HUBUNGAN ANTARA SIKAP DENGAN PERILAKU PEMILIHAN STREET FOOD PADA REMAJA DI PASAR LAMA KOTA TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.18637Keywords:
Perilaku, Remaja, Sikap, Street FoodAbstract
Remaja merupakan masa transisi dari anak menuju dewasa. Pada masa ini sebagian besar remaja sudah mampu menentukan makanan dan minumannya sendiri terutama pada jajanan yang dikonsumsi. Pesatnya perkembangan bisnis dibidang kuliner didasari oleh perubahan budaya dan sikap masyarakat terhadap konsumsi makanan. Hal ini didukung oleh remaja cenderung membeli jajanan terutama street food karena pilihan yang beragam dan murah. Perilaku dalam memilih street food dapat dipengaruhi banyak sekali faktor, salah satunya yaitu sikap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan sikap dengan perilaku pemilihan street food pada remaja di Pasar Lama Kota Tangerang. Penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan secara online melalui kuisioner google form yang disebarkan melalui media sosial Twitter, Instagram, Line dan whatsapp. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang yang masuk dalam kriteria inklusi yaitu remaja akhir berusia 17-19 tahun, berdomisili di Kota Tangerang, dan dalam sebulan terakhir pernah membeli jajanan di Pasar Lama Kota Tangerang. Analisis data menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar remaja memiliki sikap yang baik (98%), dan perilaku yang positif (92%) terhadap pemilihan street food di Pasar Lama Kota Tangerang. Tidak adanya hubungan sikap dengan perilaku pemilihan street food (p=0,154) pada remaja di Pasar Lama Kota Tangerang.References
Adriani, M., & Wirjatmadi, B. (2016). Peranan Gizi Dalam Siklus Kehidupan. Kencana.
Badan Pusat Statistik. (2023). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin 2022. Https://Www.Bps.Go.Id/Indikator/Indikator/View_data_pub/0000/Api_pub/YW40a21pdTU1cnJxOGt6dm43ZEdoZz09/Da_03/1.
Badan Pusat Statistik Kota Tangerang. (2023). Penduduk menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kota Tangerang. Https://Tangerangkota.Bps.Go.Id/Indicator/12/60/1/Penduduk-Menurut-Kelompok-Umur-Dan-Jenis-Kelamin-Di-Kota-Tangerang.Html.
Jannah, N., Antara, M., & Effendy. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Mengkonsumsi Buah Jeruk Impor di Kota Palu. J. Agroland, 25(2), 121–129.
Laenggeng, A., & Lumalang, Y. (2015). Hubungan Pengetahuan Gizi dan Sikap Memilih Makanan Jajanan dengan Status Gizi Siswa SMP Negeri 1 Palu. Jurnal Kesehatan Tadulako, 1(1), 49–57.
Maduretno, I. S., Wirawan, N. N., & Setijowati, N. (2015). Niat dan Perilaku Pemilihan Jajanan Anak Sekolah yang Mendapatkan Pendidikan Gizi Metode Ceramah dan TGT. Idonesian Journal of Human Nutrition, 2(1), 23–37.
Pramono, A., & Sulchan, M. (2014). Kontribusi Makanan Jajan dan Aktivitas Fisik terhadap Kejadian Obesitas pada Remaja di Kota Semarang. Gizi Indonesia, 37(2), 129–136.
Rasyid, H. A., Sony, A. S., & Mita, P. (2018). Kadar Lemak Jajanan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Indonesian Journal of Human Nutrition, 5(1), 1–10.
Ratih, R. H., Herlina, S., & Yusmaharani. (2020). Hubungan Perilaku Makan dengan Status Gizi pada Remaja Putri di SMAN 2 Tambang. Jurnal SMART Kebidanan, 7(2), 95. https://doi.org/10.34310/sjkb.v7i2.397
Sulistyadewi, N. P. E., & Wasita, R. R. R. (2022). Pengetahuan Gizi Seimbang Terhadap Perilaku Pemilihan Makanan Jajanan Pada Remaja di SMK Kesehatan Bali Khresna Medika. Jurnal Kesehatan, 10(3), 140–148. https://doi.org/10.25047/j-kes.v10i3.338
Sunaryo. (2004). Psikologi untuk Perawatan. EGC.
Suryani, D., Suyitno, Ismail, A., & Sunarti. (2020). Perilaku Konsumen dalam Memilih Makanan Jajanan di Angkringan Gedongtengen, Kota Yogyakarta. Jurnal Dunia Kesmas, 10(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anggun Pinasti Ilahi, Annis Catur Adi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).