RELATIONSHIP BETWEEN PARITY, EDUCATION AND EMPLOYMHUBUNGAN PARITAS, PENDIDIKAN, DAN PEKERJAAN DENGAN KEIKUTSERTAAN IBU DI KELAS IBU HAMIL DI POSKESDES RANTAU KUMPAI TAHUN 2023ENT WITH MOTHER PARTICIPATION IN PREGNANT WOMEN CLASSES AT RANTAU KUMPAI POSKESDES, 2023

Authors

  • Windayani Windayani S1 Kebidanan Universitas Kader Bangsa
  • Yulizar Yulizar S1 Kebidanan Universitas Kader Bangsa
  • Putu Lusita Nati Indriani S1 Kebidanan Universitas Kader Bangsa
  • Siti Aisyah S1 Kebidanan Universitas Kader Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.18249

Keywords:

ibu hamil, kelas ibu hamil, paritas, pendidikan, pekerjaan

Abstract

Menurut data World Health Organization (WHO), angka kesakitan ibu ibu di dunia pada tahun 2022 adalah 305 per 100.000 kelahiran hidup, sekitar 830 wanita meninggal akibat komplikasi terkait kehamilan atau persalinan di seluruh dunia setiap hari. Sekitar 303.000 wanita meninggal selama dan setelah kehamilan dan persalinan. Angka kesakitan ibu di negara berkembang adalah 239 per 100.000 kelahiran hidup. Kelas ibu hamil merupakan sarana  belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil dalam bentuk tatap muka dalam kelompok, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit penyerta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan paritas, pendidikan, dan pekerjaan dengan keikutsertaan kelas ibu hamil di Poskesdes Rantau Kumpai. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua seluruh ibu hamil yang berjumlah 32 ibu hamil. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yang berjumlah 32 ibu hamil. Data dianalisis dengan uji Chi-Square. Analisa univariat didapatkan ibu yang mengikuti kelas ibu hamil yaitu 14 (43.8%) responden lebih sedikit dari ibu yang tidak mengikuti kelas ibu hamil sebanyak 18 (56.3%) responden. Hasil analisa bivariat didapatkan bahwa ada hubungan bermakna antara paritas dimana nilai (P-Value = 0,043), ada hubungan bermakna antara pendidikan dimana nilai (P-Value = 0,000), ada hubungan bermakna antara pekerjaan dimana (P-Value = 0,021) dengan keikutsertaan ibu di kelas ibu hamil. Kesimpulan ada hubungan paritas, pendidikan dan pekerjaan dengan keikutsertaan ibu di kelas ibu hamil. Diharapkan setelah diberikan edukasi dan sosialisasi, ibu hamil dapat mengikuti kelas ibu hamil

References

Era Nurisa Windari, Rismaina Putri, Siti Nur Astriani. Hubungan Karakteristik Ibu (Usia, Paritas, Pendidikan) Dan Dukungan Sosial Suami Dengan Keikutsertaan Senam Hamil Di Desa Pandanmulyo. Journal of Issues in Midwifery, Desember 2018 – Maret 2019, Vol. 2 No. 3, 30-40

Manuaba, Ida Bagus Gde. (2016). Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana. Jakarta : EGC

Kemenkes RI. (2018). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta : Kemenkes RI

Kemenkes RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018.

Mariam. (2018). Hubungan Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Teknik Menyusui Dengan Kejadian Bendungan Asi. Medisains : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan, Vol 15 No 3, pp 156-159.

Notoatmodjo, S. (2018). Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Pkm Penyandingan. (2022). Profil Puskesmas Penyandingan Posyandu Rantau Kumpai Tahun 2022.

Widia , R., & Astriani, S. N. (2017). Hubungan Karakteristik Ibu (Usia, Paritas, Pendidikan) Dan Dukungan Sosial Suami Dengan Keikutsertaan Senam Hamil Di Desa Pandanmulyo. Journal Of Issues In Midwifery. Vol.2 No.(3), pp 30–40.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Windayani, W., Yulizar, Y., Indriani, P. L. N., & Aisyah, S. . (2023). RELATIONSHIP BETWEEN PARITY, EDUCATION AND EMPLOYMHUBUNGAN PARITAS, PENDIDIKAN, DAN PEKERJAAN DENGAN KEIKUTSERTAAN IBU DI KELAS IBU HAMIL DI POSKESDES RANTAU KUMPAI TAHUN 2023ENT WITH MOTHER PARTICIPATION IN PREGNANT WOMEN CLASSES AT RANTAU KUMPAI POSKESDES, 2023. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 4477–4482. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.18249