ANALISIS FAKTOR KARAKTERISTIK YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERSEPSI KEPUASAN PASIEN DI KLINIK BAYI TABUNG MORULA IVF TANGERANG TAHUN 2O23

Authors

  • Niken Eka Kurniati Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul
  • Intan Silviana Mustikawati Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.17871

Keywords:

Jenis kelamin, persepsi kepuasan pasien, pekerjaan, tingkat pendidikan, usia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis karakteristik faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di Morula IVF Tangerang Tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah Jenis penelitian kuantitatif dengan desain study cross sectional analitik. Jumlah populasi sebanyak 569 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan kuota sampling dan besar sampel 68 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan uji Chi-Square. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2022 – Juli 2023. Hasil univariat proporsi tertinggi kepuasan pasien merasa puas sebanyak 36 responden (52,9%), karakteristik individu pada usia dewasa awal sebanyak 41 (60.3%), pendidikan tinggi sebanyak 46 (67.6%), bekerja sebanyak 51 (75%), jenis kelamin perempuan sebanyak 43 (63,2%). Terdapat hubungan antara usia, pendidikan, dan jenis kelamin dengan kepuasan pasien, dan tidak terdapat hubungan pekerjaan dengan kepuasan pasien. Diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan klinik sehingga akan berpengaruh juga dengan kepuasan pasien terhadap kualitas layanan.

Author Biography

Intan Silviana Mustikawati , Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul

References

Adam, M. (2018). Efektivitas Sistem Informasi Pelayanan Pada Rumah Sakit. In Repository UB (Vol. 2, Issue 1).

Adhi, S. N., & Ningsih, K. P. (2020). Manajemen Data Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 3(2). https://doi.org/10.31983/jrmik.v3i2.6288

Budiman, Suhat, N. H. (2010). Hubungan Status Demografi dengan Kepuasan Masyarakat Tentang Pelayanan Jamkesmas di Wilayah Puskesmas Tanjungsari Kabupaten Bogor Tahun 2010 Budiman, Suhat, Nyai Herlina. 1–17.

Creswel, J. W. (2016). Research Design –Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. 164.

Dilla, Fajarwati, Cahyani, R., & Dkk. (2020). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Shttps://Www.Academia.Edu/8423075/Makalah_Manajemen_Pelayanan_Kesehatan_Universitas_Jenderal_Soedirman_Fakultas_Kedokteran_Dan_Ilmu_Ilmu_Kesehatan, 5(3).

Hermawati, L. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Farmasi Di Instalasi Farmasi RS Medika Permata Hijau Jakarta Barat. Universitas Esa Unggul.

Indrajaya, D. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Pada UKM Gallery. Jurnal IKRA-ITH Teknologi, 2(3), 1–6.

Irawan, B., Kurnia, R. A., Daniel, E., Achmady, S., & Sembiring, M. (2020). Pelayanan Rumah Sakit Berdasarkan Metode Service Quality ( Servqual ). Jkf, 3(1), 58–64.

Kemenkes RI. (2020). Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit. In Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan.

Kemenkes RI Dirjen P2P. (2020). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. In Kementerian Kesehatan RI (Vol. 5, Issue 1).

Mishbahuddin. (2020). Meningkatkan Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Tangga Ilmu, November 2020.

Muhammad, D., Almasyhuri, A., & Setiani, L. A. (2020). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Sekarwangi Cibadak Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 174–186. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11606

Ns. Herni, Sulastien, M. K., Putu Widi, Sudariani, S.kep., Ns., M. K., & Yuda, Prasetya, S. K. (2022). BUKU AJAR KEPERAWATAN GAWAT DARURAT. In Guepedia The First On-Publisher in Indonesia.

Oroh, M. E., Rompas, S., Pondaag, L., Studi, P., Keperawatan, I., Kedokteran, F., Sam, U., & Manado, R. (n.d.). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG INTERNA RSUD NOONGAN.

Prasetiyo, A. C. (2015). Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Blora Kabupaten Blora Tahun 2015.

Putri, P., Afandi, A., & Aringgar, D. (2021). Explorasi Karakteristik dan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Jember Exploration of Characteristics and Patient Satisfaction at Jember Hospital. Nursing Sciences Journal, 5(1), 35–40.

Rizkyani, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Persepsi Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di RS Siaga Raya Jakarta Selatan. Universitas Esa Unggul.

Saryadi, S. (2022). Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. In Tata Mutiara Hidup Indonesia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Penerbit Alfabeta.

Swastika, A. G., Setiyadi, N. A., & Werdani, K. E. (2021). Kajian Literatur Faktor-Faktor Yang Di Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Informasi Dan Administrasi Kesehatan, 4(1), 1–15.

Tonasih, T., & Gunawan, U. I. (2021). Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Klinik Pratama. Jurnal SMART Kebidanan, 8(1), 44. https://doi.org/10.34310/sjkb.v8i1.427

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Kurniati, N. E. ., & Mustikawati , I. S. . (2023). ANALISIS FAKTOR KARAKTERISTIK YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERSEPSI KEPUASAN PASIEN DI KLINIK BAYI TABUNG MORULA IVF TANGERANG TAHUN 2O23. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 3356–3363. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.17871