EFEKTIVITAS PENDIDIKAN GIZI MELALUI MEDIA VIDEO DAN MOTION GRAPHIC TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI MENGENAI OBESITAS PADA REMAJA DI MTS DARUL IHSAN

Authors

  • Miratunnisa Miratunnisa Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika, Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur, Indonesia
  • Satriani Satriani Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika, Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur, Indonesia
  • Amiruddin Amiruddin Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika, Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.18379

Keywords:

Obesitas, Pendidikan Gizi, Pengetahuan, Remaja, Sikap

Abstract

Obesitas terjadi saat tubuh mengandung terlalu banyak lemak, yang bisa berakibat buruk pada kesehatan. Dampaknya meliputi penurunan masa hidup sehat dan munculnya masalah kesehatan. Fakta menunjukkan peningkatan obesitas pada remaja usia 13-15 tahun di Indonesia, dari 2,5% (2013) menjadi 4,8% (2018). Di Kalimantan Timur, obesitas remaja mencapai 7,1% berdasarkan data Riskesdas. Di Kota Samarinda, angka ini lebih tinggi, yaitu 9,03%, menduduki peringkat kedua. Studi ini bertujuan mencegah obesitas remaja dengan edukasi gizi melalui video dan motion graphic demi daya tarik yang lebih tinggi. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui Efektivitas Pendidikan Gizi Melalui Media Video dan Motion Graphic Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Gizi Mengenai Obesitas Pada Remaja Di MTS Darul Ihsan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis Quasy Experiment dan pendekatan Pre-Post Test With Control Group Design. Populasi sebanyak 143 siswa dipilih melalui metode Non Probability Sampling dengan Purposive Sampling didapati sampel sebanyak 58 siswa kelas 8. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan media edukasi berupa Motion Graphic. Data dianalisis univariat dan bivariat, serta diuji menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank dan Uji Mann-Whitney. Hasil analisis menunjukkan tidak ada perbedaan rata-rata efektivitas penyampaian informasi melalui media video dan motion graphic terhadap perubahan pengetahuan dan sikap remaja mengenai obesitas, dengan nilai p-value pada uji Mann-Whitney (p-value > 0.05).

References

Adriani, M. & Wijatmadi, B. (2012). Pengantar gizi masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Aini, S N. (2013). Faktor risiko yang Berhubungan dengan Kejadian Gizi Lebih pada Remaja di Perkotaan. Unnes Journal of Public Health. 2(1).

Amelia, Tasya & Ratih Kurniasari. (2021). Pengaruh Pengunaan Media Video Animasi dan Scrapbook terhadap Peningkatan Pengetahuan Obesitas pada Remaja.. Jurnal IZIDO. Vol 13 No 2.

Azwar, S. (2012). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.

Butler, et al. (2015). Clinically relevant known and candidate genes for obesity and their overlap with human infertility and reproduction. Journal of Assisted Reproduction and Genetics, 32(4), 495–508. https://doi.org/10.1007/s10815-014-0411-0

Dinas Kesehatan Kota Samarinda. (2021). Profil Kesehatan Kota Samarinda. Samarinda: Dinas Kesehatan Kota Samarinda.

Endraswara, S. (2012). Filsafat Ilmu: Konsep, Sejarah, dan Pengembangan Metode Ilmiah. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service (CAPS).

Febriani, C. A., Nuryani, D. D., & Elviyanti, D. (2019). Efektifitas Pemanfaatan Media Gambar Bergerak dan Video Animasi terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Gizi Seimbang pada Balita. Jurnal Kesehatan, 10(2), 181. https://doi.org/10.26630/jk.v10i2.1263

Fikriyah, M., Indrawati, & Gani, A. A. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Disertai Media Audio-Visual Dalam. Jurnal Pembelajaran Fisika FKIP Universitas Jember, 4, 181–186.

