HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DAN POLA MAKAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG ANGKATAN 2018
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.18330Keywords:
konsentrasi belajar, kualitas tidur, mahasiswa kedokteran, pembelajaran, pola makanAbstract
Konsentrasi belajar sangat penting dilakukan mahasiswa dalam pemusatan perhatian selama proses belajar berlangasung. Apabila seseorang sulit dalam melakukan konsentrasi, maka proses belajar yang dilakukan kurang maksimal. Kinerja otak sangat mempengaruhi tingkat konsentrasi belajar pada mahasiswa. Kurangnya asupan gizi dan kualitas tidur yang buruk pada mahasiswa dapat mengurangi kinerja otak sehingga dapat menurukan konsentrasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas tidur beserta pola makan dengan konsentrasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang Angkatan 2018. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret tahun 2021. Desain penelitian ini menggunakan penelitian cross sectional dengan jenis penelitian observasonal analitik. 148 populasi diambil dari angkatan 2018. Sampel penelitian ini adalah 70 orang Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang dengan menggunakan simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar kuisioner. Penetitian ini dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang Angkatan 2018 memiliki kualitas tidur berkategori ringan sebesar 53,4%, pola maka yang berkategori kurang sebesar 52,1% , dan konsentrasi belajar yang berkategori cukup sebesar 52,1%. Terdapat adanya hubungan yang signifikan antara kualitas tidur (p=0,012) serta pola makan (p=0,000) dengan konsentrasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang Angkatan 2018. Terdapat hubungan pola makan dan kualitas tidur dengan konsentrasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang Angkatan 2018.References
Agoes A, Lestari R, Dewi P. Pengaruh Senam Otak Terhadap Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa (umur 11-12 Tahun) di SDN Nambangan Kidul 05 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Majalah Kesehatan FKUB. 2010.
Al-faida N. Pengaruh Kebiasaan Sarapan Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa STIKES Persada Nabire Provinsi Papua. Ikesma J Ilmu Kesehat MasyarakatVol. 2021;17(2,September2021).
Andriani A. Hubungan Kualitas Tidur terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Akademi Kebidanan Internasional Pekanbaru Tahun 2016. Scientia Journal. 2016;4(4):383-90.
Arifin Z. Hubungan kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pada mahasiswa keperawatan universitas muhammadiyah purwokerto. Human Care Journal. 2020 Jul 1;5(3):650-60.
Caesarridha DK. Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Di Masa Pandemi Covid-19. J Med Hutama. 2021;2(4):1213–7.
Deliens T, Clarys P, Bourdeaudhuij, I. D., & Deforche B. Determinants of eating behavior in university students: a qualitative study using focus group discussions. BMC Public Heal. 2014.
Dewi NPSR, Citrawathi D., Giana GS. Hubungan Pola Sarapan dengan Konsentrasi Belajar Siswa Smp Negeri 2 Banjar. J Mat Sains, dan Pembelajarannya. 2020;14(1):168–80.
Djamalilleil S, Rosmaini, Dewi N. Hubungan Kualitas Tidur Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturahmah Padang Angkatan 2018. Heal Med Jounal. 2021;3(1):44–8.
Feriani DA. Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X Tkj 2 DAN XI Tkj 1 di SMK Negeri 1 Jiwan Kabupaten Madiun. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun; 2020.
Fitri NS, Syah NA, Asterina A. Hubungan antara Kualitas Tidur dengan Daya Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia. 2020 Nov 16;1(2).
Guyton AC HJ. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran Ed.11. 11th ed. Jaka: EGC; 2007.
Hulukati W, Djibran MR. Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik (Bimbingan dan Konseling Teor dan Prakt. 2018;2(1):73.
Izdihar NN. Hubungan Kualitas Tidur Terhadap Tingkat Depresi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Tahun Terakhir di SMAN 1 Muntilan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta; 2020.
Kemenkes. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Pedoman Gizi Seimbang. Kemenkes 2014. 2014;
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia. KemenkeS. 2019;
Kemenkes. Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia. Kemenkes. 2019. 2019;
Kemenkes. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Undang-undang No. 75 Tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan bagi Bangsa Indonesia. Jakarta: Author. 2013;
Khairiyah EL. Pola Makan Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2016 (Bachelor's thesis, FKIK UIN Jakarta).
Kurniati T. Pengaruh Sarapan Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2020 Feb 16;4(1):26-9.
Lisiswanti R, Rodiani, Saputra O, Sari MI Z, NH. Hubungan Antara Kualitas Tidur terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. J Agromedicine. 2019;6(`):68–70.
Lu T, Yang X. Effects of the Visual/Verbal Learning Style on Concentration and Achievement in Mobile Learning. EURASIA J Math Sci Technol Educ. 2018;14(5):1719–29.
Muharni M, Mairyiani H, Ryanti S. Perbedaan Pola Makan, Aktivitas Fisik Dan Status Gizi Antara Mahasiswa Indekos Dan Tidak Indekos Poltekkes Kemenkes Riau. J Prot Kesehat. 2018;4(1):7–14.
Nilifda H, Nadjmir N, Hardisman H. Hubungan kualitas tidur dengan prestasi akademik mahasiswa program studi pendidikan dokter angkatan 2010 FK Universitas Andalas. Jurnal kesehatan andalas. 2016 Jan 1;5(1).
Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta?: Rineka Cipta; 2012.
Sagala VP. Kualitas Tidur Dan Faktor-Faktor Gangguan Tidur Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Medan Johor. [Skripsi]. Universitas Sumatera Utara; 2013.
Suwardhani FM, Irdawati SK, Suryandari D, Ns SK. Perbedaan Tingkat Konsentrasi Pada Siswa Yang Melakukan Sarapan Pagi Dengan Yang Tidak Melakukan Sarapan Pagi Di SDN Gondang III Kecamatan Nawangan Pacitan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Setiani AC, Setyowani N, Kurniawan K. Meningkatkan konsentrasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. 2014;3(1).
Tedja RF. Efektivitas Teknik Bimbingan Literasi Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam. 2017 Sep 18;5(3):311-28.
Soekardjo SE. Hubungan Kualitas tidur dengan Nlai Hasil Belajar Siswa SD Negeri 5 Alasbuluh Kecamattan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi. Healthu. 2017;6(1):31–41.
Simanjuntak EC, Ginting T, Siahaan PB, Buenita B. LITERATURE STUDY OF THE RELATIONSHIP OF DINING AND BREAKFAST PATTERNS WITH LEARNING ACHIEVEMENT IN BASIC SCHOOL CHILDREN. JURNAL KESMAS DAN GIZI (JKG). 2020 Oct 31;3(1):56-72.
Wahyudi AA, Hidayat T, Jasmani SP, Rekreasi K, Keolahragaan fi. Passing Bawah Bola Voli Pada Peserta Ekstrakurikuler Putra SMK Negeri 2 Pamekasan Tahun Pelajaran 2017 / 2018. 2018;06:88–93.
Widhiyanti KT, Ariawati N RN. Pemberian Back Massage Durasi 60 Menit Dan 30 Menit Meningkatkan Kualitas Tidur Padamahasiswa Vi A Penjaskesrek Fpok Ikip Pgri Bali Semester Genap Tahun 2016/2017. J Pendidik Kesehat Rekreasi. 2017;3(1):9–18.
Widodo M. Pengaruh Sarapan Terhadap Skor Konsentrasi Mahasiswa Jurusan Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Unsoed. Mandala Heal. 2015;8(3):622–7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eros Bimo Laksmana, Annta Kern Nugrohowati, Andra Novitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).