RELATIONSHIP BETWEEN PARITY, EDUCATION AND EMPLOYMHUBUNGAN PARITAS, PENDIDIKAN, DAN PEKERJAAN DENGAN KEIKUTSERTAAN IBU DI KELAS IBU HAMIL DI POSKESDES RANTAU KUMPAI TAHUN 2023ENT WITH MOTHER PARTICIPATION IN PREGNANT WOMEN CLASSES AT RANTAU KUMPAI POSKESDES, 2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.18249Keywords:
ibu hamil, kelas ibu hamil, paritas, pendidikan, pekerjaanAbstract
Menurut data World Health Organization (WHO), angka kesakitan ibu ibu di dunia pada tahun 2022 adalah 305 per 100.000 kelahiran hidup, sekitar 830 wanita meninggal akibat komplikasi terkait kehamilan atau persalinan di seluruh dunia setiap hari. Sekitar 303.000 wanita meninggal selama dan setelah kehamilan dan persalinan. Angka kesakitan ibu di negara berkembang adalah 239 per 100.000 kelahiran hidup. Kelas ibu hamil merupakan sarana belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil dalam bentuk tatap muka dalam kelompok, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit penyerta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan paritas, pendidikan, dan pekerjaan dengan keikutsertaan kelas ibu hamil di Poskesdes Rantau Kumpai. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua seluruh ibu hamil yang berjumlah 32 ibu hamil. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yang berjumlah 32 ibu hamil. Data dianalisis dengan uji Chi-Square. Analisa univariat didapatkan ibu yang mengikuti kelas ibu hamil yaitu 14 (43.8%) responden lebih sedikit dari ibu yang tidak mengikuti kelas ibu hamil sebanyak 18 (56.3%) responden. Hasil analisa bivariat didapatkan bahwa ada hubungan bermakna antara paritas dimana nilai (P-Value = 0,043), ada hubungan bermakna antara pendidikan dimana nilai (P-Value = 0,000), ada hubungan bermakna antara pekerjaan dimana (P-Value = 0,021) dengan keikutsertaan ibu di kelas ibu hamil. Kesimpulan ada hubungan paritas, pendidikan dan pekerjaan dengan keikutsertaan ibu di kelas ibu hamil. Diharapkan setelah diberikan edukasi dan sosialisasi, ibu hamil dapat mengikuti kelas ibu hamilReferences
Era Nurisa Windari, Rismaina Putri, Siti Nur Astriani. Hubungan Karakteristik Ibu (Usia, Paritas, Pendidikan) Dan Dukungan Sosial Suami Dengan Keikutsertaan Senam Hamil Di Desa Pandanmulyo. Journal of Issues in Midwifery, Desember 2018 – Maret 2019, Vol. 2 No. 3, 30-40
Manuaba, Ida Bagus Gde. (2016). Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana. Jakarta : EGC
Kemenkes RI. (2018). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta : Kemenkes RI
Kemenkes RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018.
Mariam. (2018). Hubungan Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Teknik Menyusui Dengan Kejadian Bendungan Asi. Medisains : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan, Vol 15 No 3, pp 156-159.
Notoatmodjo, S. (2018). Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Jakarta: PT. Rineka
Cipta.
Pkm Penyandingan. (2022). Profil Puskesmas Penyandingan Posyandu Rantau Kumpai Tahun 2022.
Widia , R., & Astriani, S. N. (2017). Hubungan Karakteristik Ibu (Usia, Paritas, Pendidikan) Dan Dukungan Sosial Suami Dengan Keikutsertaan Senam Hamil Di Desa Pandanmulyo. Journal Of Issues In Midwifery. Vol.2 No.(3), pp 30–40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Windayani Windayani, Yulizar Yulizar, Putu Lusita Nati Indriani, Siti Aisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).