Hastuti, Pramudji. (2018). Genetika Obesitas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Indah. Jellyfa & Junaidi. (2021). Efektivitas penggunaan poster dan video dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang buah dan sayur pada siswa Dayah Terpadu Inshafuddin. Jurnal SAGO Gizi dan Kesehatan. Vol 2(2) 129-135. http://dx.doi.org/10.30867/gikes.v2i2.311.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesi. (2015). Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. Jakarta: Kemenkes RI

Kementrian Kesehatan RI. (2017). Panduan Pelaksanaan Gerakan Nusantara Tekan Obesitas (GENTAS). Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kurdanti, W., Suryani, I., Syamsiatun, N. H., Siwi, L. P., Adityanti, M. M., Mustikaningsih, D., & Sholihah, K. I. (2015). Jurnal Gizi Klinik Indonesia Faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian obesitas pada remaja. 11(04), 179–190.

Ma’mumah, Malikatul. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Booklet Terhadap Pengetahuan Ibu Laktasi di Wilayah Kerja Puskesmas Ciputat Timur. (Thesis). Diakses dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38022

Mawan, A. R., Indriwati, S. E., & Suhadi. (2017). Pengembangan Video Penyuluhan Perilaku. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 883–888.

Muthmainnah, Aisyah Fajrin & dkk. (2021). Pengaruh Pemberian Edukasi Gizi Menggunakan Media Podcast Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Obesitas Pada Remaja. Jurnal ARGIPA (Arsip Gizi dan Pangan). Vol 6(2) 95-110. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/argipa.

Ningsih, A. L., & Srimiati, M. (2021). Pengaruh Frekuensi Pendidikan Gizi Dengan Media Video Motion Graphic Tentang Anemia Terhadap Pengetahuan Dan Pola Konsumsi Siswi SMAN 72 Jakarta Utara. Jurnal Andaliman: Jurnal Gizi Pangan, Klinik Dan Masyarakat, 1(1), 31–38. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgpkm/article/view/24926

Notoatmodjo, S. (2012). Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo, S. (2014). Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Pujilestari, C. U., Nyström, L., Norberg, M., & Ng, N. (2019). Waist circumference and all-cause mortality among older adults in rural Indonesia. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(1). https://doi.org/10.3390/ijerph16010116

Ramadhanti, F. M., Sulistyowati, E., & Jaelani, M. (2022). Pengaruh Edukasi Gizi dengan Media Video Motion Graphics Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Obesitas Remaja. Jurnal Gizi, 11(1), 2022.

Rosengren, et al. (2015). Psychosocial factors and obesity in 17 high-, middle- and low-income countries: The Prospective Urban Rural Epidemiologic study. International Journal of Obesity, 39(8), 1217–1223. https://doi.org/10.1038/ijo.2015.48

Sania, A. R., Isdiany, N., Gumilar, M., Icwanuddin, I., & Sakinah, A. D. (2019). Peningkatan Pengetahuan dan Perilaku Sarapan Pada Anak Sekolah Dasar Dengan Media Video Animasi Motion Graphic. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 11(2), 45.

Susiyadi dan Siti Rokhayah. (2016). Pengaruh Obesitas Terhadap Disfungsi Seksual Wanita Di Kecamatan Patikraja Banyumas. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan. (14)3: 24-29

Sutrio & Andi Eka Yunianto. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Media Video Piring Makanku Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa. Jurnal Gizi Prima. Vol 6 Edisi 1. http://jgp.poltekkes-mataram.ac.id/index.php/home.

Umar, Fitriani, (2021). Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan Kelangsungan ASI Anak Usia di Bawah Dua Tahun. Jakarta: Penerbit NEM.

Yahya, Nadjibah. (2018). Kupas Tuntas Obesitas. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Miratunnisa, M., Satriani, S., & Amiruddin , A. . (2023). EFEKTIVITAS PENDIDIKAN GIZI MELALUI MEDIA VIDEO DAN MOTION GRAPHIC TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI MENGENAI OBESITAS PADA REMAJA DI MTS DARUL IHSAN. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 4054–4068. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.18379