FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI PUSKESMAS RANGKASBITUNG KABUPATEN LEBAK BANTEN PERIODE JANUARI-JUNI 2022

Authors

  • Fani Santika Hermawan Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati
  • Nurhalina Nurhalina Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati
  • Nova Muhani Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.19405

Keywords:

Kualitas pelayanan kesehatan, Kepuasan pasien, Puskesmas

Abstract

Puskesmas merupakan gerbang pertama dalam penapisan dan pelayanan kesehatan baik perseorangan maupun masyarakat. Pelayanan yang baik akan menghasilkan kepuasan pasien yang ditandai dengan kepercayaan pasien untuk berobat di fasilitas tersebut. Lonjakan dan penurunan angka kunjungan pasien merupakan salah satu respon terhadap kualitas pelayanan kesehatan Angka kunjungan pasien BPJS di poli rawat jalan Puskesmas Rangkasbitung pada Februari-Maret 2023 mengalami kenaikan tercatat 1.015 menjadi 1.260 pasien. Sedangkan pada April 2023, terjadi penurunan yang signifikan hampir 50% kunjungan pasien BPJS yaitu sebanyak 581 pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien BPJS di poli rawat jalan Puskesmas Rangkasbitung. Penelitian ini  adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan  cross sectional dan populasi sebanyak 1.303 dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Teknik sampling yang digunakan dengan cara teknik non probability convenience sampling dengan uji analisis   univariat,   bivariat   menggunakan   Chi-Square   dan   analisis   multivariat menggunakan uji Regresi Logistik Berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kelengkapan klinis (p value 0,012), tenaga kesehatan dan pelayanan kesehatan (p value 0,001), perilaku dokter (p value 0,0001), prosedur pendaftaran dan administrasi (p value 0,0001), infrastruktur dan fasilitas (p value 0,005), profesionalitas dokter (p value 0,0001) dan resepsionis rawat jalan (p value 0,0001) terhadap kepuasan pasien. Hasil analisis multivariat menunjukan bahwa  faktor  yang  paling  dominan  terhadap  kepuasan  pasien  adalah  prosedur administrasi dan pendaftaran. Pendaftaran merupakan pintu pertama dimulainya interaksi antara petugas kesehatan dan pasien, sehingga sikap yang baik akan menghasilkan citra yang baik pula.

References

Aalto, A. M., Elovainio, M., Tynkkynen, L. K., Reissell, E., Vehko, T., Chydenius, M., & Sinervo, T. (2018). What patients think about choice in healthcare? A study on primary care services in Finland. Scandinavian Journal of Public Health, 46(4), 463–470. https://doi.org/10.1177/14034948177314 88

Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., Munthe, S. A., Hulu,

V. T., Budiastutik, I., Faridi, A., Ramdany, R., Fitriani, R. J., Tania, P. O. A., Rahmiati, B. F., Lusiana, S. A., Susilawaty, A., Sianturi, E., & Suryana. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan (J. Watrianthos, Ronal & Simarmata (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Afrashtehfar, K. I., Assery, M. K. A., & Bryant, S. R. (2020). Patient Satisfaction in Medicine and Dentistry. International Journal of Dentistry, 2020.

https://doi.org/10.1155/2020/6621848 Aggarwal, A., Aeran, H., & Rathee, M.

(2019). Quality management in healthcare: The pivotal desideratum. Journal of Oral Biology and Craniofacial Research, 9(2), 180–182. https://doi.org/10.1016/j.jobcr.2018.06.00 6

Alzoubi, M. M., Hayati, K. S., Rosliza, A. M., Ahmad, A. A., & Al-Hamdan, Z. M. (2019). Total quality management in the health-care context: Integrating the literature and directing future research. Risk Management and Healthcare Policy, 12, 167–177.

https://doi.org/10.2147/RMHP.S197038 Amankwah, O., Choong, W. W., &

Mohammed, A. H. (2019). Modelling the influence of healthcare facilities management service quality on patients satisfaction. Journal of Facilities Management, 17(3), 267–283. https://doi.org/10.1108/JFM-08-2018- 0053

