PENGARUH KELEKATAN PADA ORANG TUA TERHADAP AGRESIFITAS PADA SISWA BOARDING SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.18089Keywords:
siswa, kelekatan, boarding school, agresivitasAbstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kelekatan Pada Orang Tua Terhadap Agresifitas Pada Siswa Boarding School” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Jenis dan faktor penyebab perilaku agresif siswa SMA. Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subjek penelitian ini 8 orang siswa, 4 aparatur personil sekolah yang terdiri dari guru BK, guru bidang studi, kepsek dan pembina asrama. Sedangkan objek penelitin ini adalah faktor-faktor penyebab perilaku agresif pada siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku agresif yang terjadi dikalangan siswa dapat diketahui bahwa jenis-jenis perilaku agresif yang terjadi pada siswa SMA adalah agresi fisik yang dilakukan dengan cara memukul, menendang, berkelahi, Selanjutnya agresi verbal seperti membentak, menghina memaki, membangkang, perasaan yang cepat marah dan kesal yaitu kemarahan, Ancaman atau perkelahian. Faktor penyebab perilaku agresif adalah keluarga yang termasuk didalamnya orang tua dan anggota keluarga yang suka melakukan kekerasan atau menampakan kekerasan dihadapan anak, teman sebaya baik disekolah maupun diluar sekolah yang suka menunjukan perilaku agresif, media yang sering memperlihatkan adegan kekerasan, serta perasaan dari dalam diri yang seperti frustasi, interpertasi, dan perasaan marah. Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi perilaku agresif ialah, memberikan konseling dan menanamkan nilai-nilai yang baik kepada siswa.References
Winarti, A., Cholilawati, C., & Istiany, A. (2014). Hubungan kelekatan orang tua dengan anak terhadap kecerdasan emosional remaja laki-laki di SMP. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 1(2), 70-77.
Juanda, M. J. N. (2018). Hubungan Kewajiban Anak Muda Terhadap Orang Tua Terhadap Keburukan Yang Dikatakan Dengan Hukum Pendidikan Pada Mahasiswa Pada Masyarakat Kehidupan Islam (Paparan Doktor, Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang).
Fibiola, K.I. (2022). Pengaruh Tingkat Religiusitas Terhadap Agresivitas Dewasa Muda (Penelitian Siswa Di Sman 9 Kertapati Kota Palembang). Diary of Media Human science (JMS), 25(2), 117-133.
Malihah, Z., dan Alfiasari, A. (2018). Perilaku cyberbullying pada remaja dan kaitannya dengan pengekangan dan korespondensi orang tua. Buku Harian Ilmu Keluarga dan Pembeli, 11(2), 145-156.
Zulaiha, Z., Husen, M., dan Bakar, A. (2019). Pemeriksaan variabel-variabel yang menyebabkan terjadinya kekerasan pada siswa. JIMBK: Mempelajari Arah dan Membimbing Buku Harian Logis, 4(1).
Saphyra, T.A. (2017). Pengaruh Pembinaan Mendalam dan Keterkaitan Orang tua Terhadap Tata Cara Paksa Berperilaku Siswa SMP Ibnu Sina Batam (Makalah Doktor, Sekolah Tinggi Muhammadiyah Malang).
Azzahra, F. (2023). Dampak Hubungan Orangtua-Muda Terhadap Tindak Tenang Pada Remaja Tingkat Smp (Paparan Doktor, Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang).
Yolanda, G., Karini, S.M., dan Supratiwi, M. (2018). Hubungan antara Kualitas Parental Connection dan Discretion dengan Forceful Conduct pada Siswa Sekolah Dasar di Kendalrejo Surakarta. Bicara, 10(2).
Kustanti, E.R. (2017). Kelekatan, kepercayaan diri, dan aklimatisasi sosial kepada para penyintas pelecehan. Diary of Brain science, 16(2), 113-121.
Kusumastuti, H., dan Hadjam, M.N.R. (2017). Unsur Keluarga dan Teman Kontrol Sosial pada Anak Muda Dalam Bahaya Penggunaan Narkoba Kronis. Gadjah Mada Diary of Brain research (GamaJoP), 3(2), 70-85.
Wahyuni, S., dan Asra, Y.K. (2014). Kecenderungan anak muda menjadi biang keladi dan korban pelecehan terkait sifat hubungannya dengan ibu bekerja. Marwah: Buku Harian Wanita, Agama dan Orientasi, 13(1), 1-20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amalia Yustiana Amran Amalia, Mulya Virgonita I. Winta, Erwin Erlangga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).