggunakan Webqual 4.0 (Studi Kasus: Dosen STAIN Sultan Abdurrahman Kepri). TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 169–177. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.142

Nada, N. Q., & Setyoningsih, W. (2015). Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Informatika Upgris (JIU), 1(2), 122–131.

Napitupulu, D. (2017). Analysis of factors affecting the website quality based on WebQual approach (study case: XYZ University). International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 7(3), 792–798. https://doi.org/10.18517/ijaseit.7.3.1748

Ningrum, N. S., & Budiani, M. S. (2023). Hubungan antara Perceived Usefulness dengan Kepuasan Pelanggan pada Pengguna Aplikasi Kesehatan X. Jurnal Psikologi Udayana, 10(1), 261. https://doi.org/10.24843/jpu.2023.v10.i01.p06

Nugroho, A. S., & Haritanto, W. (2022). Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan statistika (teori, implementasi & praktik dengan SPSS). Andi Offset.

Nurkalis, U., Adi, K., & Agushybana, F. (2019). Penilaian Usability Sistem Gasurkes “Go Bumil” untuk Pencarian Ibu Hamil di Wilayah Kota Semarang. Jurnal Manajemen

Kesehatan Indonesia, 7(1), 75–80. https://doi.org/10.14710/jmki.7.1.2019.75-80

Parmanto, B., Lewis, Jr., A. N., Graham, K. M., & Bertolet, M. H. (2016). Development of the Telehealth Usability Questionnaire (TUQ). International Journal of Telerehabilitation, 8(1), 3–10. https://doi.org/10.5195/ijt.2016.6196

Prasetiyo, D., & Lubis, E. E. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik dan Kualitas Informasi Aplikasi Mobile Alodokter terhadap Kepuasan Pengguna pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau. JOM FISIP: Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(2), 1–15.

Riyanto, A. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Telemedicine (Systematic Review). Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 9(2), 165–174. https://doi.org/10.33560/jmiki.v9i2.337

Salsabila, I. M., & Sari, K. (2022). Analysis of Factors Related to Intention-To-Use Telemedicine Services (Teleconsultation) in Jabodetabek Residents During the Covid-19 Pandemic in 2021. Journal of Indonesian Health Policy and Administration, 7(3), 262. https://doi.org/10.7454/ihpa.v7i3.6090

Sevtiyani, I., & Fatikasari, F. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna SIMPUS menggunakan Metode EUCS di Puskesmas Banguntapan II. Health Information Management Journal, 8(2), 64–68.

Sumarlin, R., Auli, R., & Anggraini, D. N. (2020). Dampak User Interface terhadap User Experience pada Sistem Informasi Manajemen Kesehatan Berbasis Web. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan, 5(1), 106–131. https://doi.org/10.25124/demandia.v6i1.2724

Syahputra, M. A. (2021). Pengaruh Kegunaan, Informasi, Layanan Interaksi, User Interface dan User Experience terhadap Kepuasan Pengguna Website detik.com menggunakan Metode WEBQUAL 4.0, User Experience Questionnaire (UEQ) dan Eight Golden Rules. Journal of Information System, Informatics and Computing, 5(2), 274–293. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i2.613

Tantarto, T., Kusnadi, D., & Sukandar, H. (2020). Analysis of Service Quality Towards Patient Satisfaction (Comparative Study of Patients Using Telemedicine Application and Face to Face Consultation in Healthcare). European Journal of Business and Management Research, 5(5), 1–7. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2020.5.5.516

Temesvari, N. A., Sukmarini, A. D., & Hasanah, M. N. (2023). Minat Mahasiswa menggunakan Halodoc Selama Pandemi Covid-19. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 11(1), 01–06. https://doi.org/10.47007/inohim.v11i1.400

Tiara, K., & Antonio, F. (2022). The Influence of Telemedicine Usability on Patient Loyalty Mediated by Patients’ Trust and Satisfaction?: A Study At Hospitals of State-Owned Enterprises In Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2326–2341. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3272%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3272/2751

Tsary, V. N., & Nuryana, I. K. D. (2020). Analisis Kualitas Layanan Website pada Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo dengan menggunakan Metode Webqual. Journal of Informatics and Computer Science, 02, 94–104.

Wiharja, A., Suryana, Y., & Parmiasih, E. E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Konsultasi Online terhadap Kepercayaan Pasien Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga di Rumah Sakit Melinda 2 Bandung. Holistik Manajemen: Jurnal Manajemen, 3(1), 18–29.

Wulandari, A., & Febrianti, F. (2022). Covid-19 Self-Isolation Telemedicine Service User Satisfaction in Indonesia. Al-Sihah: The Public Health Science Journal, 14(1), 142–152. https://doi.org/10.24252/al-sihah.v14i2.31793

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Wulandari, A., Zahra, H. M., Safitri, I., Mauliana, M., Naem, R. N., & Rifaldi, R. (2023). KORELASI MUTU APLIKASI TELEHEALTH PADA MAHASISWA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT REGIONAL KOTA BANJARBARU. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 5358–5367. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.20956