TINJAUAN PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RSUD KOTA BANDUNG

Authors

  • Eka Rida Suria Ningsih Politeknik Piksi Ganesha
  • Ade Irma Suryani Politeknik Piksi Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.19535

Keywords:

Analisis, Kuesioner, Observasi, Rekam medis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendaftaran rawat jalan dan tingkat kepuasan pasien di RSUD Kota Bandung sebagai contoh institusi pelayanan kesehatan.Interaksi antara pasien dan petugas kesehatan, terutama di tempat pendaftaran rawat jalan, memiliki dampak besar pada kepuasan pasien, yang pada gilirannya dapat memengaruhi citra rumah sakit dan jumlah kunjungan pasien. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui berbagai  teknik,  termasuk  observasi,  kuesioner,  dan   studi   pustaka. Teknik pengambilan sampel menggunakan perhitungan rumus slovin dengan mengacu pada penelitian terdahulu yang menghasilkan data yang baik dalam  pembahasannya.Penelitian  dilaksanakan selama bulan Maret hingga Mei 2023, melibatkan 238  pasien  rawat  jalan  sebagai  responden. Data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner, wawancara, dan observasi terhadap proses pendaftaran. Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pasien merasa puas dengan pelayanan pendaftaran rawat jalan di RSUD Kota Bandung. Namun, ditemukan  beberapa  permasalahan terkait ketidakmampuan pasien untuk melakukan kontrol karena tidak membawa surat rujukan dari faskes lain. Hal ini mengindikasikan bahwa upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan memperbaiki prosedur pendaftaran dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kepuasan pasien. Dalam konteks pelayanan kesehatan, terutama di rumah sakit, kepuasan pasien  merupakan indikator penting dalam menilai kualitas pelayanan. Penelitian ini telah memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya pelayanan kesehatan dalam menjaga kesejahteraan masyarakat. Rekomendasi dan saran dapat diberikan untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan, sehingga dapat meningkatkan pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan di RSUD Kota Bandung dan menciptakan citra positif dalam masyarakat.

References

Ammenwerth, E., Graber, S., Herrmann, G., Burkle, T., & Konig, J. (2003). A comparative study of electronic health record user satisfaction in small and large medical clinics. Health Informatics Journal.

Anwar, R., Khursheed, M., & Iqbal, M. J. (2017). Role of healthcare infrastructure in economic development: a review of key issues and global perspectives. Journal of Economic Structures, 6(1), 1-12.

Bradley, E. H., Canavan, M., Rogan, E., Talbert-Slagle, K., Ndumele, C., Taylor, L., ...&

Curry,

L. (2015). Variation in health outcomes: the role of spending on social services, public health, and health care, 2000-09. Health Affairs, 34(10), 1813-1820.

Blyth, F. M., March, L. M., Nicholas, M. K., & Cousins, M. J. (2003). Effect of observational techniques on pain assessment. The Lancet.

Carman, K. L., Dardess, P., Maurer, M., Sofaer, S., Adams, K., Bechtel, C., & Sweeney, J. (2012). Use of patient satisfaction surveys and AHRQ hospital survey on patient safety culture in quality improvement. Agency for Healthcare Research and Quality.

DATA PUBLIKASI TRIWULAN IV (2021) : https://rsud.bandung.go.id/blog/indeks-kepuasan- masyarakat-triwulan-iv-tahun-2021.

Guna Phantiasa. & Leni Wiajaya. (2019). Tinjauan PENGARUH PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PLAJU PALEMBANG TAHUN 2019.

Hachem F, Canar J, Fullam F, et al. (2014). The relationships between HCAHPS communication and discharge satisfaction items and hospital readmissions. Patient Exp J, 1(2), 71–77.

Hsiao, W. C., Braun, P., Yip, W., & Becker, K. (2010). Social capital and performance of health financing and delivery in 68 countries. Social Science & Medicine, 70(6), 860-869.

Kruk, M. E., Gage, A. D., Arsenault, C., Jordan, K., Leslie, H. H., Roder-DeWan, S., ...& Lawn, J. E. (2018). High-quality health systems in the Sustainable Development Goals era: time for a revolution. The Lancet Global Health, 6(11), e1196-e1252.

Pascoe, G. C. (1983). "Patient satisfaction in primary health care: A literature review and analysis." Evaluation and Program Planning, 6(3-4), 185-210.

Pengertian Rumah Sakit Diambil Dari Artikel Berikut (2018): http://www.ncjrs.gov/htmllojjdp/news_acglance/216684/topstory.html tanggal 10 Agustus 2012.

Puput Melati, H. & Widya Tri, A.(2019). TINJAUAN ASPEK KEAMANAN DAN KERAHASIAAN DOKUMEN REKAM MEDIS DI RUANG FILLING RUMAH SAKIT KHUSUS (RSK) PARU MEDAN TAHUN 2018 (ed.2). Medan.

Scheffler, R. M., Arnold, D. R., & McCutcheon, A. (2018). The global health workforce shortage: role of surgeons and other providers. Advances in Surgery, 52(1), 63-84.

Siti Nurlian (2021). Judul Skripsi “Pengaruh Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Provinsi Sumatera Selatan.”

Sittig, D. F., & Singh, H. (2016). Impact of electronic health record systems on information integrity: Quality and safety implications. Perspectives in Health Information Management.

Vivi Yanti, A. & Abdi Setya, P.(2018). ANALISIS FAKTOR KUALITAS PELAYANANTERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RSUD DR. ACHMAD DARWIS.

WHO.(1957). "Pengertian Rumah Sakit menurut WHO."

Zeleke, S. A., Belay, Y. A., & Assefa, B. T. (2019). A comparative study on patient satisfaction and quality of health care services with emphasis on waiting time in the hospitals of Amhara Regional State, North Ethiopia. Health Services Insights.

Downloads

Published

2023-12-29