GAMBARAN LITERASI KESEHATAN TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK SMA ADVENT UNKLAB AIRMADIDI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.17620Keywords:
literasi kesehatan, perilaku hidup bersih dan sehat, siswa SMAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran literasi kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah pada siswa SMA Advent UNKLAB Airmadidi. Penelitian ini akan dilakukan di SMA Advent UNKLAB Airmadidi, kelurahan Airmadidi Bawah, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara. Penelitian ini akan dilaksanakan pada bulan Maret – Mei 2023.Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 271 orang dan jumlah sampelnya dihitung menggunakan rumus Lemeshow adalah didapat sebanyak 82 orang.Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dan teknik probability sampling.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa karakteristik responden, kuisioner HLQ, laptop, printer, software statistik dan alat tulis menulis.Variabel pada penelitian ini yaitu Literasi Kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada peserta didik SMA Advent UNKLAB Airmadidi berdasarkan akses informasi yang di peroleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data responden dengan literasi kesehatan yang baik ini sebanyak 59,8% sedangkan responden dengan literasi kesehatan yang tidak memadai terdapat 40,2%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa gambaran literasi kesehatan pada siswa SMA Advent Airmadidi di UNKLAB sudah cukup atau dapat dikatakan baik berdasarkan data yang diperoleh dari kerja lapangan. Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah termasuk dalam perilaku baik. Fasilitas yang disediakan di sekolah juga cukup memadai bagi siswa untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.References
Afany, N., Rasyid, R., & Yulistini, Y. (2017). Hubungan Pengetahuan Mencuci Tangan dengan Kejadian Diare pada Siswa Kelas IV-VI SDN 11 Lubuk Buaya Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(2), 364. https://doi.org/10.25077/jka.v6i2.705
Aldiman. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada murid di SD Negeri Ujung Polo Cut Kecematan Bakongan, Timur. http://repository.unmuha.ac.id/xmlui/handle/123456789/286
Clouston, S. A. P., Manganello, J. A., & Richards, M. (2017). A life course approach to health literacy: The role of gender, educational attainment and lifetime cognitive capability. Age and Ageing, 46(3), 493–499. https://doi.org/10.1093/ageing/afw229
Dahliana. (2019). Gambaaran Perilaku Sosial Remaja Akhir terhadap Media Sosial di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–19. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_
Dinkes Jatim. (2018). Profil Kesehatan Jawa Timur 2018. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, 100. https://www.google.com/search?client=firefox-b-d&ei=zxpWXtieKq6c4-EPzvSfyAs&q=profil+kesehatan+jawa+timur+2018&oq=profil+kesehatan+jawa+timur+2018&gs_l=psy-ab.3..0i7i30l10.98332.105008..105951...0.4..0.1459.7810.2-1j0j2j2j2j3......0....1..gws-wiz.......0i
Fitri Sabil. (2018). Hubungan Health Litercay dan Self Efficiacy terhadap Self Care Management Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 di Puskesmas Kota Makassar (Batua, Antang dan Bara-Barayya). Transcommunication, 53(1), 1–8. http://www.tfd.org.tw/opencms/english/about/background.html%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0A
Handayani, Y. S., & Sulastri, A. (2022). Teacher Resilience Facing Technostress in the Implementation of Synchronous Hybrid Learning in Elementary School. Proceedings of the Interdisciplinary Conference of Psychology, Health, and Social Science (ICPHS 2021), 639(Icphs 2021), 170–181. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220203.027
Imam Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 9(1), 2011–2013.
Kavit, M. A. A. A., Purnami, C. T., Agushybana, F., & Dharminto, D. (2022). Hubungan Faktor Demografi dengan Literasi Kesehatan tentang Penyakit tidak Menular pada Lansia. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 10(2), 95–105. https://doi.org/10.14710/jmki.10.2.2022.95-105
Kelb, V., Vanessa Romotzky, D.-P., Agnes Wojtacki, -Päd, Sc, M., Woopen, C., & Kalbe, E. (2016). Gender-Sensitive Health Literacy – A Future Concept for Public Health? Welcome and Introduction Session 1: Health Literacy and Gender Medicine – Conceptial Foundations. http://www.ceres.uni-koeln.de/fileadmin/user_upload/Bilder/Dokumente/170327_Conference_Report_Gender-Sensitive_Health_Literacy.pdf
Kemenkes RI. (2022). Profil Kesehatan Indonesia 2021. In Pusdatin.Kemenkes.Go.Id.
Lemeshow, S., Jr, D. W. H., Klar, J., & Stephen K Lwanga. (1997). Besar sampel dalam penelitian kesehatan. Universitas Gajamada Jogja press.
Nasriyanto, E. N. (2018). Determinan sosial dan tingkat literasi kesehatan mahasiswa program sarjana reguler Universitas Indonesia tahun angkatan 2017/2018 = Social determinants and literacy levels of first-degree regular undergraduate program students University of Indonesia year. 10–12. http://lib.ui.ac.id
Nurhidayah, I., Asifah, L., & Rosidin, U. (2021). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. The Indonesian Journal of Health Science, 13(1), 61–71. https://doi.org/10.32528/ijhs.v13i1.4864
Osborne, R. H., Batterham, R. W., Elsworth, G. R., Hawkins, M., & Buchbinder, R. (2013). The grounded psychometric development and initial validation of the Health Literacy Questionnaire (HLQ). BMC Public Health, 13(1). https://doi.org/10.1186/1471-2458-13-658
Pawlak, R. (2005). Economic considerations of health literacy. Nursing Economics, 23(4), 173–180.
Putri, N. (2021). Hubungan Tingkat Literasi Kesehatan Dengan Kepatuhan Masyarakat Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan.
Sahroni, S., Anshari, D., & Krianto, T. (2019). Social Determinants of the Level of Health Literacy in Hypertension Patients in the Public Health Center of the Cilegon City. Faletehan Health Journal, 6(3), 111–117. https://journal.lppm-stikesfa.ac.id/index.php/FHJ/article/view/94/38%0Ahttps://www.neliti.com/publications/392221/social-determinants-of-the-level-of-health-literacy-in-hypertension-patients-in
Santosa, K. S., & Pratomo, H. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Literasi Kesehatan Pasien Pelayanan Kedokteran Keluarga. PREPOTIF?: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2), 681–692. https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i2.1798
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Verney, S. P., Gibbons, L. E., Dmitrieva, N. O., Kueider, A. M., Williams, M. W., Meyer, O. L., Manly, J. J., Sisco, S. M., & Marsiske, M. (2019). Health literacy, sociodemographic factors, and cognitive training in the active study of older adults. International Journal of Geriatric Psychiatry, 34(4), 563–570. https://doi.org/10.1002/gps.5051
White Sheida. (2008). Assessing the Nation’ s Health Literacy Key concepts and findings of the National. Amerika Serikat.
WHO. (2010). 539 Experience From a Multi-Disciplinary Dedicated Hand Osteoarthritis Clinic: the Role of Corticosteroid Intra-Articular Injection As Part of an Individualised Treatment Programme. In Osteoarthritis and Cartilage (Vol. 18). https://doi.org/10.1016/s1063-4584(10)60566-3
Yuliawati, S., Suganda, D., & Darmayanti, N. (2021). Peningkatan Literasi Kesehatan Di Tengah Pandemi Covid-19 Bagi Guru-Guru Sdn Di Kota Sukabumi. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 458. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.35467
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Femmy Claudia Desiree Patalo, Asep Rahman, Irny E. Maino
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).