GAMBARAN MUTU JASA PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM GMIM PANCARAN KASIH MANADO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.20178Keywords:
Mutu pelayanan, Rawat jalan , Rumah SakitAbstract
Rumah Sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan berkewajiban untuk memberi pelayanan yang maksimal. Mutu pada bidang pelayanan merupakan suatu alat ukur keperluan konsumen atas pemberian jasa untuk mengetahui seberapa banyak keuntungan yang akan didapatnya dengan biaya yang efisien supaya konsumen yang dalam hal ini adalah pasien rawat jalan bisa memperoleh pelayanan kesehatan. Mutu pelayanan kesehatan terbagi atas lima dimensi diantaranya, bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan serta empati. Observasi awal yang dilakukan peneliti mendapati bahwa untuk memperoleh pelayanan kesehatan, pasien perlu menunggu lama karena panjangnya antrean di rumah sakit. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui gambaran mutu jasa pelayanan kesehatan sesuai dengan lima dimensi mutu pada pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. Metode penelitian yang dipakai yakni pendekatan kuantitatif dengan metode survei deskriptif dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian berjalan dari bulan Maret hingga Agustus 2023. Sampel penelitian berjumlah 96 pasien yang dibawa dengan metode accidental sampling. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa dimensi bukti fisik (tangibility) terkategori baik dengan persentase 95,8% dimensi kehandalan (reliability) terkategori baik dengan persentase 99.0%, dimensi daya tanggap (responsiveness) terkategori baik dengan persentase 96,9%, dimensi jaminan (assurance) terkategori baik dengan persentase 99,0% dan dimensi empati (empathy) terkategori baik dengan persentase 99,0%. Pada penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan yakni, secara keseluruhan mutu jasa pelayanan kesehatan pada pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado terkategori baik.References
Akbar, M. I., & Ahmad, L. O. A. I. (2020). Survey tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan RSUD Kabupaten Buton Utara. Jurnal Kesehatan Masyarakat Celebes, 1(4), 1–10.
Damopolii, S. H., Tucunan, A. A. T., & Maramis, F. R. R. (2018). Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RS Bhayangkara TK
III Manado. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 7(5), 15–22.
Hakim, M. L., Cahyono, D., & Herlambang, T. (2019). Dampak Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 1–13.
Harini, T. L., Mantjoro, E. M., & Napoleon Tatura, S. N. (2023). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Pusat Ratatotok Buyat. Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(3), 189–198.
Maameah, M., Rumayar, A. A., & Mandagi, C. K. F. (2022). Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Bailang Kota Manado. Jurnal KESMAS, 11(4), 90–94.
Maulany, R. F., Dianingati, R. S., & Annisaa, E. (2021). Indonesian Journal of Pharmacy and Natural Product Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Akses Kesehatan. Indonesian Journal of Pharmacy and Natural Product, 4(2), 142–149.
Parasuraman, A. P., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL A Multiple-item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 30 Tahun 2022
Prastica, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Unit Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun. In Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun.
Putri, I.S, Yunita A. (2021). Buku Saku Mutu Pelayanan Kebidanan : Grafe Literasi. Yokyakarta.
Rajab, M. Al, & Andilah, S. (2023). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 18(1), 73–86.
Samsuddin, H., & Ningsih, E. R. (2019). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Pusat Dr Mohammad Hoesin Palembang. Jurnal Ecoment Global, 4(1), 63–73.
Siyen, S., Hadi, A. J., & Asriwati. (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara Tebing Tinggi. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 3(3), 267–274.
Syafe’i, I. (2023). Gambaran Kualitas Pelayanan Pada Instalasi Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Palangka Raya Tahun 2022. In Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Wardiah, R. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD dr. Rasidin Padang. Jurnal Human Care, 6(1), 225–231.
Wowor, J., Rumayar, A. A., & Maramis, F. R. R. (2019). Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Cantia Tompaso Baru. Kesmas, 8(6), 560–567.
Yuliani, T., Suparman, R., Mamlukah, M., & Wahyuniar, L. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rsud Linggajati Kabupaten Kuningan Tahun 2022. Journal of Health Research Science, 2(2), 134–143.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Patricia T. Manoppo, Franckie R. R. Maramis, Adisti A. Rumayar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).