ZOOM EXHAUSTION AND FATIGUE PADA MASA PEMBELAJARAN HYBRID DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.18387Keywords:
Kata Kunci: Zoom exhaustion and fatigue, ZEF scale, zoom meetingAbstract
Pandemi Covid-19 mendorong pemerintah Indonesia menetapkan proses pembelajaran dilakukan secara daring. Sejak Maret 2020, pembelajaran secara daring menjadi pilihan utama untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Saat kasus Covid-19 mengalami penurunan, maka pembelajaran daring silih berganti dengan luring (hybrid). Pembelajaranecara daring ternyata menyebabkan kelelahan yang disebut dengan Zoom exhaustion and fatigue (ZEF), yang meliputi kelelahan umum, visual, sosial, motivasi, dan emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui skor ZEF saat pembelajaran hybrid pada mahasiswa kedokteran Universitas Tarumanagara. Penelitian ini merupakan studi deskriptif yang menggunakan desain cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi kuesioner ZEF scale melalui Google Form, selama periode Maret-April 2023 di saat pandemi Covid-19 sudah terkendali dan pembelajaran hybrid di Universitas Tarumanagara diberlakukan. Sampel penelitian ini berjumlah 138 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Hasil penelitian ini didapatkan rerata skor ZEF scale sebesar 2,52 (0,7), dengan kategori kelelahan umum didapatkan rerata skor tertinggi dibandingkan kategori lainnya yaitu sebesar 2,97 (0,8). Kategori kelelahan motivasi dan emosional didapatkan rerata skor terendah yaitu sebesar 2,35 (0,9). Perempuan memiliki rerata skor ZEF scale yang lebih tinggi daripada laki-laki, dengan rerata sebesar 2,59 (0,7) berbanding 2,37 (0,7). Angkatan 2020 didapatkan rerata skor ZEF scale tertinggi dibandingkan angkatan lainnya, dengan rerata sebesar 2,60 (0,8). Mahasiswa kedokteran mengalami Zoom exhaustion and fatigue tingkat sedang pada masa pembelajaran hybrid di Universitas Tarumanagara. Pandemi Covid-19 mendorong pemerintah Indonesia menetapkan proses pembelajaran dilakukan secara daring. Sejak Maret 2020, pembelajaran secara daring menjadi pilihan utama untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Saat kasus Covid-19 mengalami penurunan, maka pembelajaran daring silih berganti dengan luring (hybrid). Pembelajaranecara daring ternyata menyebabkan kelelahan yang disebut dengan Zoom exhaustion and fatigue (ZEF), yang meliputi kelelahan umum, visual, sosial, motivasi, dan emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui skor ZEF saat pembelajaran hybrid pada mahasiswa kedokteran Universitas Tarumanagara. Penelitian ini merupakan studi deskriptif yang menggunakan desain cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi kuesioner ZEF scale melalui Google Form, selama periode Maret-April 2023 di saat pandemi Covid-19 sudah terkendali dan pembelajaran hybrid di Universitas Tarumanagara diberlakukan. Sampel penelitian ini berjumlah 138 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Hasil penelitian ini didapatkan rerata skor ZEF scale sebesar 2,52 (0,7), dengan kategori kelelahan umum didapatkan rerata skor tertinggi dibandingkan kategori lainnya yaitu sebesar 2,97 (0,8). Kategori kelelahan motivasi dan emosional didapatkan rerata skor terendah yaitu sebesar 2,35 (0,9). Perempuan memiliki rerata skor ZEF scale yang lebih tinggi daripada laki-laki, dengan rerata sebesar 2,59 (0,7) berbanding 2,37 (0,7). Angkatan 2020 didapatkan rerata skor ZEF scale tertinggi dibandingkan angkatan lainnya, dengan rerata sebesar 2,60 (0,8). Mahasiswa kedokteran mengalami Zoom exhaustion and fatigue tingkat sedang pada masa pembelajaran hybrid di Universitas Tarumanagara.References
Billones, R., Liwang, J. K., Butler, K., Graves, L., & Saligan, L. N. (2021). Dissecting the fatigue experience: A scoping review of fatigue definitions, dimensions, and measures in non-oncologic medical conditions. In Brain, Behavior, and Immunity - Health (Vol. 15). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/j.bbih.2021.100266
De Oliveira Kubrusly Sobral, J. B., Lima, D. L. F., Lima Rocha, H. A., de Brito, E. S., Duarte, L. H. G., Bento, L. B. B. B., & Kubrusly, M. (2022). Active methodologies association with online learning fatigue among medical students. BMC Medical Education, 22(1). https://doi.org/10.1186/s12909-022-03143-x
Fauville, G., Luo, M., Queiroz, A. C. M., Bailenson, J. N., & Hancock, J. (2021). Zoom Exhaustion & Fatigue Scale. Computers in Human Behavior Reports, 4. https://doi.org/10.1016/j.chbr.2021.100119
Jannah, A. N. (2022). Regulasi emosi dengan Zoom fatigue pada mahasiswa. JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan). 1-4. http://repository.untag-sby.ac.id/18437/8/JURNAL.pdf
Kasai, H., Shikino, K., Saito, G., Tsukamoto, T., Takahashi, Y., Kuriyama, A., Tanaka, K., Onodera, M., Yokoh, H., Tatusmi, K., Yoshino, I., Ikusaka, M., Sakao, S., & Ito, S. (2021). Alternative approaches for clinical clerkship during the COVID-19 pandemic: online simulated clinical practice for inpatients and outpatients-A mixed method. BMC Medical Education, 21(1), 149. https://doi.org/10.1186/s12909-021-02586-y
Kemendikbudristek. (2020, March 24). Surat edaran mendikbud no 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (COVID-19).