Anderson, J. C., Rungtusanatham, M., & Schroeder, R. G. (1994). a Theory of Quality Management Underlying the Deming Management Method. Academy of Management Review, 19(3), 472–509. https://doi.org/10.5465/amr.1994.941227 1808

Arifin, S., Rahman, F., Wulandari, A., & Anhar, V. Y. (2016). Buku Ajar Dasar- Dasar Manajemen Kesehatan. Pustaka Banua. https://repository.unar.ac.id/jspui/bitstrea m/123456789/3399/1/Buku_Ajar_DD_M ankes_fix.pdf

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. (2014). Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan (p. 31). Jakarta: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). http://www.ropeg.kkp.go.id/upload_file/P anduan Praktis Pelayanan BPJS Kesehatan.pdf

Badru, Abdullatif Muhaji & Wainaina, L. (2018). Total Quality Management Practices And Service Delivery Of Public Hospitals And Primary Health Care Facilities In Mombasa County, Kenya. European Journal of Business and Strategic Management, 3(5), 63–84.

https://www.semanticscholar.org/paper/T otal-Quality-Management-Practices-And- Service-Of-%2C- Badru/d43f59561612f2ddfb48769be9d50 1d57beafdbc

Baidoun, S. D., Salem, M. Z., & Omran, O.

A. (2018). Assessment of TQM implementation level in Palestinian healthcare organizations: The case of Gaza Strip hospitals. TQM Journal, 30(2), 98–115.

https://doi.org/10.1108/TQM-03-2017- 0034

Batbaatar, E., Dorjdagva, J., Luvsannyam, A., & Amenta, P. (2015). Conceptualisation of patient satisfaction: A systematic narrative literature review. Perspectives in Public Health, 135(5), 243–250.

https://doi.org/10.1177/17579139155941 96

Essiam, J. (2013). Service Quality and Patients Satisfaction with Healthcare Delivery: Empirical Evidence from Patients of the Out Patient Department of a Public University Hospital in Ghana. European Journal of Bussiness and Managment, 5(28), 52–63. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/324 47519/Service_Quality_and_Patients_Sat isfaction_with_Healthcare_Delivery- libre.pdf?1393918357=&response- content- disposition=inline%3B+filename%3DIIS TE_Journals_November_Edition_Publica t.pdf&Expires=1694304868&Signa

Fang, J., Liu, L., & Fang, P. (2019). What is the most important factor affecting patient satisfaction – A study based on gamma coefficient. Patient Preference and Adherence, 13, 515–525. https://doi.org/10.2147/PPA.S197015

Gao, Q., Liu, M., Peng, L., Zhang, Y., Shi,

Y., Teuwen, D. E., & Yi, H. (2022).

Patient satisfaction and its health provider-related determinants in primary health facilities in rural China. BMC Health Services Research, 22(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12913-022- 08349-9

Ghazali, I. (2019). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9. Universitas Diponegoro.

Hastono, S. P. (2022). Analisis Data Pada Bidang Kesehatan (cetakan ke). Rajawali Press.

Hemadeh, R., Hammoud, R., Kdouh, O., Jaber, T., & Ammar, L. (2019). Patient satisfaction with primary healthcare services in Lebanon. International Journal of Health Planning and Management, 34(1), e423–e435. https://doi.org/10.1002/hpm.2659

Herawati, Ida, Ronal, S. A., & NIhayatul,

M. (1996). Manajemen Pelayanan Kesehatan. In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/ 269107473_What_is_governance/link/54 8173090cf22525dcb61443/download%0 Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://th ink- asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://w ww.jstor.org/stable/41857625

Horvat, A., & Filipovic, J. (2018). Service quality and maturity of health care organizations through the lens of Complexity Leadership Theory. Journal of Evaluation in Clinical Practice, 24(1), 301–307.

https://doi.org/10.1111/jep.12789 Indonesia, U.-U. R. (2004). Undang-Undang

Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. In Jakarta: Presiden Republik Indonesia. Sekretariat Negara. https://peraturan.bpk.go.id/Details/40787

Kamra, V., Singh, H., & Kumar De, K. (2016). Factors affecting patient satisfaction: an exploratory study for quality management in the health-care sector. Total Quality Management and Business Excellence, 27(9–10), 1013–

https://doi.org/10.1080/14783363.2015.1 057488

Kementerian Kesehatan RI. (2022). Permenkes 30 Tahun 2022 tentang Mutu Yankes. Jogloabang.

