FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLI JANTUNG RSUP PROF. DR. R. D. KANDOU MANADO

Authors

  • Go Handayani Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi, Manado ,Divisi Jantung Dan Pembuluh Darah, Dokter Residensi, Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Aaltje E. Manampiring Bagian Kimia, Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Jimmy Posangi Bagian Farmakologi, Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.18008

Keywords:

mutu pelayanan kesehatan, kepuasan pasien, rumah sakit

Abstract

Rumah sakit tidak hanya berfungsi sebagai bagian integral dari struktur sosial dan kesehatan, tetapi juga berperan dalam memberikan layanan kesehatan yang komprehensif. Faktor-faktor yang berkontribusi pada kualitas layanan mencakup sistem rumah sakit, tenaga kerja, teknologi, dan partisipasi masyarakat. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh aspek bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan perhatian terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Poli Jantung RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado pada bulan Januari-Juli 2023. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif, menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel ialah sebagian dari populasi responden sebanyak 320 pasien. Data primer diperoleh dari wawancara langsung kepada pasien rawat jalan Poli Jantung RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado dan data sekunder yaitu rekapan pengunjung dan status rekam medis rawat jalan pasien. Analisis data pada penelitian ini yaitu analisis univariat, bivariat (regresi linear sederhana dan regresi berganda), dan multivariat (korelasi kuadrat). Hasil penelitian diperoleh masing-masing nilai sig 0,000 < 0,05 sehingga disimpulkan adanya pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Bukti fisik berpengaruh kuat terhadap kepuasan pasien sebesar 0,670. Keandalan berpengaruh kuat terhadap kepuasan pasien sebesar 0,643. Daya tanggap berpengaruh kuat terhadap kepuasan pasien sebesar 0,612. Jaminan berpengaruh cukup terhadap kepuasan pasien sebesar 0,343. Perhatian berpengaruh terhadap kepuasan pasien sebesar 0,365. Hasil uji regresi berganda secara bersama-sama diperoleh nilai konstanta kepuasan pasien 14,625 dan koefisien regresi variabel X1 sebesar 0,269, X2 sebesar 0,280, X3 sebesar 0,700, X4 sebesar 0,014, dan X5 sebesar 0,143. Koefisien regresi bernilai positif sehingga dapat disimpulkan pengaruh kelima variabel bebas apabila naik variabel terikat juga ikut naik. Hasil nilai R square sebesar 0,599 atau 59,9%, dapat disimpulkan bahwa kelima variabel bebas memberikan pengaruh terhadap variabel terikat sebesar 59,9%.

References

Aliman, N. K., & Mohamad, W. N. (2013). “Perceptions of service quality and behavioral intentions: A mediation effect of patient satisfaction in the private health care in Malaysia”. International Journal of Marketing Studies, 5(4), 15.

Burhanuddin. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rsud Syekh Yusuf Gowa. jurnal mkmi, Vol. 12 No. 1, Maret 2016

Bustami, (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.

Dewi, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.5, No.2, November 2016.

Eninurkhayatun, B., Suryoputro, A. dan Fatmasari, E. Y. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) Volume 5, Nomor 4, Oktober 2017 (ISSN: 2356-3346)

Evans, (2007). The Economic of Canadian Helath Care. Toronto: Butterworths

Ismana, M. (2015). Hubungan Antara Lima Dimensi Mutu Pelayanan Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Kesehatan. Vol 6, No 2.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/1128/2022 Tentang Standar Akreditasi Rumah Sakit. Jakarta.

Khairani, L. (2011). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Pasaman Barat. Tesis. Padang: UNAND.

Lampus, C. S. V., Umboh, A., & Manampiring, A. E. (2023). Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Medical Scope Journal, 4(2), 150–160.

Mernawati, D. dan Zainafree, I. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Public Health Perspective Journal 1 (1) (2016)

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika

Prabanastiti, S. (2018). Analisisi PErbedaan PErsepsi terhadap Mutu Pelayanan Antara Pasien BPJS dan Non- BPJS di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Aisyah MAdiun. Skripsi. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun.

Pratiwi. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Dirumah Sakit Sultan Immanudin Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Jurnal Asosiasi Dosen Muhammadiyah Magister Administrasi Rumah Sakit Vol.2 No 2 Juli 2016.

Putera, P. J. C., Posangi, J., & Manampiring, A. E. (2023). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Jalan RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou, Manado. Medical Scope Journal, 5(2), 222–231. https://doi.org/10.35790/msj.v5i2.46227

Purwoastuti, E. & Walyani, E. S., 2015. Mutu Pelayanan kesehatan dan Kebidanan.

Rahmawati. (2014). Hubungan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Pelanggan Pada Pasien Rawat Inap RSUD Bangkalan.Universitas Surabaya Vol.3 No.1 2014

Said, A., Pakpahan, S. P., & Damanik, H. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan upbjj-ut medan. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 264-273.

Sandag, S. M., Manampiring, A. E., & Ratag, G. A. (2023). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan di Rumah Sakit Bhayangkara TK III Manado. Medical Scope Journal, 4(2), 104-114.

Supriyanto, & Ernawaty M. (2010). Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. 2008. Pemasaran Strategi, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2012. Service Management. Yogyakarta: Andi

Ulinuha, F. 2014. Kepuasan Pasien Bpjs (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Terhadap Pelayanan Di Unit Rawat Jalan (Urj) Rumah Sakit Permata Medika Semarang Tahun 2014. Skripsi, Fakultas Kesehatan. UDINUS.

WHO. 2014. Health for the World’s Adolescents: A Second Chance in the Second Decade. Geneva, World Health Organization Departemen of Noncommunicable disease surveillance. (2014).

Wenas, A. R., Tatura, S., & Langi, F. F. 2022. Factors Correlated to Hospital Performance. e-CliniC, 10(1), 151-159.

Widyaningrum, Primastuti. 2013. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pasien Terhadap Pelayanan Kebidanan di BPM Martini Boyolali. Boyolali.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., dan Berry, L. L. 1990. Delivering Quality Service ; Balancing Customer Perception and Expectations. New York : The Free Press

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Handayani, G. ., Manampiring, A. E., & Posangi, J. . (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLI JANTUNG RSUP PROF. DR. R. D. KANDOU MANADO. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 47–61. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.18008

Issue

Section

Articles