PENGARUH JARAK TEMPAT PEMBUANGAN SEMENTARA (TPS) BOROBUDUR TERHADAP TINGKAT PENCEMARAN LOGAM BERAT KADMIUM (Cd) PADA AIR SUMUR

Authors

  • Indri Lelyna AnaMevia Program Studi S1 Kesehatan Lingkungan, STIKES Widyagama Husada Malang
  • Beni Hari Susanto Program Studi S1 Kesehatan Lingkungan, STIKES Widyagama Husada Malang
  • Septia Dwi Cahyani Program Studi S1 Kesehatan Lingkungan, STIKES Widyagama Husada Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.17523

Keywords:

jarak, TPS, kadmium, air sumur

Abstract

Air adalah unsur yang sulit untuk dipisahkan dari kehidupan manusia. Sumber air baku yang berasal dari air tanah rentan terhadap pencemaran yang berasal dari penggunaan pestisida, pupuk dan sampah. Sampah adalah salah satu pencemar yang sering kali menjadi penyebab menurunnya kualitas air. Sampah di kelola dengan berbagai cara salah satunya yaitu ditimbun pada Tempat Penampungan Sementara (TPS). Salah satu fenomena bahwa TPS memberikan kontribusi penting dalam pencemaran lingkungan adalah dengan dihasilkannya lindi (leachate). Air lindi yang masuk ke dalam tanah berpotensi menyebabkan pencemaran lingkungan di sekitar TPS. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh jarak Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Borobudur terhadap tingkat pencemaran logam berat Kadmium (Cd) pada air sumur. Penelitian ini dilakukan pada 31 Mei 2023 di RW 05 kelurahan Mojolangu. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan observasional analitik mengunakan rancangan  cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 110 sumur, dengan pengambilan sampel sebanyak 16 sumur yang diambil mengunakan metode purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Uji pengaruh jarak TPS terhadap tingkat pencemaran logam berat Kadmium pada air sumur mengunakan regresi linier sederhana. Hasil uji statistik menunjukkan adanya pengaruh jarak TPS terhadap tingkat pencemaran logam berat Kadmium pada air sumur dengan nilai (p=0,001). Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh jarak Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Borobudur terhadap tingkat pencemaran logam berat Kadmium (Cd) pada air sumur.

References

Anwar dkk. (2019). Pajanan Logam Berat (Pb) Pada Sedimen Aliran Sungai Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Jurnal Riset Kesehatan. 8(1), pp. 60 – 67.

Asmadi and Suharno, (2012). Dasar-Dasar Teknologi Pengolahan Air Limbah. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Fatmawinir & Admin. (2015). Analisis Sebaran Logam Berat pada Aliran Air dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Air Dingin. J Ris Kim. 8(2), pp. 101 – 107.

Ignatius & Thara. (2018). Phsycochemical study of groundwater quality at selected locations in periyakulum theni district. Tamilnadu. India. Material TodayProceedings. 5, pp 422-428.

Khoiroh, dkk. (2020). Hubungan Jarak dan Permeabilitas Tanah Terhadap Kadar Timbal (Pb) dan Kadmium (Cd) Air Sumur Gali Warga di TPA Kalori Kabupaten Banyumas. Buletin Keslingmas. 39(1), pp. 23 – 30.

Purhadi, dkk. (2017). Perbedaan Antara Air Minum Yang Dimasak Dengan Air Minum Ultraviolet Terhadap Adanya Bakteri Escherichia Coli di Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Jurnal Annur Purwodadi. Pp. 1 – 7.

Riska W, & Lismawati, Y, A, P. (2021). Perilaku Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah (Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi). Penerbit Adab.

Siswoyo & Habibi. (2018). Sebaran Logam Berat Cadmium (Cd) dan Timbal (Pb) pada Air Sungai dan Sumur di Daerah Sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Wukirsari Gunung Kidul Yogyakarta. Jurnal Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan. 8(1), pp. 1 – 6.

Downloads

Published

2023-09-22

How to Cite

AnaMevia, I. L. ., Susanto, B. H. ., & Cahyani, S. D. . (2023). PENGARUH JARAK TEMPAT PEMBUANGAN SEMENTARA (TPS) BOROBUDUR TERHADAP TINGKAT PENCEMARAN LOGAM BERAT KADMIUM (Cd) PADA AIR SUMUR. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 2695–2700. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.17523