Luh, N., Puspawati, P. D., & Muliawati, N. K. (2022). Kelelahan mata pada mahasiswa kepertawatan selama pembelajaran daring dimasa pandemic covid-19. In CARING (Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/10.36474/caring.v6i1.240
Oducado, R. M. F., Dequilla, M. A. C. V., & Villaruz, J. F. (2022). Factors predicting videoconferencing fatigue among higher education faculty. Education and Information Technologies, 27(7), 9713–9724. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11017-4
Dzahabiyyah, F. T. R (2021). Tingkat kelelahan pada mahasiswa fisioterapi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dimasa pandemi. Jurnal Universitas Aisyiyah Yogyakarta. http://digilib.unisayogya.ac.id/5666/
Pustikasari, A., & Fitriyanti, L. (2021). Stress dan Zoom fatigue pada mahasiswa selama pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 13(1), 25–37. https://doi.org/10.37012/jik.v13i1.467
Rektor Universitas Tarumanagara. (2020). Pelaksanaan pembelajaran dan bekerja terkait antisipasi pencegahan risiko dampak pandemi virus corona (COVID-19) (769-R; 2386).
Rektor Universitas Tarumanagara. (2023). Penyelenggaraan perkuliahan semester genap 2022/2023.
Sajodin, S., Anjani, U. S., & Yualita, P. (2022). Tingkat burnout mahasiswa dalam pembelajaran daring masa pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(1), 480–487. https://doi.org/10.31539/jks.v6i1.4492
Salim, J., Arnindita, J. N., & Tandy, S. (2022). Validation of the Indonesian translated Zoom Exhaustion and Fatigue (ZEF-I) scale: a RASCH Model and Factor Analysis. Fatigue: Biomedicine, Health and Behavior, 10(2), 107–118. https://doi.org/10.1080/21641846.2022.2059325
Salim, J., Tandy, S., Arnindita, J. N., Wibisono, J. J., Haryanto, M. R., & Wibisono, M. G. (2022). Zoom fatigue and its risk factors in online learning during the COVID-19 pandemic. Medical Journal of Indonesia, 31(1), 1–7. https://doi.org/10.13181/mji.oa.225703
Shafa Camila, A., Zahra Fadila, R., Daffa Salsabiila, R., & Aini Rakhmawati, N. (2021). Analisis pengaruh kondisi daring terhadap Zoom fatigue yang dialami mahasiswa semasa pandemi COVID-19. Information Management for Educators and Professionals, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.51211/imbi.v6i1.1598
Shahrvini, B., Baxter, S. L., Coffey, C. S., MacDonald, B. V., & Lander, L. (2021). Pre-clinical remote undergraduate medical education during the COVID-19 pandemic: a survey study. BMC Medical Education, 21(1). https://doi.org/10.1186/s12909-020-02445-2
Soekanto, A., Devi, E., Rianti, D., Anatomi, B., Kedokteran, F., Wijaya, U., Surabaya, K., & Biomedik, B. (2021). Analisis tingkat kelelahan mahasiswa dalam pembelajaran daring di era pandemi Covid-19 tahun ajaran 2020/2021. In Online) Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma (Vol. 10, Issue 2). https://journal.uwks.ac.id/index.php/jikw/article/view/1446/pdf
Tambun, M. S. M. O. S. S., & Oktaviannoor, H. (2021). Kelelahan mata dan keluhan MSDs perkuliahan daring selama pandemi COVID-19 pada mahasiswa di tiga Fakultas Universitas Sari Mulia (Program Studi Teknik Industri, D-IV Promosi Kesehatan dan Program Studi Manajemen). Jurnal Media Teknik Dan Sistem Industri, 5(2), 92. https://doi.org/10.35194/jmtsi.v5i2.1427
World Health Organization. (2020, March 7). Timeline: WHO’s COVID-19 response. World Health Organization.
Yudhistira, S., & Murdiani, D. (2020). Pembelajaran jarak jauh: kendala dalam belajar dan kelelahan akademik. MAARIF, 15(2), 373–393. https://doi.org/10.47651/mrf.v15i2.122
Zaini, M., Studi Ilmu Keperawatan, P., & Ilmu Kesehatan, F. (2021). Zoom in fatigue pada mahasiswa keperawatan selama periode pandemi COVID-19. Jurnal ilmu Kesehatan, 5(1),64-70. https://doi.org/10.33006/ji-kes.v5i1.257
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Iqram, Enny Irawaty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).