ANALISIS INDEKS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN PADA PESERTA BPJS DI RSU X KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.18295Keywords:
Rumah Sakit, Indeks Kepuasan Pasien, Pelayanan KesehatanAbstract
Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan karaktirtik yang dipengaruhi oleh perkembangan. Terdapat SPM rumah sakit sebagai ketentuan tentang jenis mutu pelayanan dasar yang berhak didapat oleh setiap warga. Diketahui SPM RSU X dibawah standar yang telah ditetapkan. Untuk Menganalisis Indeks Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Pada Peserta BPJS di RSU X Kota Medan. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain cross sectional dan dilakukan pada bulan juni – Juli Tahun 2023. Populasi dalam penelitian ini yaitu 1.404, sampel penelitian ini sebanyak 55 yang merupakan pasien bpjs pada pelayanan rawat jalan di RSU X Kota Medan dengan teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling dan menggunakan teknik analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil Uji Chi – Square terdapat hubungan antara unsur indeks kepuasan pasien seperti persyaratan pelayanan (0,011<0,05), prosedur pelayanan (0,004<0,05), waktu penyelesaian pelayanan (0,001<0,05), biaya/tarif (0,003<0,05), produk spesifikasi (0,001<0,05), kompetensi petugas kesehatan (0,007<0,05), perilaku petugas kesehatan (0,003<0,05), penanganan/pengaduan (0,002<0,05), sarana dan prasarana (0,004<0,05) dengan kepuasan pasien bpjs di RSU Mitra Sejati Kota Medan. Pada hasil Uji Regresi Logistik variabel unsur yang berpengaruh dengan kepuasan pasien yaitu waktu penyelesaian dan penanganan, pengaduan, saran dan masukan karena memiliki nilai P – value < 0,05. Dan variabel yang paling dominan yaitu waktu penyelesaian dengan nilai exp (B) sebesar 38.829 kali lebih berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Terdapat hubungan antara semua unsur indeks kepuasan pasien terhadap kepuasan pasien dan terdapat pengaruh antara unsur waktu penyelesaian dan penanganan, pengaduan, saran dan masukan dengan kepuasan pasien. Diharapkan kepada pihak RSU untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar meningkatkan kepuasan pasien.References
Adelina Miranda, C. (2019). Analisis Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Jalan UPTD. Agustus, 2(2), 142–151.
Ampu, M. N., & Fitriyaningsih. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS DI DESA SUANAE ( PUSKESMAS EBAN ) Berdasarkan Pasal 5 ayat ( 1 ) dan Pasal 52 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 mengenai Sistem Jaminan Sosial Nasional , harus dibentuk B. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 02(05), 167–174.
Fatrida, D., & Saputra, A. (2019). Hubungan Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan. Jurnal ’Aisyiyah Medika, 4, 11–21. https://doi.org/10.36729/jam.v4i1.229
Hariani, B. (2021). Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Lahat Tahun 2021 Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Lahat Tahun 2021.
Ilyas, D. F., Asriati, A., & Alifariki, L. O. (2020). Unsur Pelayanan Sesuai Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Dengan Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Puskesmas Liya,Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi. Gaster, 18(2), 119. https://doi.org/10.30787/gaster.v18i2.450
Mamuaya, A., Wali, F., & Wahongan, G. (2023). HUBUNGAN ANTARA KINERJA PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. SAM RATULANGI TONDANO Anita. 7(April).
Miranda, C. A., & Afriani, M. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Jalan UPTD Puskesmas Langsa Kota. 2(2), 62–70.
Nilasari, Y., Arisyahidin, & Askafi, E. (2021). Analisis Tarif Rumah Sakit Terhadap Kualitas Pelayana Pasien Umum dan Pasien BPJS di Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Kediri. 17(1), 1–25.
Permenpan, R. (2017). Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelanggara Pelayanan Publik. In Experimental Cell Research (Vol. 94, Issue 2).
Pujaswari, A. P., Fadila, N., & Febiana, C. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Rsud Lembang. Jurnal Menara Medika, 3(1), 66–73. http://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/article/view/2761
Suhartina, S., Ginting, T., Suyono, T., & Sipayung, W. A. (2022). Pengaruh Kompetensi Dan Kualitas Petugas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sei Agul Medan. Jurnal Kesmas Prima Indonesia, 2(2), 86–97. https://doi.org/10.34012/jkpi.v2i2.1391
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 44 TAHUN 2009. In Undang-Undang Republik Indonesia (Vol. 1). https://peraturan.go.id/common/dokumen/ln/2009/uu0442009.pdf
Wahyudi, A., & Rawalilah, H. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di RSUD X. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA, 5(2), 447–367. https://doi.org/10.32524/jksp.v5i2.702
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dedek Safitri, Fitriani Pramita Gurning
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).