PENGARUH MAKE A MATCH METHOD TERHADAP PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN BANJIR PADA SISWA SDN 89
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.19232Keywords:
Banjir, Kesiapsiagaan, Metode Make A MatchAbstract
Bencana banjir merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Nilai kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan dari bencana banjir tidaklah sedikit, namun memberikan dampak yang besar. Banjir dirasakan oleh semua usia baik anak-anak, dewasa, ataupun lansia. Beberapa masalah yang dapat timbul akibat banjir diantaranya muncul masalah kesehatan fisik, mental, korban jiwa, kerusakan fasilitas umum, dan kerugian harta benda. Untuk mengurangi hal tersebut beberapa upaya dapat dilakukan dengan melakukan manajemen bencana. Manajemen bencana yang baik akan tercapai apabila didukung oleh pengetahuan kesiapsiagaan yang cukup. Pengetahuan yang diberikan sejak dini sangat penting karena anak-anak merupakan salah satu kelompok rentan yang paling berisiko terkena dampak bencana yang dipicu oleh faktor keterbatasan pemahaman tentang risiko bencana disekeliling mereka. Salah satu metode edukasi yang dapat meningkatkan pengetahuan adalah make a match. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode make a match terhadap pengetahuan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana banjir. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest and ostest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SDN 89 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakab purposive sampling dengan jumlah sampel 51 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji analisis data menggunakan uji wilcoxon signed-rank test. Hasil penelitian diperoleh nilai nilai Z -5,320 dengan p-value 0,000 dapat disimpulkan ada pengaruh sebelum dan setelah dilakukan perlakuan dengan metode make a match terhadap pengetahuan kesiapsiagaan banjir. Di harapkan metode make a match dapat dgunakan pada anak sekolah dasar dalam peningkatan pengetahuan.References
Adiyoso, W. (2018) Buku Manajemen Bencana: Pengantar dan Isu-Isu Strategi. Jakarta: Bumi Aksara.
Anies, (2018) Buku Manajemen Bencana Solusi Untuk Mencegah Dan Mengelola Bencana. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Apriyani, A., Maryanto, A., & Nurohman, S. (2016). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match dalam Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP Effects Of Cooperative Learning Model Make A Match Type of Learning Against Sciencesocial Skills and Outcomes Cognitive Student Junior High School. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(9), pp 1-7.
Arfianti Herminingsih, A. (2021). Pengaruh Metode Make A Match Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang HIV/AIDS pada Remaja Karang Taruna di RW 07 Kelurahan Sragen Tengah. Undergraduate Thesis. Solo : Universitas Kusuma Husada Surakarta.
BNPB (2011) Indeks Rawan Bencana Indonesia. Jakarta: BNPB.
BNPB (2017) Buku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana. Jakarta
BNPB. (2021). Infografis Kejadian Bencana Tahun 2021. https://bnpb.go.id/infografis/kejadian-bencana-tahun-2021
BPBD. (2022). Infografis Bencana Provinsi Bengkulu, BPBD Provinsi Bengkulu. https://bpbd.bengkuluprov.go.id/
Budiman, & Riyanto, A. (2013) Kapita Selekta Kuisioner Pengetahuan Dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika.
DPU (2003) Pedoman Pengendalian Pemanfaatan Ruang Di Kawasan Rewan Bencana Banjir. Jakarta: Ditjen Penataan Rungan Depertemen Pekerjaan Umum.
Indriasari, F. N., Hapsara, S., dan Setyarini, S. (2015) Pengaruh Pelatihan Siaga Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Anak Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Bencana. Magister Keperawatan Universitas Gadjah Mada. Universitas Gadjah Mada. Retrieved from https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/81332
Khambali, I., & ST, M. (2017). Manajemen penanggulangan bencana. Yogyakarta: Andi.
Lestari, T. (2015) Kumpulan Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: NuhaMedika.
Mulyani, D. (2014). Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Desa Ngombakan Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Undergraduate Thesis. Solo : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Notoatmodjo, S. (2012) Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta : Rineka Cipta.
Nurjanah, dkk. (2012). Manajemen Bencana. Bandung: ALFABETA.
Puspitaningrum, O. A., & Aly, S. T. (2016) Efektivitas Bahan Ajar Buku Panduan Pembelajaran Kebencanaan Kabupaten Klaten Pada Bencana Banjir Dengan Menggunakan Strategi Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Trucuk. Undergraduate Thesis. Solo : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rosita, T. (2018) Pengaruh Metode Pembelajaran Make a match terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Kesehatan Reproduksi Siswa Kelas VIII SMP. Program Studi Pendidikan Ner Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya. Universitas Airlaangga. Retrieved from https://repository.unair.ac.id/85174/
Saputra, N. G., Rifai, M., & Marsingga, P. (2021) ‘Strategi Penanggulangan Bencana Banjir Kabupaten Karawang di Desa Karangligar sebagai Desa Tangguh Bencana. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 8(1), pp 62-76.
Setiawati, I., Utami, G. T., & Sabrian, F. (2020) ‘Gambaran Pengetahuan dan Sikap Perawat tentang Kesiapsiagaan Pelayanan Kesehatan dalam Menghadapi Bencana Banjir. Jurnal Ners Indonesia, 10(2), pp 158-169.
Simanjuntak, A. Y. (2019). Pengaruh Pembelajaran Make a Match Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pencegahan Anemia pada Anak Sekolah Kelas III, IV, V SDN. 107982 Kec. Lubuk Pakam. Politeknik Kesehatan Medan. Retrieved from http://ecampus.poltekkes-medan.ac.id/xmlui/handle/123456789/5778
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hanifah Hanifah, Dian Dwiana Maydinar, Marlin Sutrisna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).