PEMANFAATAN INOVASI PELAYANAN KESEHATAN MOBILE JKN PADA MASYARAKAT DI KOTA MEULABOH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.17914Keywords:
Mobile JKN, layanan kesehatan, inovasi, akses informasi, Kota Meulaboh.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pemanfaatan inovasi layanan kesehatan MobileJaminan Kesehatan Nasional (JKN) di masyarakat Kota Meulaboh. Mobile JKN adalah sebuah inovasi dalam layanan kesehatan yang memungkinkan akses informasi kesehatan dan layanan medis melalui perangkat mobile, seperti ponsel pintar. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat Kota Meulaboh yang telah menggunakan layanan Mobile JKN. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk memahami sejauh mana inovasi layanan ini telah dimanfaatkan dan bagaimana dampaknya terhadap masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan inovasi layanan kesehatan Mobile JKN di Kota Meulaboh cukup signifikan. Masyarakat merespons positif kehadiran layanan ini karena memberikan kemudahan akses informasi kesehatan dan memungkinkan mereka untuk mendapatkan layanan medis lebih cepat dan efisien. Selain itu, Mobile JKN juga membantu dalam mengurangi beban administratif dan biaya yang terkait dengan layanan kesehatan secara manual Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan inovasi ini, seperti keterbatasan infrastruktur teknologi di beberapa wilayah, kurangnya literasi digital di kalangan tertentu, dan kekhawatiran terkait privasi dan keamanan data kesehatan berdasarkan temuan penelitian, disarankan agar pemerintah dan penyedia layanan kesehatan terus meningkatkan infrastruktur teknologi dan pelatihan literasi digital di masyarakat. Selain itu, perlindungan data dan privasi harus diutamakan untuk memastikan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan layanan Mobile JKN.References
Almira, A., & Sutanto, J. E. (2018). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 250–259. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/687
Asmara, A. Y., & Rahayu, A. Y. S. (2019). Inovasi Pelayanan Kesehatan Gancang Aron Di Kabupaten Banyuwangi Dalam Perspektif Matrik Inovasi Sektor Publik. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 3(2), 57. https://doi.org/10.26740/jpsi.v3n2.p57-67
Budiman, M. R. (n.d.). Menghadapi Pendidikan di Era Reformasi. 1–9.
Darmawangsa, I., & Sanica, I. G. (2021). Penggunaan Digitalisasi Program Bpjs Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Bali Health Journal, 5(November).
Eprilianto, D. F., Sari, Y. E. K., & Saputra, B. (2019). Mewujudkan Integritasi Data Melalui Implementasi Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Digital. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 4(1), 30. https://doi.org/10.26740/jpsi.v4n1.p30-37
Fachrian, F. A., & Ode, S. (2018). Inovasi Pelayanan Transportasi Publik Kereta Commuter Indonesia DI Wilayah JABODETABEK. Jurnal Of Goverment - JOG, 4(1), 1–21. file:///Users/melissa/Documents/Rico/TUGAS KOMOR/JURANL LOKAL/Inovasi KCI.pdf
Fadhila, R., & Afriani, T. (2019). PENERAPAN TELENURSING DALAM PELAYANAN KESEHATAN: Literature Review. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 3(2), 77–84. https://doi.org/10.36341/jka.v3i2.837
Haqqi, H., & Wijayanti, H. (2019). Revolusi Industri 4.0 di tengah Society 5.0.
Komala, R., & Firdaus, A. (2020). Analisis Kualitas Layanan Mobile JKN Terhadap Kepuasan Peserta Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan. 6, 188–199.
Med, C. J. F. (2016). Penerapan Kypso Dalam Pelayanan Publik Sebagai Perwujudan New Public Service Paradigm. 4(1), 29–31.
Mustikasari, A. P. (2021). BPJS Kesehatan Memberikan Jaminan Kesehatan Terhadap Pasien Atau Masyarakat. 7, 146–154.
Patel. (2019). Tolak Ukur Kualitas Pelayanan Publik. 4(2), 9–25.
Pernando, E. J., Sunah, M. D. Al, & Qadarsih, A. M. (2021). Inovasi pelayanan Publik Bidang Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Rawang. Jurnal Administrasi Nusantara Mahasiswa, 3(6), 369–377.
Putra, B. K., Dewi, R. M., Fadilah, Y. H., & Roziqin, A. (n.d.). Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Melalui Mobile JKN di Kota Malang. 9, 1–13.
Putri, Yola Amanda et all (2022). Inovasi Pelayanan Informasi melalui Aplikasi Sentuh Tanahku pada Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara. Journal of Social and Policy Issues, 2(2), 86-94.
Solechan, S. (2019). Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Sebagai Pelayanan Publik. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 686–696. https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.686-696
Sukirno. (n.d.). Dokter Pustaka Inovasi Layanan Masa Pandemi Covid-19 di Perpustakaan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Gadjah Mada.
Triwahyuni, M., Putera, R. E., & Rahayu, W. K. (2020). Inovasi Pelayanan Kesehatan Kelas Imud Di Puskesmas Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat. Jurnal Public Policy, 6(1), 13. https://doi.org/10.35308/jpp.v6i1.1699
Wuladari, Ayu et al. (2019). Inovasi Bpjs Kesehatan Dalam Pemberian Layanan Kepada Masyarakat: Aplikasi Mobile Jkn. Jurnal Public Policy, 5(2), 98-107. https://doi.org/10.35308/jpp.v5i2.1119
Yanuar, R. M. (2019). Inovasi Pelayanan Publik (Studi Kasus: Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bantul Sebagai Layanan Kesehatan dan Kegawatdaruratan). Jurnal Ilmu Pemerintahan, 04(0274), 20. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/kemudi
www.bpjs.kesehatan.go.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nuril Ade Baskila, Teungku Nih Farisni, Fitriani Fitriani, Fikri Faidul Jihad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).