EFEKTIVITAS PEER ASSISTED LEARNING (PAL) PADA PRAKTIKUM ANATOMI PENDIDIKAN KEDOKTERAN: KAJIAN LITERATUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.18383Keywords:
anatomi, peer assisted learning, pendidikan kedokteranAbstract
Anatomi merupakan ilmu dasar yang penting pada pendidikan kedokteran. Mahasiswa kedokteran harus mempelajari anatomi karena tanpa pemahaman anatomi yang kuat, mahasiswa tidak dapat melakukan pemeriksaan fisik yang merupakan prosedur utama dalam menentukan diagnosis penyakit. Umumnya materi anatomi diberikan secara tradisional melalui kuliah dilanjutkan dengan praktikum. Dosen sebagai tutor secara aktif memberikan penjelasan pada mahasiswa pada saat praktikum (teacher centered). Metode tradisional ini dirasakan kurang relevan untuk dilaksanakan pada saat ini. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk melihat peran peer assisted learning (PAL) pada pendidikan kedokteran di Indonesia. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengkaji efektivitas metode PAL pada praktikum anatomi di pendidikan kedokteran. Penelitian ini merupakan kajian literatur dengan menggunakan database Google Scholar sebagai sumber untuk membandingkan artikel-artikel penelitian tentang penggunaan metode PAL pada praktikum anatomi pendidikan kedokteran. Dari 97 publikasi artikel yang diidentifikasi, ditemukan 6 artikel penelitian yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil kajian yang dilakukan terhadap 6 artikel menunjukkan bahwa metode PAL pada praktikum anatomi tidak menunjukkan peningkatan bermakna pada nilai posttest maupun hasil ujian praktikum. Hal ini menunjukkan metode PAL dapat memberikan manfaat yang sama dibandingkan dengan metode konvensional pada praktikum anatomi di pendidikan kedokteran. Keberhasilan metode ini bergantung pada keterlibatan dosen, perencanaan yang matang, latihan, dan dukungan kepada mahasiswa yang dilibatkan sebagai tutor.References
Arif, I. M., Lisiswanti, R., Sari, M. I., & Prabowo, A. Y. (2020). Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Peer Assisted Learning (PAL) Praktikum Anatomi Dengan Hasil Ujian Praktikum Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Medula, 10(2), 278–283.
Ayu, I., Puspita, K., Ayu, P., Damayanti, A., Wardani, N. P., Luh, N., & Diarthini, P. E. (2022). Perbedaan Antara Metode Pembelajaran Konvensional Dan Peer Assisted Learning (PAL) Terhadap Hasil Pembelajaran Praktikum Anatomi Pada Mahasiswa Semester I Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Medika Udayana, 11(5), 2022. http://ojs.unud.ac.id/index.php/eum64
Charkhat Gorgich, E. A., Sarbishegi, M., Barfroshan, S., & Abedi, A. (2017). Medical students knowledge about clinical importance and effective teaching methods of anatomy. Shiraz E Medical Journal, 18(12). https://doi.org/10.5812/semj.14316
Guraya, S. Y., & Abdalla, M. E. (2020). Determining the effectiveness of peer-assisted learning in medical education: A systematic review and meta-analysis. Journal of Taibah University Medical Sciences, 15(3), 177–184. https://doi.org/10.1016/j.jtumed.2020.05.002
Nugraha, Z. S., Khadafianto, F., & Fidianingsih, I. (2019). Refleksi Pembelajaran Anatomi pada Mahasiswa Kedokteran Fase Ketiga melalui Applied and Clinical Question. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 1(1), 21–27. https://doi.org/10.20885/rpi.vol1.iss1.art3
Putri Illahika, A., Djauhari, T., & . H. (2023). Evaluating Peer Assisted Learning (PAL) of the Online Study of Neuromusculoskeletal System Anatomy Based on the Objective Structured Practice Examination (OSPE) Scores. KnE Medicine, 2023(1), 8–14. https://doi.org/10.18502/kme.v3i2.13030
Simorangkir, S. J. V. (2015). Metode Pembelajaran Peer Assisted Learning pada Praktikum Anatomi. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 4(2), 58. https://doi.org/10.22146/jpki.25282
Veerabhadrappa, S. K., Ramalu, D. S., Jin, E. Y. S., Lyn, F. S., Valautham, D., Ramamurthy, P. H., Zamzuri, A. T. Bin, & Yadav, S. (2021). Effectiveness of online peer assisted learning as a teaching methodology for dental undergraduate students. Educacion Medica, 22(6), 320–324. https://doi.org/10.1016/j.edumed.2021.06.010
Wendra, W. (2021). Peer Assisted Learning: Dynamics of Anatomic Learning at The Faculty of Medicine Jendral Achmad Yani University. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2355–2362. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1391
Zhang, Y., & Maconochie, M. (2022). A meta-analysis of peer-assisted learning on examination performance in clinical knowledge and skills education. BMC Medical Education, 22(1), 1–15. https://doi.org/10.1186/s12909-022-03183-3
Zulvia, N. T., Andrianty, S. N., & Rahmayanti, Y. (2020). PERAN PEER ASSISTED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM ANATOMI DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ABULYATAMA. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 7(3), 540–546. https://doi.org/10.33024/jikk.v7i3.2967
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alex Alex
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).