EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) DALAM UPAYA PENCEGAHAN DIARE PADA SISWA SDN 02 LAMBU KIBANG TAHUN 2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.19974Keywords:
Cuci Tangan Pakai Sabun, Media Ular Tangga, PengetahuanAbstract
Cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir diakui secara global sebagai salah satu perilaku kebersihan yang paling mendasar dengan dampak kesehatan yang besar dapat mengurangi diare. Perilaku CTPS bisa terbentuk setelah memiliki pengetahuan tentang CTPS. Upaya yang dapat dilakukan untuk memberikan pengetahuan CTPS dengan memberikan media yang menarik seperti permainan ular tangga . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Media Permainan Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dalam upaya Pencegahan Diare Pada Siswa SDN 02 Lambu Kibang Tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif, Desain penelitian ini adalah Pre Experimental One Grup Pretest – Postest Desaign. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar kuesioner .Jumlah Sampel sebanyak 80 anak SDN 02 Lambu Kibang dengan teknik proportionate stratified random sampling. Uji bivariat menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian ada efektivitas media permainan ular tangga terhadap pengetahuan cuci tangan pakai sabun (CTPS) dalam upaya pencegahan diare pada siswa di SDN 02 Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung Tahun 2023 dengan Uji wilcoxon Signed Rank Test diperoleh p value 0,000 < 0,05. Saran penelitian ini adalah kepada SDN 02 Lambu Kibang dapat menggunakan media permainan ular tangga dalam meningkatkan pengetahuan anak sekolah dasar Khususnya tentang cuci tangan pakai sabun dalam kegiatan pembelajaran.References
Amareta. (2017). Peningkatan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Usia Sekolah dengan Metoda Emo Demo. Jurnal Kesehatan Lingkungan Vol. 9 No. 2., https://doi.org/10.29238/sanitasi.v9i2.756
Fitriastuti, E. S. (2015). Pengaruh Permainan Ular Tangga dan Buku Cerita Bergambar sebagai Media Promosi Kesehatan Terhadap Praktek Cuci Tangan Pakai Sabun. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 10(1), 63–72. https://doi.org/10.14710/jpki.10.1.63-72
Filia Sofiani Ikasari. (2020). Jenis Kelamin Perempuan Memiliki Keterampilan Cuci Tangan yang Baik pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia , 10(1) . https://doi.org/10.33221/jiiki.v10i01.439
Khaulani, F. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar,” 7(1).
Puskesmas Gilang Tunggal Makarta. (2022). Data Diare di Puskesmas Gilang Tunggal Makarta Tahun 2022.Tulang Bawang Barat : Gilang Tunggal Makarta.
Nora Filaela. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Sd Negeri Bergas Lor 2. http://repository2.unw.ac.id/576/23/S1_020116A021_ARTIKEL.pdf
Novarina D. (2010). Pengaruh Media Ular Tangga Tentang Tentang CTPS Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Dalam Upaya Pencegahan Diare. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 10(1), 89-95. https://doi.org/10.14710/jpki.10.1.63-72
Wulandari. (2021). Efektifitas pendidikan kesehatan Media Permainan Ular Tangga terhadap pengetahuan siswa tentang diare. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 95 – 102
Notoatmodjo Soekidjo. (2018). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Renika Cipta.
Nuranisah, S., & Kurniasari, L. (2020). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Tentang CTPS terhadap Pengetahuan dan Sikap dalam Upaya Pencegahan Diare ( Studi Pada Siswa Kelas 4 SDN 003 Palaran Kota Samarinda ). Borneo Student Research, 1(2), 1204–1209.
Wawan dan Dewi. (2010). Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nezara Anggy Diapharina, Nur Sefa Arief Hermawan, Nurul Aziza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).