https://www.jogloabang.com/kesehatan/p ermenkes-30-2022-mutu-yankes

Moudatsou, M., Stavropoulou, A., Philalithis, A., & Koukouli, S. (2020). The role of empathy in health and social care professionals. Healthcare (Switzerland), 8(1), 7–9. https://doi.org/10.3390/healthcare801002 6

Nguyen, T. L. H., & Nagase, K. (2019). The influence of total quality management on customer satisfaction. International

Journal of Healthcare Management, 12(4), 277–285.

https://doi.org/10.1080/20479700.2019.1 647378

Permenkes, R. I. (2014). Petunjuk Teknis Sistem Indonesia Case Based Groups (INA CBG’s) Nomor 27 tahun 2014. Menteri Kesehatan Republik Indonesia. https://peraturan.bpk.go.id/Details/11756 4/permenkes-no-27-tahun-2014

Permenkes RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 Tentang Pedoman Manajemen Puskesmas. Menteri Kesehatan Republik Indonesia. https://peraturan.bpk.go.id/Details/11309 2/permenkes-no-44-tahun-2016

Permenkes RI. (2019). Pusat Kesehatan Masyarakat nomor 43. Menteri Kesehatan Republik Indonesia. https://peraturan.bpk.go.id/Details/13863 5/permenkes-no-43-tahun-2019

Permenkes RI. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, dan Unit Transfu. Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

https://yankes.kemkes.go.id/unduhan/file unduhan_1666854298_554914.pdf

Permenpan-RB. (2014). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. https://sippn.menpan.go.id/images/article/ temp/PERMENPAN NOMOR 15

TAHUN 2014 (1)-20220812142408.pdf

Perpres RI. (2018). Peraturan Presiden RI nomor 82 tentang Jaminan Kesehatan. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

https://peraturan.bpk.go.id/Details/94711/ perpres-no-82-tahun-2018

Puskesmas Rangkasbitung. (2022). Data Kunjungan Pasien.

Saeed, B., Tasmin, R., Mehmood, A., & Hafeez, A. (2020). Exploring The Impact Of Transformational Leadership And Human Resource Practices On Operational Excellence Mediated By. Knowledge Sharing?: A Conceptual Framework. February. https://www.researchgate.net/profile/Bilal

-Saeed- 6/publication/339353867_Exploring_The

_Impact_Of_Transformational_Leadershi p_And_Human_Resource_Practices_On_ Operational_Excellence_Mediated_By_K nowledge_Sharing_A_Conceptual_Frame work/links/5e4d1f90458515072da8bd3a/ Exploring-The-Impact-Of- Transformational-Leadership-And- Human-Resource-Practices-On- Operational-Excellence-Mediated-By- Knowledge-Sharing-A-Conceptual- Framework.pdf

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung.

Sulaiman, E. S. (2019). Manajemen Kesehatan Teori dan Praktik di Puskesmas. Gadjah Mada University Press.

Tao, W., Zeng, Z., Dang, H., Lu, B.,

Chuong, L., Yue, D., Wen, J., Zhao, R.,

Li, W., & Kominski, G. F. (2020). Towards universal health coverage: Lessons from 10 years of healthcare reform in China. BMJ Global Health, 5(3), 1–9. https://doi.org/10.1136/bmjgh-

-002086

Undang-Undang Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tentang Pemerintahan Daerah. Presiden RI. https://jdih.perpusnas.go.id/file_peraturan

/UU0232014.pdf

Wijaya, T. (2016). Analisis Multivariat untuk Penelitian Manajemen.

Yulianti, A. (2016). Definisi dan Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan. Mutupelayanankesehatan.Net. https://mutupelayanankesehatan.net/3744

-definisi-dan-dimensi-mutu-pelayanan- kesehatan

Zaman, S. Bin, & Hossain, N. (2017). Universal Health Coverage: A burning need for developing countries. Journal of Medical Research and Innovation, 1(1), 18–20. https://doi.org/10.15419/jmri.41

Downloads

Published

2023-12-11