PERBEDAAN DEMONSTRASI DENGAN AUDIO VISUAL TENTANG PEMBERANTASAN DBD DI SMKN 4 PADANGSIDIMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v2i2.1783Keywords:
audio visual, dbdAbstract
Demam berdarah dengue (DBD) menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat dan endemis di sebagian kabupaten/kota di Indonesia. Salah satu upaya dalam menurunkan agka kesakitan yaitu dengan menerapakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Kegiatan ini dapat diaktifkan dengan cara malakukan penyuluhan kesehatan dengan berbagai metode seperti metode demonstrasi dan juga metode audio visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ada perbedaan efektivitas metode demonstrasi dengan audio visual tentang pemberantasan Demam Berdarah Dengue (DBD) di SMK Negeri 4 Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan the one group pre test – post test design. Penelitian dilakukan di wilayah Puskesmas Teluk Karang Kota Tebing Tinggi. Populasi penelitian yaitu siswa SMK kelas X dan sampel penelitian sebanyak 40 orang. Analisis data dengan menggunakan uji paired sample t-test. Hasil uji statistik menunjukkan ada pengaruh metode demonstrasi terhadap pengetahun, sikap dan tindakan tentang pemberantasan DBD dengan nilai p<0,005 dan hasil uji statistic juga menunjukkan bahwa ada pengaruh metode audio visual terhadap pengetahun, sikap dan tindakan tentang pemberantasan DBD dengan nilai p<0,005. Keimpulan dalam peneliin ini adalah metode demonstrasi tentang pemberantasan demam berdarah dengue terhadap perilaku siswa/siswi di SMK Negeri 4 Kota Padangsidimpuan lebih efektif dari pada metode audio visual.References
Anak, S., Di, S. D., Wedarijaksa, K., Pati, K., & Wibawa, C. (2007). Perbedaan Efektifitas Metode Demonstrasi Dengan Pemutaran Video Tentang Pemberantasan DBD Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Anak SD Di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Perbedaan Efektifitas Metode Demonstrasi Dengan Pemutaran Video Tentang Pemberantasan DBD Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Anak SD Di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati, 2(2), 115–129. https://doi.org/10.14710/jpki.2.2.115-129
Candra, A., Pengajar, S., Ilmu, B., Fakultas, G., & Universitas, K. (2019). No Title, 7(2), 23–31.
Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota, 14(2).
Kementerian Kesehatan RI. (2018). InfoDatin Situas Demam Berdarah Dengue. Journal of Vector Ecology. https://doi.org/10.3376/1081-1710(2006)31[71:aomtva]2.0.co;2
Orozco, A., Tabares, I., Sukmaningrum, P. S., Performance, F., Insurance, I., Pendahuluan, I., … Tabares, I. (2013). pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan media film dan leaflet terhadap pengetahuan dan sikap anak sekolah dasar di SDN 200208 dan SDN 200220 Kecamatan Padangsidimpuan Selatan tahun 2015. Jurnal Teknologi, 1(1), 69–73. https://doi.org/10.11113/jt.v56.60
Pertiwi, L., Ruspita, R., & Anitasari, C. D. (2020). PENGARUH PEMBERIAN PENYULUHAN KESEHATAN DENGAN METODE CERAMAH DAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG SEKS BEBAS PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 6 PEKANBARU. Al-Insyirah Midwifery: Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwifery Sciences), 9(2), 60–67. JOUR.
Pujiyanti, A. (2016). Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Dalam Rangka Pengendalian Vektor Dbd Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 26(2), 85–92. https://doi.org/10.22435/mpk.v26i2.4163.85-92
Setiyawan. (2013). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Wulandari, N. M. A., & Pudjawan, K. (2018). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI MELALUI KEGIATAN MERONCE UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B1 TK KARTIKA VII-3 SINGARAJA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(3), 214–221. JOUR.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Siti Aminah Hasibuan, Achmad Rifai, Nur Aini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).